29.4 C
Indonesia
Thursday, October 21, 2021

TAPAK.id

spot_img

Udah Siap Bakar Sate? Yuk Kenali Dulu Sejarahnya

Shalat id sudah, potong hewan kurban sudah, daging juga sudah diterima. Biasanya, salah satu cara mengolah daging kurban, terutama sapi adalah dengan cara dibuat sate.

Selain karena rasanya yang lezat, sate atau satai mudah dan cepat dibuat. Makan sate sih sudah sering, tapi apa pembaca tahu asal usul sate?

Dikutip dari fimela.com, sate diperkirakan pertama kali berasal dari pedagang jalanan yang berada di Jawa pada abad ke-19. Sate mulai populer bersamaan dengan datangnya pedagang dari timur tengah dan India ke tanah air.

Awalnya, masyarakat Indonesia memasak daging dengan cara direbus. Tapi setelah mengenal kebab yang merupakan masakan khas timur tengah, masyarakat Indonesia pun suka makan daging sapi atau kambing dengan cara dibakar.

Hal inilah menjadi awal mula sate sebagai makanan favorit masyarakat Indonesia kala itu. Kata sate pun diperkirakan berasal dari bahasa Tamil, yaitu catai yang artinya daging.

Sate berkembang di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan di setiap daerah di Indonesia memiliki jenis sate yang khas. Nah, pada abad 19 ini sate menyebar hingga ke wilayah Afrika Selatan, di negara ini sate disebut dengan sosatie.

Di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura dan Thailand sate juga banyak ditemui, tidak lain karena para perantau dari Jawa banyak berjualan sate di sana.

Di Indonesia, ada sejumlah wilayah yang tekenal sebagai penghasil sate terlezat seperti Madura yang terkenal dengan Sate Madura atau Sumbar yang termahsyur dengan Sate Padang yang punya bumbu kuning yang khas dan jangan lupa, Sate Klatak dengan tusukan jeruji besinya yang unik.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

20,753FansSuka
2,990PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles