29.4 C
Indonesia
Thursday, October 21, 2021

TAPAK.id

spot_img

Wedang Uwuh Minuman Favorit Raja Mataram Yang Memiliki Segudang Manfaat

Bicara soal wedang uwuh, siapa yang pernah mencicipi minuman rempah satu ini?Wedang Uwuh atau yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘minuman sampah’, merupakan salah satu minuman herbal khas Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang terbuat dari rempah-rempah alami dan memiliki aroma menyegarkan. Selain dikenal bisa menghangatkan badan, wedang uwuh juga kaya akan manfaat lainnya yang baik untuk kesehatan.

Konon suatu ketika Sultan Agung yang merupakan Raja Mataram dan beberapa pengawalnya pergi mencari tempat untuk dijadikan sebagai tempat pemakaman bagi keluarga Raja. Berbagai wilayah di daerah Yogyakarta telah mereka kelilingi, hingga akhirnya terpilihlah suatu tempat yang bernama bukit merak (Imogiri).

Sebelum benar-benar memilih tempat tersebut untuk dijadikan pemakaman, sang Raja melakukan pertapaan (semedi) terlebih dulu untuk memantapkan hati. Karena udara yang dingin, pada malam itu Sang Raja meminta salah seorang pengawalnya untuk membuatkan minuman yang bisa menghangatkan badan ketika proses semedi dilakukan.

Waktu terus berlalu, angin pun berhembus sepanjang malam diantara pepohonan di atas bukit hingga menerbangkan dedaunan dan ranting-ranting pohon. Tanpa sengaja beberapa daun dan ranting pohon yang beterbangan itu, ikut masuk dan larut ke dalam minuman tersebut. Karena tempat yang gelap, Sang Raja tak menyadari jika minuman itu sudah bercampur dengan dedaunan dan ranting pohon yang beterbangan tadi.

Pada hari berikutnya, sang Raja mengutus kembali pengawalnya untuk membuatkan minuman yang sama seperti yang disajikan semalam. Sang Raja berkata bahwa minuman yang belum pernah Ia rasakan itu sangatlah enak dan juga dapat menghangatkan tubuhnya dari udara dingin di Imogiri. Penasaran dengan kepuasan sang Raja, Pengawal itu pun kemudian mengambil wadah minum sang Raja untuk memastikan minuman yang dibuatnya.

Betapa terkejutnya Ia bahwa bahan-bahan yang ada di dalam wadah tersebut bukanlah bahan-bahan dari minuman yang dibuatnya semalam. Lalu pengawal itu mengamati satu persatu bahan-bahan tersebut dan meraciknya kembali pada malam selanjutnya. Dan sejak saat itu, minuman tersebut menjadi minuman favorit sang Raja dan masyarakat Yogyakarta hingga sekarang.

Karena minuman ini terbuat dari tanaman yang dikeringkan, sehingga jika diseduh secara bersamaan, maka sekilas akan terlihat seperti sampah. Itulah mengapa minuman ini dikenal dengan julukan Wedang Uwuh.

Popularitas wedang uwuh dikalangan masyarakat cukup banyak diminati lantaran khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Bahkan ada beberapa juga yang beranggapan jika wedang uwuh baik untuk menjaga daya tubuh terutama ditengah pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Selain untuk menjaga daya tubuh dan menghangatkan badan dikala cuaca dingin, bahan – bahan wedang uwuh seperti kayu secang mengandung zat berkhasiat sebagai antioksidan kuat yang dapat meredam bahaya radikal bebas yang menjadi penyebab timbulnya penyakit kronis seperti kanker, jantung koroner, hipertensi, diabetes.

Di kutip dari jurnal kajian potensi “wedang uwuh” sebagai minuman funsional karya Fitri Rahmawati (2011), Antioksidan alami mampu melindungi tubuh terhadap kerusakan yang disebabkan spesies oksigen reaktif, mampu menghambat penyakit degeneratif serta mampu menghambat peroksidasi lipid pada makanan.

Wedang uwuh juga memiliki khasiat lain seperti menyembuhkan batuk ringan, pegal-pegal, perut kembung, menurunkan kolesterol, hingga melancarkan aliran darah.

Untuk komposisi (bahan-bahanya) sendiri, wedang uwuh terdiri dari, kayu secang, jahe, pala dan daun pala, kayu manis dan daun kayu manis, cengkeh, daun cengkeh dan batang cengkeh, daun sereh, kapulaga, gula batu.

Jika ingin mencicipinya kita bisa berkunjung ke Yogyakarta, atau saat ini sudah banyak toko-toko yang menjualnya secara online. Tinggal pesan melalui aplikasi, maka kita sudah bisa mendapatkan sekantong Wedang uwuh siap seduh yang bisa dinikmati kapan saja.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

20,753FansSuka
2,990PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles