Home Lifestyle Weird Genius Gabungkan Gamelan Khas Bali dan EDM di Lagu DPS

Weird Genius Gabungkan Gamelan Khas Bali dan EDM di Lagu DPS

Musik tradisional Indonesia sepertinya memang jadi andalan grup musik Weird Genius. Membawa unsur musik dan budaya Jawa lewat lagu serta video klip Lathi, Weird Genius sukses menyihir penikmat musik Electronic Dance Music (EDM).

Sejak dirilis April 2020 lalu, video klip Lathi telah ditonton lebih dari 76 juta warganet. Bahkan berkat ketenaran Lathi, foto grup musik yang digawangi Eka Gustiwana, Reza Oktovian, dan Billy Taner terpampang di billboard Time Square, New York, Amerika Serikat.

Kegemaran menggabungkan musik tradisional Indonesia dengan irama EDM rupanya sudah dimulai sejak merilis lagu perdana mereka.

Di lagu yang diberi judul DPS itu, Weird Genius mengkolaborasikan irama musik elektronik dengan gamelan atau terompong.

“Weird Genius presents our first single and Music Video: DPS. The Music Video and the Music itself are inspired by the true beauty of Indonesian Culture, especially Bali. We took the sample of Gamelan (Terompong), one of the Indonesian traditional musical instruments and we incorporated it into our track. DPS. Enjoy,” tulis keterangan di deskripsi video DPS.

Tidak hanya instrumen musiknya saja, video klip yang diriis di platform Youtube pada 22 November 2016 ini juga mengambil lokasi syuting di beberapa spot seperti pantai, jalanan, dan pura yang adi Kota Denpasar, Bali.

Dikutip dari Wikipedia, Gamelan atau terompong sendiri adalah alat musik dari paduan kayu likuan sebagai bilahnya dan resenatornya memakai batok kelapa atau dikenal dengan nama istilah “beruk”.

Kemudian pada bilah yang mulanya dari paduan kayu likuan diganti menjadi besi dengan harapan agar suaranya merdu serta menambah beberapa perangkat alat gamelan, sehingga menjadi satu set gamelan terompang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Banten : Tanah Para Ksatria

Mungkin kita sepakat bahwa saat ini Banten adalah tanahnya para jawara. Tidak terhitung sudah berapa jumlah pendekar yang dihasilkan daerah itu dari...

Penyamun Kidul, Si Pengacau Kompeni

Pasca merengkuh Tanah Priangan dari Mataram melalui serangkaian perjanjian di tahun 1677, Kompeni tidak langsung mengurus wilayah barunya itu. Di samping maskapai...

Pembagian Wilayah Cirebon Dari Masa Ke Masa

Sejak dirintis oleh Pangeran Walangsung a.k.a Pangeran Cakrabuana di era Pajajaran akhir, Cirebon telah mengalami perkembangan yang luar biasa. Pedukuhan kecil yang...

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Komentar terkini