Home Lifestyle Uang Koin Rp500 Dijual Ratusan Juta di Toko Online

Uang Koin Rp500 Dijual Ratusan Juta di Toko Online

Banyak orang Indonesia percaya salah satu cara mengatasi masuk angin adalah dengan cara kerokan. Cara kerja kerokan sendiri adalah dengan membalurkan minyak angin atau bawang merah yang sudah ditumbuk ke punggung orang yang mengalami masuk angin lalu dikerik dengan menggunakan uang koin.

Uang koin Rp500 menjadi salah satu favorit untuk kerokan. Ujungnya yang keras dan bergerigi memberi sensasi tersendiri di punggung saat kerokan. Belum lagi, sendawa yang membuat orang yang mengalami masuk angin percaya jika angin di dalam tubuhnya keluar berkat ‘sentuhan magis’ koin Rp500 tersebut.

Namun siapa sangka ternyata uang koin Rp500 dijual dengan harga ratusan juta di toko online! Tapak.id, Sabtu (11/7/2020) menelusuri penjual uang koin Rp500 bergambar bunga Melati yang dikeluarkan tahun 1991 di laman Bukalapak.com.

Berdasarkan hasil penelusuran dengan mengurutkan harga jual termahal, satu keping koin Rp500 dijual dengan harga yang diluar nalar: 100 Miliar! Dalam deskripsinya, penjual yang menyebut berasal dari Karawang mengatakan jika koin Rp500 yang dijualnya langka dan dicari kolektor uang kuno.

Sedikit turun, pada tautan lain, koin Rp500 keluaran tahun 1991 dijual dengan banderol Rp100 Juta oleh penjual yang dalam keterangannya berlokasi di Yogyakarta dan Gresik.

Tapak.id kemudian mencari tahu harga jual koin berwarna keemasan tersebut di situs jual beli online lainnya, Olx.co.id. Berdasarkan penelusuran dengan filter harga tertinggi, salah seorang penjual membandrol uang koin Rp500 dengan harga Rp.100 juta. Dalam deskripsinya, penjual yang menyebut berlokasi di Jakarta Selatan itu menulis: Uang koin kuno 500 tahun 1991 sangat langka.

Tidak hanya di Jakarta, penjual uang koin Rp500 yang diyakini sangat langka itu juga ada daerah. Seperti di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Dalam pantauan Tapak.id, si penjual memasarkan barang antiknya tersebut dengan banderol sedikit lebih murah, yakni Rp50 juta.

Dengan asumsi terjual Rp100.000.000, artinya satu koin Rp500 setara dengan dua unit sepeda motor matic keluaran terbaru seharga Rp40.000.000 plus satu unit mobil bekas keluaran Mazda tahun 1991.

Dilansir dari laman Voi.id seperti dikutip dari situs resmi Bank Indonesia (BI), uang koin Rp500 dikeluarkan pada tahun 1991 berbahan aluminium bronze dengan bentuk bulan pipih. Tercantum tanggal penerbitan 16 Agustus 1991.

Koin tersebut pada sisi depan dan belakang adalah didonminasi warna kuning emas dengan berat uang itu adalah 5,29 gram, tebal 1,8 mm dan diameter 24 mm.

Pada sisi bagian depan adalah lambang negara Garuda Pancasila dan tertulis teks Bank Indonesia dengan huruf kapital. Gambar bunga melati, teks Bunga Melati dan Rp500 terpampang di bagian belakang dengan gerigi pada bagian samping.

Pada akhir medio 90-an, uang koin Rp500 dan Rp1000 diburu banyak orang. Mereka meyakini jika uang koin tersebut memiliki kandungan emas murni dan dapat dibuat menjadi cincin. Melihat harga jual yang sangat tinggi hingga kini, sebagian masyarakat Indonesia masih meyakini apa yang menjadi trending dua dekade lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Lagi, Gempa Bumi Guncang Bayah Banten

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi mengguncang Bayah, Banten, Kamis (6/8/2020). Gempa bermagnitudo 3,3 terjadi pukul 14.40 WIB

Kue Geplak, Kuliner Betawi yang Kalah Tenar dari Kerak Telor

Apa yang terlintas saat mendengar kuliner Betawi? Yang ada di kepala kita pasti makanan tradisional seperti kerak telor dan bir pletok. Tapi...

17 Agustus, Masyarakat Indonesia Diminta Sikap Sempurna dan Berdiri Tegak

Tanggal 17 Agustus diperingati sebagai hari kemerdekaan Republik Indonesia. Tahun ini bangsa Indonesia akan merayakan 75 tahun merdekanya Indonesia.

Jejak Peradaban Megalitikum Tertua Indonesia di Lembah Bada

Berdasarkan catatan Pusat Arkeologi Nasional, terdapat 42 situs megalitik di Sulawesi Tengah. Yang paling terkenal dan menyita perhatian publik adalah situs zaman...

Komentar terkini