Home Berita Uang Pecahan Rp75 Ribu Diluncurkan di Hari Kemerdekaan

Uang Pecahan Rp75 Ribu Diluncurkan di Hari Kemerdekaan

Memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia, pemerintah melalui Bank Indonesia mengeluarkan uang pecahan Rp75 ribu, Senin (17/8/2020). Peluncuran sendiri akan dilakukan secara virtual.

“Dengan hormat mengharapkan kehadiran bapak/ibu secara virtual pada acara Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia,” demikian bunyi surat undangan dari Gubernur BI dan Menteri Keuangan yang menggunakan kop Garuda Pancasila seperti termuat di laman Jpnn.com.

Selain peluncuran uang pecahan Rp75 ribu, ada beberapa agenda lain. Di antaranya penayangan video uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia.

Berdasarkan gambar yang beredar di media sosial, bagian depan uang pecahan Rp75 ribu tersebut terdapat gambar proklamator Republik Indonesia, Ir.Soekarno dan Mohammad Hatta. Di bagian bawah Soekarno-Hatta terdapat gambar moda transportasi ibukota masa kini, Mass Rapid Transit (MRT).

Sementara itu dibagian belakang terdapat gambar sembilan anak mengenakan baju adat beberapa suku di tanah air. Hal ini melambangkan kemajemukan rakyat Indonesia.

Di bagian belakang juga muncul gambar satelit Palapa yang selama bertahun-tahun menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Uang pecahan Rp75 ribu ini akan diserahkan secara simbolis kepada keluarga proklamator sebagai Token of Appreciation (ToA). Sebagai informasi, uang pecahan Rp75 ribu ini bukan untuk transaksi, melainkan edisi khusus untuk dikoleksi.

Peluncuran uang pecahan Rp75 rib ini akan digelar secara virtual pada pukul 11.15 sampai 11.45 WIB dan dapat disaksikan melalu live streaming.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Sunda, Pakuan, dan Pajajaran: Menggali Akar Historis Konseptual

Pada mulanya, saya sangat kesulitan untuk membedakan apa itu Sunda, Pakuan, dan Pajajaran. Meski tampak sebagai hal yang lazim, pada perkembangannya hal...

Apakah Kerajaan Tertua Nusantara Ada Di Jawa?

Dalam reportase Republika mengenai Khazanah Ke-Tionghoa-an Indonesia tahun 2017, saya menyatakan bahwa gerak massif migrasi etnis Tionghoa ke Nusantara terjadi sejak sekitar...

Peace Treaty Pajajaran-Cirebon: Perjanjian Perdamaian dengan Dasar Kekeluargaan

Pada tahun 1482, Prabu Jayadewata dinobatkan sebagai penguasa Sunda-Galuh dan berkedudukan di Keraton Sanghyang Sri Ratu Dewata, Kedatuan Sri Bima Punta Narayana...

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Komentar terkini