Home Teknologi Smartphone Android Bakal Bisa Deteksi Gempa Bumi

Smartphone Android Bakal Bisa Deteksi Gempa Bumi

Informasi yang simpang siur serta deteksi dini yang masih minim saat terjadi gempa bumi mendorong ahli untuk merancang deteksi gempa yang terhubung pada smartphone berbasis Android.

Secara konsep, akselerometer yang ada di ponsel Android dirancang untuk menjadi sumber data untuk algoritma pendeteksi gempa bumi. Sistem tersebut nantinya akan secara otomatis mengirimkan peringatan kepada orang-orang yang mungkin terdampak.

Pada prakteknya nanti, smartphone dilengkapi dengan akselerometer kecil yang dapat mendeteksi sinyal yang mengindikasikan kemungkinan gempa bumi sedang terjadi.

Jika ponsel mendeteksi sesuatu yang menurutnya mungkin gempa bumi, ponsel akan mengirimkan sinyal ke server deteksi gempa bersama dengan lokasi guncangan terjadi.

Server kemudian menggabungkan informasi dari banyak ponsel untuk mengetahui apakah gempa bumi sedang terjadi. Sistem ini juga didukung dengan kecerdasan algoritma mengolah big data.

Peringatan dini gempa bumi tersebut akan dikirim kepada pengguna Android yang tinggal di daerah yang tidak memiliki sistem peringatan berbasis seismometer.

Dalam tahap ujicoba ini, pengguna smartphone Android yang berminat bisa menjadi relawan. Jika setuju dengan segala persyaratannya, maka akselerometer di ponsel mereka akan menjadi salah satu poin data untuk mendeteksi gempa.

Deteksi gempa bumi melalui smartphone Android ini dikembangkan oleh Google. Google mengklaim sistem peringatan gempa bumi ini bakal menjadi jejaring peringatan gempa bumi pertama dunia. Namun, saat ini sistem itu baru diuji di California, Amerika Serikat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Banten : Tanah Para Ksatria

Mungkin kita sepakat bahwa saat ini Banten adalah tanahnya para jawara. Tidak terhitung sudah berapa jumlah pendekar yang dihasilkan daerah itu dari...

Penyamun Kidul, Si Pengacau Kompeni

Pasca merengkuh Tanah Priangan dari Mataram melalui serangkaian perjanjian di tahun 1677, Kompeni tidak langsung mengurus wilayah barunya itu. Di samping maskapai...

Pembagian Wilayah Cirebon Dari Masa Ke Masa

Sejak dirintis oleh Pangeran Walangsung a.k.a Pangeran Cakrabuana di era Pajajaran akhir, Cirebon telah mengalami perkembangan yang luar biasa. Pedukuhan kecil yang...

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Komentar terkini