Home Jejak Sumur Sentul Tempat Persembunyian Para Ulama dari Kepungan Tentara Kolonial yang Airnya...

Sumur Sentul Tempat Persembunyian Para Ulama dari Kepungan Tentara Kolonial yang Airnya tidak Pernah Kering

Sumur Sentul atau petilasan para alim ulama ini terletak di Kampung Santri, Desa Klebet, Kecamatan Kemiri, sudah sejak beberapa tahun belakangan selalu ramai di kunjungi. Diyakini sebagai tempat persembunyian para ulama dan pejuang kemerdekaan di masa penjajahan kolonial.

Menurut penuturan warga setempat konon katanya tentara Belanda melakukan pengepungan para ulama Banten hingga sampai di kampung santri dan waktu itu kampung santri masih hutan lebat. Ketika sedang beristirahat tanpa tidak disengaja menemukan mata air Sumur Sentul.

Kemudian para ulama Syekh Khaerun, Syech Mansyur dan Syekh Barnawi menjadikan tempat dimana Sumur Sentul ditemukan dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul para ulama Banten yang berjuang melawan Belanda.

Ibu Dedeh warga setempat menuturkan “sejak keturunan Syekh Khaerun yaitu Abuya Uci Turtusi ( pimpinan pondok pesantren Al Istiqlaliyah Cilongok Pasar Kemis ) mendatangi tempat ini, Sumur Sentul selalu ramai dikunjungi pengunjung dari berbagai daerah”.

Dan hingga saat ini air di Sumur Sentul tidak pernah kering walau kemarau, ini menjadi keunikan tersendiri yang terjadi di Sumur Sentul.

Warga berharap pemerintah setempat memperhatikan tempat ini sebagai peninggalan bersejarah dan ditata menjadi lebik baik agar bisa menjadi tempat wisata sejarah dan religi kemudian bisa mendorong perekonomian setempat.(bangley)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Sejarah Pendidikan Perempuan di Siak Sri Indrapura

Sejak dahulu pendidikan merupakan hal yang sangat diperlukan bagi seluruh perempuan agar menjadi sosok individu yang cerdas, kreatif, berpengetahuan luas, dan inovatif....

Perwalian Kekuasaan Putra Wiralodra

F. C. Hasselaer adalah salah seorang pejabat VOC yang selanjutnya berposisi sebagai Residen Cirebon. Dalam memorinya yang berangka tahun 1765, pejabat yang...

Banten : Tanah Para Ksatria

Mungkin kita sepakat bahwa saat ini Banten adalah tanahnya para jawara. Tidak terhitung sudah berapa jumlah pendekar yang dihasilkan daerah itu dari...

Komentar terkini