Home Berita Yogyakarta dan Aceh Diguncang Gempa Bumi

Yogyakarta dan Aceh Diguncang Gempa Bumi

Yogyakarta diguncang gempa bumi berkekuatan 5,2 magnitudo, Senin (13/7/2020) sekitar pukul 02.50 WIB. Pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 10 kilometer, tepatnya 105 kilometer barat daya Bantul, Yogyakarta.

“#Gempa Mag:5.2, 13-Jul-20 02:50:29 WIB, Lok:8.73 LS, 109.88 BT (Pusat gempa berada di laut 105km BaratDaya Bantul), Kedlmn:10 Km Dirasakan (MMI) II-III Pacitan, II-III Purworejo, II-III Yogyakarta, II-III Wonogiri #BMKG,” tulis Badan Meteorologi dan Geofisika di akun Twitter resminya @infoBMKG.

Pihak BMKG menyebut gempa yang mengguncang Yogyakarta dan sekitarnya ini tidak mengakibatkan tsunami.


“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Stasiun Geofisika Sleman Yogyakarta, Agus Rianto dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

Agus juga mengatakan terjadi gempa susulan setelah gempa pertama. Menurutnya hingga pukul 03.15 WIB telah terjadi beberapa gempa susulan.

BMKG menyatakan pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 10 kilometer, dan berjarak 105 kilometer barat daya Bantul, Yogyakarta. Getaran gempa terasa hingga beberapa wilayah di Jawa Tengah seperti Purworejo dan Wonogiri.

Guncangan juga dirasakan sejumlah warga di Pacitan, Jawa Timur. Belum ada laporan tentang kerusakan ataupun korban akibat gempa tersebut.

Di hari yang sama, gempa bumi juga mengguncang Aceh dengan magnitudo 5,5 pada pukul 07.58 WIB. Berdasarkan informasi dari BMKG pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer di bawah laut, tepatnya 121 kilometer barat daya Banda Aceh.

Getaran gempa dirasakan hingga wilayah sekitar Banda Aceh seperti Sigli dan Sabang. Belum ada informasi terkait korban jiwa, luka, dan kerusakan yang ditimbulkan. Gempa tidak berpotensi tsunami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Banten : Tanah Para Ksatria

Mungkin kita sepakat bahwa saat ini Banten adalah tanahnya para jawara. Tidak terhitung sudah berapa jumlah pendekar yang dihasilkan daerah itu dari...

Penyamun Kidul, Si Pengacau Kompeni

Pasca merengkuh Tanah Priangan dari Mataram melalui serangkaian perjanjian di tahun 1677, Kompeni tidak langsung mengurus wilayah barunya itu. Di samping maskapai...

Pembagian Wilayah Cirebon Dari Masa Ke Masa

Sejak dirintis oleh Pangeran Walangsung a.k.a Pangeran Cakrabuana di era Pajajaran akhir, Cirebon telah mengalami perkembangan yang luar biasa. Pedukuhan kecil yang...

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Komentar terkini