Home Berita Uang Pecahan Rp75 Ribu Diluncurkan di Hari Kemerdekaan

Uang Pecahan Rp75 Ribu Diluncurkan di Hari Kemerdekaan

Memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia, pemerintah melalui Bank Indonesia mengeluarkan uang pecahan Rp75 ribu, Senin (17/8/2020). Peluncuran sendiri akan dilakukan secara virtual.

“Dengan hormat mengharapkan kehadiran bapak/ibu secara virtual pada acara Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia,” demikian bunyi surat undangan dari Gubernur BI dan Menteri Keuangan yang menggunakan kop Garuda Pancasila seperti termuat di laman Jpnn.com.

Selain peluncuran uang pecahan Rp75 ribu, ada beberapa agenda lain. Di antaranya penayangan video uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia.

Berdasarkan gambar yang beredar di media sosial, bagian depan uang pecahan Rp75 ribu tersebut terdapat gambar proklamator Republik Indonesia, Ir.Soekarno dan Mohammad Hatta. Di bagian bawah Soekarno-Hatta terdapat gambar moda transportasi ibukota masa kini, Mass Rapid Transit (MRT).

Sementara itu dibagian belakang terdapat gambar sembilan anak mengenakan baju adat beberapa suku di tanah air. Hal ini melambangkan kemajemukan rakyat Indonesia.

Di bagian belakang juga muncul gambar satelit Palapa yang selama bertahun-tahun menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Uang pecahan Rp75 ribu ini akan diserahkan secara simbolis kepada keluarga proklamator sebagai Token of Appreciation (ToA). Sebagai informasi, uang pecahan Rp75 ribu ini bukan untuk transaksi, melainkan edisi khusus untuk dikoleksi.

Peluncuran uang pecahan Rp75 rib ini akan digelar secara virtual pada pukul 11.15 sampai 11.45 WIB dan dapat disaksikan melalu live streaming.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Banten : Tanah Para Ksatria

Mungkin kita sepakat bahwa saat ini Banten adalah tanahnya para jawara. Tidak terhitung sudah berapa jumlah pendekar yang dihasilkan daerah itu dari...

Penyamun Kidul, Si Pengacau Kompeni

Pasca merengkuh Tanah Priangan dari Mataram melalui serangkaian perjanjian di tahun 1677, Kompeni tidak langsung mengurus wilayah barunya itu. Di samping maskapai...

Pembagian Wilayah Cirebon Dari Masa Ke Masa

Sejak dirintis oleh Pangeran Walangsung a.k.a Pangeran Cakrabuana di era Pajajaran akhir, Cirebon telah mengalami perkembangan yang luar biasa. Pedukuhan kecil yang...

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Komentar terkini