Home Teknologi Smartphone Android Bakal Bisa Deteksi Gempa Bumi

Smartphone Android Bakal Bisa Deteksi Gempa Bumi

Informasi yang simpang siur serta deteksi dini yang masih minim saat terjadi gempa bumi mendorong ahli untuk merancang deteksi gempa yang terhubung pada smartphone berbasis Android.

Secara konsep, akselerometer yang ada di ponsel Android dirancang untuk menjadi sumber data untuk algoritma pendeteksi gempa bumi. Sistem tersebut nantinya akan secara otomatis mengirimkan peringatan kepada orang-orang yang mungkin terdampak.

Pada prakteknya nanti, smartphone dilengkapi dengan akselerometer kecil yang dapat mendeteksi sinyal yang mengindikasikan kemungkinan gempa bumi sedang terjadi.

Jika ponsel mendeteksi sesuatu yang menurutnya mungkin gempa bumi, ponsel akan mengirimkan sinyal ke server deteksi gempa bersama dengan lokasi guncangan terjadi.

Server kemudian menggabungkan informasi dari banyak ponsel untuk mengetahui apakah gempa bumi sedang terjadi. Sistem ini juga didukung dengan kecerdasan algoritma mengolah big data.

Peringatan dini gempa bumi tersebut akan dikirim kepada pengguna Android yang tinggal di daerah yang tidak memiliki sistem peringatan berbasis seismometer.

Dalam tahap ujicoba ini, pengguna smartphone Android yang berminat bisa menjadi relawan. Jika setuju dengan segala persyaratannya, maka akselerometer di ponsel mereka akan menjadi salah satu poin data untuk mendeteksi gempa.

Deteksi gempa bumi melalui smartphone Android ini dikembangkan oleh Google. Google mengklaim sistem peringatan gempa bumi ini bakal menjadi jejaring peringatan gempa bumi pertama dunia. Namun, saat ini sistem itu baru diuji di California, Amerika Serikat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Misteri Desa Karang Kenek: Kutukan atau Kebetulan?

Jika kita berbicara soal misteri, negara kita pasti selalu masuk daftar negara dengan banyak hal unik serta misteri-misteri yang belum terpecahkan. Beberapa...

Misteri Batu Bleneng di Tol Cipali

Bukan hanya hutan, gunung, laut, jembatan, ternyata jalan tol di Indonesia juga ada yang menyimpan misteri yang hingga saat ini belum terpecahkan.

Sunda Land awal Peradaban Dunia

Istilah “Atlantis” mungkin merupakan sebuah istilah yang sudah kita dengar. Bahkan pada 2001, sebuah industri film di Amerika Serikat membuat film animasi...

Gunung Padang: Dugaan tentang Piramida Tertua di Dunia

Selain kaya akan budaya, Indonesia juga dikenal sebagai negara yang kaya akan situs-situs sejarah, mulai dari candi, tugu, gedung-gedung, dan situs-situs lain...

Komentar terkini