22.6 C
Indonesia
Thursday, December 2, 2021

TAPAK.id

spot_img

Tahu Gimbal Kuliner Lezat Khas Kota Semarang

Kenikmatan rasa kuliner nusantara memang tak perlu diragukan lagi. Setiap daerah di Indonesia tentu memiliki keunikan dan kekhasannya masing-masing dalam menyajikan makanan tradisional sehingga menjadi populer dan digemari banyak orang. Tak hanya unik, hampir sebagian besar makanan tradisional Indonesia juga memiliki cerita (asal usul) dibalik nama yang digunakan.

Seperti misalnya Tahu Gimbal. Makanan tradisional yang berbahan dasar tahu goreng ini merupakan makanan khas Kota Semarang yang diperkirakan sudah ada sejak akhir abad 19.

Dijelaskan oleh channel youtube Dibalik Nama, awalnya bahan dasar tahu yang digunakan dalam penyajian tahu gimbal adalah tahu pong (tahu kosong), namun seiring dengan berkembangnya variasi makanan tradisional, penggunaan tahu pong tersebut akhirnya diganti dengan tahu isi yang teksturnya lebih padat.

Selain itu, nama gimbal pada makanan ini juga bukan karena penjualnya memiliki rambut gimbal, tetapi kata gimbal disini berasal dari kata Kempel dalam Bahasa Jawa yang berarti padat.

Gimbal sendiri terbuat dari campuran udang, tepung terigu, air, beberapa bumbu dapur serta sedikit tauge yang kemudian digoreng sehingga menghasilkan bentuk yang padat menggumpal.

Jika dilihat sekilas olahan udang tersebut memang mirip dengan rambut manusia. Itulah mengapa makanan ini dikenal dengan sebutan gimbal udang.

Secara penampilan, tahu gimbal memang hampir mirip dengan ketoprak atau pecel yang sering kita dijumpai. Namun, komposisi pada makanan ini tentu berbeda dengan ketoprak dan pecel. Dalam seporsi tahu gimbal terdiri dari beberapa bahan seperti tahu goreng, lontong, irisan kol atau kubis, tauge, gimbal udang dan telur goreng.

Sedangkan untuk siraman saus kacang yang digunakan juga tidak sama dengan saus kacang pada ketoprak dan pecel. Karena, tak hanya menggunakan berbagai bumbu penyedap seperti cabai, bawang putih serta kecap manis saja, saus kacang pada tahu gimbal juga menambahkan petis udang di dalamnya, sehingga menciptakan rasa manis, pedas, dan gurih yang khas.

Itulah alasan mengapa tahu gimbal masih banyak diminati oleh seluruh masyarakat hingga saat ini.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

20,753FansSuka
3,042PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles