Home Berita Uang Pecahan Rp75 Ribu Diluncurkan di Hari Kemerdekaan

Uang Pecahan Rp75 Ribu Diluncurkan di Hari Kemerdekaan

Memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia, pemerintah melalui Bank Indonesia mengeluarkan uang pecahan Rp75 ribu, Senin (17/8/2020). Peluncuran sendiri akan dilakukan secara virtual.

“Dengan hormat mengharapkan kehadiran bapak/ibu secara virtual pada acara Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia,” demikian bunyi surat undangan dari Gubernur BI dan Menteri Keuangan yang menggunakan kop Garuda Pancasila seperti termuat di laman Jpnn.com.

Selain peluncuran uang pecahan Rp75 ribu, ada beberapa agenda lain. Di antaranya penayangan video uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia.

Berdasarkan gambar yang beredar di media sosial, bagian depan uang pecahan Rp75 ribu tersebut terdapat gambar proklamator Republik Indonesia, Ir.Soekarno dan Mohammad Hatta. Di bagian bawah Soekarno-Hatta terdapat gambar moda transportasi ibukota masa kini, Mass Rapid Transit (MRT).

Sementara itu dibagian belakang terdapat gambar sembilan anak mengenakan baju adat beberapa suku di tanah air. Hal ini melambangkan kemajemukan rakyat Indonesia.

Di bagian belakang juga muncul gambar satelit Palapa yang selama bertahun-tahun menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Uang pecahan Rp75 ribu ini akan diserahkan secara simbolis kepada keluarga proklamator sebagai Token of Appreciation (ToA). Sebagai informasi, uang pecahan Rp75 ribu ini bukan untuk transaksi, melainkan edisi khusus untuk dikoleksi.

Peluncuran uang pecahan Rp75 rib ini akan digelar secara virtual pada pukul 11.15 sampai 11.45 WIB dan dapat disaksikan melalu live streaming.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Transformasi Layanan Psikologi Balanceway.id Di Tengah Pandemi COVID-19

Hampir mendekati 1 tahun kita berada di tengah pandemi Covid-19, hal ini memaksa semua bidang untuk beradaptasi dengan lebih cepat. Banyak kesulitan...

Klenteng Tjo Soe Kong Tanjung Kait: Kokoh diterjang Tsunami Letusan Krakatau Tahun 1883

Sekitar Agustus 1883, Hujan abu panas turun di Ketimbang atau saat ini dikenal dengan nama desa Banding, Rajabasa, Lampung. Kurang lebih 1000...

Rumah Multatuli: Cagar Budaya Terabaikan dari Sang Pemilik Tinta Emas

Berbagai situs bersejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah hingga masa kolonialisme, masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Namun sayang, ada beberapa...

Komentar terkini