Home Teknologi Smartphone Android Bakal Bisa Deteksi Gempa Bumi

Smartphone Android Bakal Bisa Deteksi Gempa Bumi

Informasi yang simpang siur serta deteksi dini yang masih minim saat terjadi gempa bumi mendorong ahli untuk merancang deteksi gempa yang terhubung pada smartphone berbasis Android.

Secara konsep, akselerometer yang ada di ponsel Android dirancang untuk menjadi sumber data untuk algoritma pendeteksi gempa bumi. Sistem tersebut nantinya akan secara otomatis mengirimkan peringatan kepada orang-orang yang mungkin terdampak.

Pada prakteknya nanti, smartphone dilengkapi dengan akselerometer kecil yang dapat mendeteksi sinyal yang mengindikasikan kemungkinan gempa bumi sedang terjadi.

Jika ponsel mendeteksi sesuatu yang menurutnya mungkin gempa bumi, ponsel akan mengirimkan sinyal ke server deteksi gempa bersama dengan lokasi guncangan terjadi.

Server kemudian menggabungkan informasi dari banyak ponsel untuk mengetahui apakah gempa bumi sedang terjadi. Sistem ini juga didukung dengan kecerdasan algoritma mengolah big data.

Peringatan dini gempa bumi tersebut akan dikirim kepada pengguna Android yang tinggal di daerah yang tidak memiliki sistem peringatan berbasis seismometer.

Dalam tahap ujicoba ini, pengguna smartphone Android yang berminat bisa menjadi relawan. Jika setuju dengan segala persyaratannya, maka akselerometer di ponsel mereka akan menjadi salah satu poin data untuk mendeteksi gempa.

Deteksi gempa bumi melalui smartphone Android ini dikembangkan oleh Google. Google mengklaim sistem peringatan gempa bumi ini bakal menjadi jejaring peringatan gempa bumi pertama dunia. Namun, saat ini sistem itu baru diuji di California, Amerika Serikat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Sunda, Pakuan, dan Pajajaran: Menggali Akar Historis Konseptual

Pada mulanya, saya sangat kesulitan untuk membedakan apa itu Sunda, Pakuan, dan Pajajaran. Meski tampak sebagai hal yang lazim, pada perkembangannya hal...

Apakah Kerajaan Tertua Nusantara Ada Di Jawa?

Dalam reportase Republika mengenai Khazanah Ke-Tionghoa-an Indonesia tahun 2017, saya menyatakan bahwa gerak massif migrasi etnis Tionghoa ke Nusantara terjadi sejak sekitar...

Peace Treaty Pajajaran-Cirebon: Perjanjian Perdamaian dengan Dasar Kekeluargaan

Pada tahun 1482, Prabu Jayadewata dinobatkan sebagai penguasa Sunda-Galuh dan berkedudukan di Keraton Sanghyang Sri Ratu Dewata, Kedatuan Sri Bima Punta Narayana...

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Komentar terkini