Home Lifestyle Traveler Situ Cisanti, Danau yang jadi Titik Nol Sungai Citarum

Situ Cisanti, Danau yang jadi Titik Nol Sungai Citarum

Dibalik sungai Citarum yang mulai dipenuhi limbah dan kotor, siapa sangka ternyata hulu sungai yang membentang hingga Bekasi itu sangat bersih. Udaranya pun sejuk.

Hulu sungai atau titik nol Sungai Citarum berada di Danau Cisanti atau dikenal juga dengan Situ Cisanti, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertajaya, Kabupaten Bandung. Kawasan Danau Cisanti dikelilingi sejumlah gunung yang membuat betah berlama-lama.

Beberapa gunung yang mengelilingi Situ Cisanti antara lain Gunung Wayang, Gunung Malabar, Gunung Bedil, dan Gunung Rakutak.

Lokasi Danau Cisanti tidak begitu jauh dari kawasan perkebunan teh Pangalengan.

Pembuktian sebagai titik nol Citarum, diperlihatkan dengan adanya penanda ‘Kilometer 0 Citarum’ yang dirakit dari bambu berada di pinggir danau.

Di kawasan Situ Cisanti ini, pengunjung dapat puas berswafoto karena lokasinya yang memang instagrammable ini. Di tepian danau ini terdapat sebuah dermaga kecil yang juga cocok sebagai lokasi berfoto.

Luas kawasan Situ Cisanti adalah 10 hektare, kawasan ini juga menjadi lokasi yang cocok untuk berkemah bersama teman dan keluarga. Berkemah di kawasan ini tentunya harus memperoleh izin dari pihak pengelola.

Jangan lupa para traveler harus mempersiapkan barang yang diperlukan sebelumnya karena di kawasan ini tidak menyediakan jasa sewa peralatan.

Setelah mendapatkan pembenahan, sekarang situ cisanti mulai dikenal masyarakat sebagai salah satu destinasi wisata di kabupaten Bandung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Sunda, Pakuan, dan Pajajaran: Menggali Akar Historis Konseptual

Pada mulanya, saya sangat kesulitan untuk membedakan apa itu Sunda, Pakuan, dan Pajajaran. Meski tampak sebagai hal yang lazim, pada perkembangannya hal...

Apakah Kerajaan Tertua Nusantara Ada Di Jawa?

Dalam reportase Republika mengenai Khazanah Ke-Tionghoa-an Indonesia tahun 2017, saya menyatakan bahwa gerak massif migrasi etnis Tionghoa ke Nusantara terjadi sejak sekitar...

Peace Treaty Pajajaran-Cirebon: Perjanjian Perdamaian dengan Dasar Kekeluargaan

Pada tahun 1482, Prabu Jayadewata dinobatkan sebagai penguasa Sunda-Galuh dan berkedudukan di Keraton Sanghyang Sri Ratu Dewata, Kedatuan Sri Bima Punta Narayana...

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Komentar terkini