23.4 C
Indonesia
Thursday, February 2, 2023
spot_img

Tak Sekedar Wangi, Ini Dia Segudang Manfaat Essential Oil

Peppermint, Lavender dan YlangYlang atau kenanga merupakan beberapa contoh aroma yang ada dalam essential oil dan sudah familiar digunakan banyak orang. Jika selama ini Anda hanya menggunakan essential oil  atau minyak atsiri untuk mengharumkan tubuh dan ruangan, Anda perlu tahu beragam khasiat essential oil yang lainnya.

Essential oil punya segudang manfaat bagi kecantikan dan kesehatan. Tak hanya kesehatan fisik, namun juga kesehatan pikiran dan emosi. Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana bisa sesuatu yang dioles dan dihirup, punya khasiat seperti obat pada umumnya.

Menurut Dr. David Stewart, Ph. D., R.A. dalam jurnal berjudul Essential Oils & The Blood-Brain Barrier, jaringan-jaringan di antara sel dalam otak berperan sebagai penghalang. Penghalang ini sedikit demi sedikit menghancurkan zat yang masuk dalam tubuh sehingga zat tersebut tidak dapat mencapai neuron dan cairan otak. Hanya zat-zat dengan molekul kurang dari 800 – 1000 satuan massa atom yang dapat menembus jaringan dan sampai ke neuron.

Essential oil memiliki keunggulan ini. Produk essential oil bahkan memiliki molekul kurang dari 500 satuan massa atom karena merupakan konsentrat tinggi yang diperoleh dari berbagai bagian tumbuhan, baik dari daun, batang, biji/buah hingga bunga. Untuk menghasilkan 1 pon minyak esensial mawar  saja, dibutuhkan antara 5.000-10.000 pon kelopak mawar.

Nah, apa saja khasiat essential oil bagi kecantikan dan kesehatan? Simak daftar berikut ini.

Melancarkan Pernafasan, Meredakan Batuk dan Flu

Musim hujan biasanya rentan penyakit flu dan batuk. Sebelum memilih untuk minum obat, Anda bisa coba menggunakan minyak Eucalyptus. Minyak esensial dari daun eucalyptus terbukti dapat membantu meredakan sesak nafas, meredakan batuk dan flu.

Mengurangi Nyeri dan Meredakan Mual

Peppermint mengaktifkan saluran anti nyeri di usus besar yang dapat mengurangi rasa nyeri yang disebabkan peradangan usus. Anda dapat menggunakan peppermint oil saat sakit perut. Karakteristik baunya yang segar dan dingin juga dapat meredakan rasa mual. Tak hanya itu, peppermint juga sering digunakan untuk meredakan sakit kepala. Untuk sakit kepala sebelah atau migrain, Anda dapat mencampur peppermint dengan chamomile yang berfungsi menenangkan syaraf.

Mengusir Nyamuk dan Memperbaiki Kualitas Tidur

Jika Anda khawatir dengan zat beracun dalam obat nyamuk kimia yang banyak dijual di pasaran, Anda dapat beralih menggunakan minyak lavender. Saat dioleskan ke kulit, lavender mampu menghalau gigitan nyamuk. Selain itu, efek relaksasi dari aroma lavender mampu menenangkan pikiran sehingga sering digunakan untuk mengatasi gangguan insomnia atau sulit tidur. Semprotkan 1 atau 2 tetes lavender di seprai dan bantal Anda untuk tidur yang lebih nyenyak

Merangsang Pertumbuhan Rambut dan Mengurangi Peradangan Sendi

Tak hanya lidah buaya, minyak Rosemary terbukti dapat merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini berkat kemampuannya dalam meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Dengan begitu, folikel rambut tidak akan kekurangan asupan darah yang membuat pertumbuhan rambut terhambat. Lakukan tes alergi terlebih dahulu pada kulit Anda. Jika aman, oleskan minyak Rosemary pada kulit kepala dan lakukan pemijatan. Anda juga dapat mencampurkan minyak Rosemary pada shampo atau hair tonic.

Khasiat lain minyak Rosemary adalah meredakan nyeri persendian. Rosemary memiliki zat anti radang yang kuat guna membantu memperbaiki sirkulasi dan meningkatkan rasa lega pada sendi. Mengusapkan minyak rosemary pada bagian tubuh yang pegal karena kaku otot dapat membantu meredakan pegal tersebut.

Mengatasi Jerawat dan Ketombe

Lelah dengan berbagai skin care dan obat dokter untuk atasi kuit berjerawat ? Beralih ke bahan-bahan alami mungkin dapat membantu Anda. Tea tree oil atau minyak pohon teh memiliki sifat anti inflamasi dan antiseptik yang dapat membunuh bakteri dan mengatasi peradangan, dua faktor penyebab jerawat.

Pohon teh yang digunakan ini berbeda dengan tanaman teh untuk membuat minuman teh  hitam atau teh hijau. Minyak pohon teh ini, sebetulnya adalah tanaman asli dari Australia dengan nama latin Australia melaleuca alternifolia. Karena sifat anti inflamasi dan anti radang yang dimiliki, tea tree oil tidak hanya mampu mengatasi jerawat, namun juga ketombe yang membandel.

Menyegarakan Udara, Pakaian dan Peralatan makan

Minyak lemon memiliki sifat anti jamur, sehingga dapat menghilangkan bau amis dan bau tak sedap. Anda dapat masukkan 1 atau 2 tetes essential oil lemon ke dalam rendaman cucian baju, sabun cuci piring, dan air humidifier/purifier di rumah untuk pakaian, piring dan udara yang bersih segar. Aroma lemon yang kuat dan berenergi juga dapat membangkitkan semangat dan meningkatkan fokus. Diffuse essential oil Lemon di ruang kerja dan ruang belajar anak untuk menambah konsentrasi.

Harap perhatikan bahwa beberapa essential oil seperti lemon, orange dan citrus memiliki sifat photosensitive  artinya, kandungan dalam tanaman yang dijadikan minyak esensial cukup sensitif terhadap cahaya dan sebaiknya tidak terpapar sinar matahari setelah memakainya di kulit.    Selamat mencoba !

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

20,753FansSuka
3,695PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles