Home Teknologi Terkoneksi Smartphone, Payung Ini Anti Ketinggalan

Terkoneksi Smartphone, Payung Ini Anti Ketinggalan

Orang Indonesia pasti tidak asing dengan peribahasa sedia payung sebelum hujan. Secara arti, kita harus selalu waspada dan mengantisipasi hal-hal yang tak terduga.

Di kehidupan sehari-hari apalagi mulai masuk musim penghujan seperti ini membawa payung saat berpergian memang wajib. Jangan sampai karena malas bawa, akhirnya kehujanan dan jatuh sakit.

Sayangnya karena bentuknya yang mungil, seringkali membuat payung tertinggal. Entah di rumah, di kantor, atau saat mengganti tas. Agar kejadian seperti itu tidak terjadi lagi, seorang ahli pembuat payung Dave Kahng membuat payung anti ketinggalan.

Payung yang bernama Davek Alert ini diklaim tidak akan pernah membuat pemiliknya lupa alias ketinggalan. Kenapa? Musababnya, payung ini terhubung dengan smartphone.

Jadi, saat pengguna meninggalkannya dalam jarak sekitar 10 meter, maka smartphone akan berbunyi dan memberitahukan kepada mereka bahwa payungnya ketinggalan. Canggih juga ya?

Ilustrasi notifikasi payung pintar saat tertinggal (dok.kickstarter.com)

Kunci dari kecanggihan ini adalah berkat adanya chip bluetooth yang disematkan dalam pegangan payung. Chip tersebut membuat benda ini dan smartphone selalu terhubung. Payung ini juga terbuat dari material baja padat, aluminium, fiberglass fleksibel, dan benang microfiber. Diklaim menjadikan payung ini awet alias tidak gampang rusak.

Namun untuk menggunakan payung anti ketinggalan ini, pengguna mesti mengunduh aplikasi tersendiri untuk menghubungkan payung dengan smartphone.

Payung ciptaan Dave Kahng ini juga memiliki fitur-fitur lainnya yang tak kalah mengesankan, salah satunya payung ini memiliki fitur prakiraan cuaca. Wah benar-benar sedia payung sebelum hujan ini sih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Sunda, Pakuan, dan Pajajaran: Menggali Akar Historis Konseptual

Pada mulanya, saya sangat kesulitan untuk membedakan apa itu Sunda, Pakuan, dan Pajajaran. Meski tampak sebagai hal yang lazim, pada perkembangannya hal...

Apakah Kerajaan Tertua Nusantara Ada Di Jawa?

Dalam reportase Republika mengenai Khazanah Ke-Tionghoa-an Indonesia tahun 2017, saya menyatakan bahwa gerak massif migrasi etnis Tionghoa ke Nusantara terjadi sejak sekitar...

Peace Treaty Pajajaran-Cirebon: Perjanjian Perdamaian dengan Dasar Kekeluargaan

Pada tahun 1482, Prabu Jayadewata dinobatkan sebagai penguasa Sunda-Galuh dan berkedudukan di Keraton Sanghyang Sri Ratu Dewata, Kedatuan Sri Bima Punta Narayana...

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Komentar terkini