Home Lifestyle Traveler Situ Cisanti, Danau yang jadi Titik Nol Sungai Citarum

Situ Cisanti, Danau yang jadi Titik Nol Sungai Citarum

Dibalik sungai Citarum yang mulai dipenuhi limbah dan kotor, siapa sangka ternyata hulu sungai yang membentang hingga Bekasi itu sangat bersih. Udaranya pun sejuk.

Hulu sungai atau titik nol Sungai Citarum berada di Danau Cisanti atau dikenal juga dengan Situ Cisanti, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertajaya, Kabupaten Bandung. Kawasan Danau Cisanti dikelilingi sejumlah gunung yang membuat betah berlama-lama.

Beberapa gunung yang mengelilingi Situ Cisanti antara lain Gunung Wayang, Gunung Malabar, Gunung Bedil, dan Gunung Rakutak.

Lokasi Danau Cisanti tidak begitu jauh dari kawasan perkebunan teh Pangalengan.

Pembuktian sebagai titik nol Citarum, diperlihatkan dengan adanya penanda ‘Kilometer 0 Citarum’ yang dirakit dari bambu berada di pinggir danau.

Di kawasan Situ Cisanti ini, pengunjung dapat puas berswafoto karena lokasinya yang memang instagrammable ini. Di tepian danau ini terdapat sebuah dermaga kecil yang juga cocok sebagai lokasi berfoto.

Luas kawasan Situ Cisanti adalah 10 hektare, kawasan ini juga menjadi lokasi yang cocok untuk berkemah bersama teman dan keluarga. Berkemah di kawasan ini tentunya harus memperoleh izin dari pihak pengelola.

Jangan lupa para traveler harus mempersiapkan barang yang diperlukan sebelumnya karena di kawasan ini tidak menyediakan jasa sewa peralatan.

Setelah mendapatkan pembenahan, sekarang situ cisanti mulai dikenal masyarakat sebagai salah satu destinasi wisata di kabupaten Bandung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Transformasi Layanan Psikologi Balanceway.id Di Tengah Pandemi COVID-19

Hampir mendekati 1 tahun kita berada di tengah pandemi Covid-19, hal ini memaksa semua bidang untuk beradaptasi dengan lebih cepat. Banyak kesulitan...

Klenteng Tjo Soe Kong Tanjung Kait: Kokoh diterjang Tsunami Letusan Krakatau Tahun 1883

Sekitar Agustus 1883, Hujan abu panas turun di Ketimbang atau saat ini dikenal dengan nama desa Banding, Rajabasa, Lampung. Kurang lebih 1000...

Rumah Multatuli: Cagar Budaya Terabaikan dari Sang Pemilik Tinta Emas

Berbagai situs bersejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah hingga masa kolonialisme, masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Namun sayang, ada beberapa...

Komentar terkini