Home Jejak Sumur Sentul Tempat Persembunyian Para Ulama dari Kepungan Tentara Kolonial yang Airnya...

Sumur Sentul Tempat Persembunyian Para Ulama dari Kepungan Tentara Kolonial yang Airnya tidak Pernah Kering

Sumur Sentul atau petilasan para alim ulama ini terletak di Kampung Santri, Desa Klebet, Kecamatan Kemiri, sudah sejak beberapa tahun belakangan selalu ramai di kunjungi. Diyakini sebagai tempat persembunyian para ulama dan pejuang kemerdekaan di masa penjajahan kolonial.

Menurut penuturan warga setempat konon katanya tentara Belanda melakukan pengepungan para ulama Banten hingga sampai di kampung santri dan waktu itu kampung santri masih hutan lebat. Ketika sedang beristirahat tanpa tidak disengaja menemukan mata air Sumur Sentul.

Kemudian para ulama Syekh Khaerun, Syech Mansyur dan Syekh Barnawi menjadikan tempat dimana Sumur Sentul ditemukan dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul para ulama Banten yang berjuang melawan Belanda.

Ibu Dedeh warga setempat menuturkan “sejak keturunan Syekh Khaerun yaitu Abuya Uci Turtusi ( pimpinan pondok pesantren Al Istiqlaliyah Cilongok Pasar Kemis ) mendatangi tempat ini, Sumur Sentul selalu ramai dikunjungi pengunjung dari berbagai daerah”.

Dan hingga saat ini air di Sumur Sentul tidak pernah kering walau kemarau, ini menjadi keunikan tersendiri yang terjadi di Sumur Sentul.

Warga berharap pemerintah setempat memperhatikan tempat ini sebagai peninggalan bersejarah dan ditata menjadi lebik baik agar bisa menjadi tempat wisata sejarah dan religi kemudian bisa mendorong perekonomian setempat.(bangley)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Banten : Tanah Para Ksatria

Mungkin kita sepakat bahwa saat ini Banten adalah tanahnya para jawara. Tidak terhitung sudah berapa jumlah pendekar yang dihasilkan daerah itu dari...

Penyamun Kidul, Si Pengacau Kompeni

Pasca merengkuh Tanah Priangan dari Mataram melalui serangkaian perjanjian di tahun 1677, Kompeni tidak langsung mengurus wilayah barunya itu. Di samping maskapai...

Pembagian Wilayah Cirebon Dari Masa Ke Masa

Sejak dirintis oleh Pangeran Walangsung a.k.a Pangeran Cakrabuana di era Pajajaran akhir, Cirebon telah mengalami perkembangan yang luar biasa. Pedukuhan kecil yang...

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Komentar terkini