Home Kesehatan Sumber Vitamin C Alami Untuk Meningkatkan Sistem Imun di Era Pandemi

Sumber Vitamin C Alami Untuk Meningkatkan Sistem Imun di Era Pandemi

Oleh Liana

Issue kesehatan terkait paparan virus COVID-19 memang banyak membuat orang cemas. Buktinya banyak perilaku yang di luar kendali seperti panic buying dengan membeli semua bahan makanan sampai menimbun semua jenis suplemen vitamin C yang mengakibatkan kelangkaan di pasaran. Ternyata memang, kini suplemen vitamin C terbilang sulit ditemukan di apotek. Kalaupun ada, harganya pasti berkali-kali lipat dari biasanya.  Teman-teman gak perlu khawatir, masih ada alternatif untuk memenuhi kebutuhan vitamin C kamu kok, yaitu dengan mengkonsumsi sumber vitamin C alami yang sangat mudah ditemukan. Berikut sumber vitamin C alami yang bisa teman-teman coba.

Tomat

Tomat memang buah yang mudah ditemui, baik di supermarket atau di pasar tradisional. Dari segi harga pun masih sangat terjangkau. Tapi ternyata, tomat gak kalah hebat dengan suplemen vitamin C lho teman-teman. Dalam 100 gram tomat terdapat kandungan vitamin C sebesar 40mg. Tomat bisa dimakan langsung, sebagai tambahan salad, atau bisa juga dijadikan saus tomat alami.

Jambu Biji

Buah yang satu ini paling sering ditemui di kedai-kedai penjual jus buah. Karena memang, jambu biji tidak hanya enak rasanya, tapi juga mengandung tinggi vitamin C. Teman-teman tahu gak? Ternyata kandungan vitamin C pada jambu biji lebih tinggi dari jeruk lho. Kalau 100 gram jeruk hanya mengandung 50mg vitamin C, nah jambu biji lebih tinggi yaitu 183mg. Fakta yang lain ternyata kulit jambu biji mengandung lebih banyak vitamin. Jadi, kalau teman-teman konsumsi jambu biji jangan dibuang kulitnya ya.

Stroberi

Rasanya yang asam manis membuat stroberi punya penggemarnya tersendiri.  Siapa sangka, ternyata kandungan vitamin C pada stroberi setara dengan jeruk, lho. Stroberi tidak hanya nikmat di jus saja teman-teman. Kamu bisa membuat jelly stroberi, salad buah stroberi, juga membuat selai dari stroberi segar.

Kiwi

Teman-teman tahu gak? Buah yang berasal dari New Zealand ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, yaitu dalam 100gram buah kiwi kamu akan mendapatkan 100mg vitamin C atau hampir setara dengan mengkonsumsi 2 buah jeruk. Gak hanya itu, kiwi juga mengandung kalium yang baik manfaatnya untuk kesehatan jantung.

Pepaya

Selama ini teman-teman mungkin beranggapan bahwa pepaya hanya berkhasiat untuk melancarkan pencernaan saja, ternyata pepaya mengandung vitamin C yang tinggi lho. Dari 100 gram buah pepaya mengandung 94mg vitamin C. Biar tidak bosan, olah buah pepaya menjadi manisan buah asam pedas, atau bisa juga dijadikan tambahan rujak buah.

Nah, kalau teman-teman sudah tahu sumber alami vitamin C, teman-teman gak perlu khawatir lagi kehabisan suplemen vitamin C di apotek. Karena memang sebenarnya sumber vitamin alami jauh lebih baik untuk tubuh kita. Oh ya, perlu teman-teman tahu, meningkatkan sistem imun bukan hanya menambahkan vitamin C saja dalam konsumsi harian kamu. Tambahkan aktivitas fisik seperti olahraga rutin bisa membuat imun kamu lebih kuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Kue Geplak, Kuliner Betawi yang Kalah Tenar dari Kerak Telor

Apa yang terlintas saat mendengar kuliner Betawi? Yang ada di kepala kita pasti makanan tradisional seperti kerak telor dan bir pletok. Tapi...

17 Agustus, Masyarakat Indonesia Diminta Sikap Sempurna dan Berdiri Tegak

Tanggal 17 Agustus diperingati sebagai hari kemerdekaan Republik Indonesia. Tahun ini bangsa Indonesia akan merayakan 75 tahun merdekanya Indonesia.

Jejak Peradaban Megalitikum Tertua Indonesia di Lembah Bada

Berdasarkan catatan Pusat Arkeologi Nasional, terdapat 42 situs megalitik di Sulawesi Tengah. Yang paling terkenal dan menyita perhatian publik adalah situs zaman...

Misteri Petilasan Prabu Siliwangi di Gunung Puntang

Bagi warga Jawa Barat khususnya wilayah Bandung Raya, tentu tidak asing dengan nama Gunung Puntang. Gunung Puntang dikenal sebagai objek wisata sekaligus...

Komentar terkini