22.6 C
Indonesia
Thursday, December 2, 2021

TAPAK.id

spot_img

Yuk! Intip Cerita Dibalik Terciptanya Martabak Asli Indonesia Yang Mendunia

Siapa sih yang tak kenal dengan panganan lezat satu ini?

Martabak atau Mutabbaq yang dalam Bahasa Arab berarti dilipat, merupakan salah satu makanan terpopuler yang kelezatannya sudah tak diragukan lagi. Makanan yang sering dijumpai pada malam hari di hampir semua wilayah Indonesia ini, selalu berhasil menarik perhatian sehingga banyak diminati oleh semua kalangan.

Hal ini tentu tak lepas dari penampilan, aroma, serta cita rasa Martabak yang selalu sukses membuat penasaran dan menggoda siapapun untuk mencicipinya. Di Indonesia sendiri martabak terbagi menjadi dua jenis, yaitu martabak asin (martabak telur) dan martabak manis. Baik martabak asin (telur) maupuna martabak manis, masing-masing memiliki cerita dibalik kemunculannya yang sangat menarik untuk disimak.

Buat kalian yang merupakan Martabak Lovers tapi belum tahu bagaimana makanan ini pertama kali muncul di Indonesia, yuk simak infomasi berikut ini.

Dilansir dari beberapa sumber, inilah cerita dibalik terciptanya Martabak di Indonesia.

1. Martabak Telur

Martabak Telur by Cookpad

Terciptanya makanan lezat ini di Indonesia, bemula dari kisah sebuah persahabatan antara seorang pemuda asal India bernama Abdullah bin Hasan Almalibary yang berkenalan dengan pemuda asal Lebaksiu, Tegal, bernama Ahmad bin Kyai Abdul Karim pada tahun 1930. Keduanya yang bertemu di Semarang, sejak itu memutuskan untuk menjadi sahabat.

Singkat cerita, Abdullah memperkenalkan Moortaba yaitu makanan India yang terbuat dari adonan terigu kepada keluarga Ahmad di Tegal. Karena banyak yang menyukai makanan tersebut, keduanya pun berinovasi dengan menambahkan daging cincang dan potongan sayuran pada adonan yang rasanya juga sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Sejak saat itu makanan tersebut akhirnya dikenal nama Martabak yang pelafalannya juga berasal dari kata Moortaba.

Awalnya makanan ini sangat terkenal di Lebaksiu, Tegal. Namun, karena banyak masyarakat dari daerah itu yang merantau ke beberapa kota di Jawa untuk menjualnya terutama pada saat diadakan kegiatan pasar malam, akhirnya martabak yang merupakan modifikasi dari makanan India ini mulai menyebar luas ke seluruh wilayah di tanah air.

Selain itu, kepopuleran martabak telur dalam skala nasional, juga bermula ketika makanan ini pernah menjadi sajian utama dalam dua pesta rakyat di Indonesia seperti Sekaten di Yogyakarta dan Dugderan di Semarang.

Sejak itulah, martabak telur pun semakin terkenal dan banyak disukai masyarakat Indonesia.

2. Martabak Manis

Martabak Manis by Cookpad

Jika asal muasal martabak telur berawal dari sebuah persahabatan, hal tersebut tentu berbeda dengan cerita yang dimiliki martabak manis. Sebab, martabak manis awalnya merupakan makanan khas Bangka Belitung yang diciptakan oleh warga keturunan Tionghoa (Hakka atau Khek) dan memiliki nama asli Hok Lo Pan atau yang berarti kue orang Hok Lo.

Dahulu, Hok Lo Pan atau martabak manis merupakan kue sederhana yang disajikan hanya dengan tambahan taburan gula dan wijen sangrai. Makanan ini kemudian makin dikenal masyarakat hingga ke luar kota Bangka Belitung. Seiring perkembangannya Hok Lo Pan atau Martabak manis mulai banyak divariasikan dengan berbagai bahan seperti cokelat, kacang, keju, pisang, hingga bahan-bahan premium serta populer lainnya.

Tak hanya itu, adonannya sendiri juga sudah memiliki varian rasa yang beragam, mulai dari Pandan, Red Velvet, serta Green Tea yang sukses membuat makanan ini semakin terkenal dan digemari.

Selain varian rasa dan bahan yang digunakan, makanan ini juga memiliki nama panggilan atau penyebutan yang berbeda-beda di beberapa daerah di Indonesia. Misalnya seperti Terang Bulan di Bandung, Apam Pinang di Pontianak, Martabak Bangka di Medan, dan Kue Bandung di Semarang. 

Hingga saat ini baik martabak telur maupun martabak manis telah berhasil menjadi panganan terpopuler yang banyak digemari oleh semua kalangan, bahkan para wisatawan mancanegara sekalipun.

Itulah dia kisah (cerita) singkat dibalik terciptanya Martabak asli Indonesia. Untuk para Martabak Lovers, sekarang sudah pada tahu kan bagaimana makanan lezat ini bisa ada di Indonesia?

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

20,753FansSuka
3,042PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles