22.4 C
Indonesia
Sunday, July 3, 2022
spot_img

Tak Hanya Berguna Sebagai Penyedap Dalam Masakan, Ternyata Ini Loh Manfaat Lain Dari Serai, Yuk! Cari Tahu

Serai atau yang biasa disebut sereh adalah salah satu jenis tanaman yang bagiannya batangnya kerap dijadikan sebagai bahan penyedap dalam setiap pembuatan masakan Indonesia.

Tanaman yang termasuk ke dalam famili rumput-rumputan ini juga dikenal dengan istilah Lemongrass karena memiliki aroma khas dan kuat seperti lemon. Serai banyak tumbuh dengan alami di Negara-Negara tropis terutama di Asia Tenggara.

Batang serai juga dapat tumbuh sekitar 30 cm atau lebih. Tanaman bernama latin Cymbopogon Citratus ini tak jarang menjadi bagian dalam setiap pembuatan berbagai ramuan tradisional di Indonesia. Sebab, serai tak hanya mampu berperan sebagai penyedap dalam masakan saja, serai juga memiliki banyak kandungan nutrisi serta senyawa alami lainnya yang sangat baik untuk kesehatan.

Catat baik-baik, inilah beragam manfaat yang dimiliki serai untuk kesehatan.

● Meredakan Demam

Serai dikenal sebagai obat penurun panas (demam). Karena efek anti-piretik yang dimiliki serai dapat membantu untuk menyembuhkan demam dengan cara merangsang keluarnya keringat.

● Mengurangi Nyeri

Serai dapat membantu dalam mengurangi rasa sakit dan ketidanyamanan yang disebabkan oleh sakit kepala dan migran karena sifat analgesik yang dimilikinya. Selain itu, kandungan Fitonutrien yang terdapat dalam serai dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu dalam mengurangi kejang, kram otot, keseleo, serta sakit punggung. Kerennya lagi serai juga sangat membantu untuk mengobati luka dan memar loh.

● Mengatasi Masalah Mulut Dan Gigi

Menurut sebuah hasil studi yang diterbitkan oleh National Institutes of Health (2012), minyak dari tanaman serai memiliki kemampuan antimikroba yang mampu untuk melawan bakteri Streptococcus mutans, yaitu bakteri yang menjadi penyebab terjadi infeksi mulut dan kerusakan pada gigi

● Mengurangi Kolesterol Jahat

Sifat antihiperlipidemia atau hiperkolesterolemia yang dimiliki serai dapat mempertahankan kadar trigliserida normal dan mengurangi kolesterol LDL dalam tubuh. Dengan demikian akumilasi lemak dalam pembuluh darah bisa dicegah sehingga aliran darah yang terhalang di arteri menjadi lebih lancar dan dapat mencegah aterosklerosis dan berbagai ganguan jantung.

● Mengobati Gangguan Pernapasan

Serai banyak digunakan untuk mengobati batuk dan pilek. Vitamin C dalam serai membantu mengatasi penyumbatan hidung yang disebabkan oleh flu dan gangguan pernapasan lain.

● Mengatasi Infeksi Jamur

Serai juga dapat berperan sebagai antiseptik untuk mengobati berbagai infeksi jamur seperti kurap, luka, kudis, dan sebagainya. Selian itu, sifat anti mikroba dan anti jamur yang dimiliki serai juga mampu menyembuhkan infeksi saluran kemih dan lain-lain.

● Melindungi Kesehatan Sel Tubuh

Zat antioksidan pada serai dapat membantu dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Serai membantu membersihkan darah dan memperkuat limpa untuk membuang sel-sel darah merah yang kotor. Tak hanya itu, serai juga dapat meningkatkan fungsi kelenjar timus yang membantu menghasilkan sel darah putih dan pada bagian batang serta daun serai mengandung Folat dan Kalium yang membantu pembentukan DNA hingga meningkatkan regenerasi sel.

● Mencegah Obesitas

Senyawa citrus pada serai dapat mencegah akumulasi lemak perut dan meningkatkan penggunaan cadangan energi sehingga membantu mencegah terjadinya kenaikan berat badan. Serai juga dapat metabolisme tubuh serta meningkatkan oksidasi lemak dalam tubuh.

Selain kedelapan manfaat tadi, serai juga masih memiliki banyak manfaat lain yang tak kalah penting seperti memperbaiki sel saraf, menyembuhkan gangguan tidur, mengobati reumatik, mengatasi bau badan, meredakan batuk, peluruh dahak, hingga berguna sebagai aromaterapi yang membantu untuk merevitalisasi dan menyegarkan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat di atas, kalian dapat membuat teh serai yang bisa dikonsumsi sehari sekali dengan tetap memperhatikan aturan konsumsinya. Namun, ada baiknya juga untuk melakukan konsultasi terlebih dulu ke Dokter atau Ahli Gizi lainnya agar mengetahui takaran yang disarankan sehingga mendapat hasil yang maksimal dan tidak menimbulkan efek samping.

Pada penggunaan minyak serai juga pastikan untuk tidak menghirupnya secara langsung, melainkan teteskan minyak tersebut pada kain atau diffuser terlebih dulu yang kemudian bisa kalian gunakan sebagai aromaterapi.

Itulah sekilas info mengenai serai sebagai tanaman yang memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

20,753FansSuka
3,379PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles