Home Lifestyle Traveler Wisata Murah Meriah, Yuk ke Bendungan Cihud!

Wisata Murah Meriah, Yuk ke Bendungan Cihud!

Caption : Suasana obyek wisata bendungan Cihideung Udik (cihud) di Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Foto : Istimewa.

Terletak di Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, bendungan Cihud yang dibangun oleh perwakilan Pramuka dari tujuh negara: Belanda, Perancis, Australia, Afrika, Inggris, Malaysia dan Indonesia, saat jambore tahun 1986 silam itu kini menjadi tempat wisata baru di Kabupaten Bogor.

Meski belum resmi dibuka, tetapi bendungan yang menghubungkan Sungai Cinangneng dan Sungai Cihideung ini sudah mulai ramai dikunjungi warga. Sedikitnya ada ratusan orang per hari datang untuk berlibur di lokasi tersebut.

Di sekitar bendungan yang lebarnya tak kurang dari 30 meter itu dilengkapi juga properti pendukung untuk dijadikan tempat bersantai bahkan berswafoto, seperti miniatur perahu, jembatan bambu dan berbagai susunan kayu artistik.

Kepala Desa (kades) Cihideung Udik, Denny menjelaskan, pihaknya sudah dua bulan menata bendungan itu dengan perkembangan pengerjaan mencapai 20 persen.

Denny menyebutkan, tempat wisata yang kini dikelola oleh karang taruna setempat itu akan membangkitkan perekonomian warga sekitar sehingga akan menambah potensi Pendapatan Asli Desa (PADes).

“Akses masuk nanti menuju bendungan ini 1,5 kilometer, kita akan manfaatkan dengan berbagai macam pertanian bekerjasama dengan petani langsung,” kata Denny.

Lokasi wisata tersebut akan diresmikan bila pengerjaan sudah mencapai 80 persen yang ditargetkan tercapai pada awal 2021 mendatang. Ia optimis pengerjaannya akan cepat selesai ketika pandemi Covid-19 berlalu.

Sementara, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Cihideung Udik, Ganda Supriatna berharap adanya destinasi wisata baru di wilayahnya itu dapat mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Banten : Tanah Para Ksatria

Mungkin kita sepakat bahwa saat ini Banten adalah tanahnya para jawara. Tidak terhitung sudah berapa jumlah pendekar yang dihasilkan daerah itu dari...

Penyamun Kidul, Si Pengacau Kompeni

Pasca merengkuh Tanah Priangan dari Mataram melalui serangkaian perjanjian di tahun 1677, Kompeni tidak langsung mengurus wilayah barunya itu. Di samping maskapai...

Pembagian Wilayah Cirebon Dari Masa Ke Masa

Sejak dirintis oleh Pangeran Walangsung a.k.a Pangeran Cakrabuana di era Pajajaran akhir, Cirebon telah mengalami perkembangan yang luar biasa. Pedukuhan kecil yang...

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Komentar terkini