28.4 C
Indonesia
Wednesday, October 20, 2021

TAPAK.id

spot_img

Situ Cisanti, Danau yang jadi Titik Nol Sungai Citarum

Dibalik sungai Citarum yang mulai dipenuhi limbah dan kotor, siapa sangka ternyata hulu sungai yang membentang hingga Bekasi itu sangat bersih. Udaranya pun sejuk.

Hulu sungai atau titik nol Sungai Citarum berada di Danau Cisanti atau dikenal juga dengan Situ Cisanti, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertajaya, Kabupaten Bandung. Kawasan Danau Cisanti dikelilingi sejumlah gunung yang membuat betah berlama-lama.

Beberapa gunung yang mengelilingi Situ Cisanti antara lain Gunung Wayang, Gunung Malabar, Gunung Bedil, dan Gunung Rakutak.

Lokasi Danau Cisanti tidak begitu jauh dari kawasan perkebunan teh Pangalengan.

Pembuktian sebagai titik nol Citarum, diperlihatkan dengan adanya penanda ‘Kilometer 0 Citarum’ yang dirakit dari bambu berada di pinggir danau.

Di kawasan Situ Cisanti ini, pengunjung dapat puas berswafoto karena lokasinya yang memang instagrammable ini. Di tepian danau ini terdapat sebuah dermaga kecil yang juga cocok sebagai lokasi berfoto.

Luas kawasan Situ Cisanti adalah 10 hektare, kawasan ini juga menjadi lokasi yang cocok untuk berkemah bersama teman dan keluarga. Berkemah di kawasan ini tentunya harus memperoleh izin dari pihak pengelola.

Jangan lupa para traveler harus mempersiapkan barang yang diperlukan sebelumnya karena di kawasan ini tidak menyediakan jasa sewa peralatan.

Setelah mendapatkan pembenahan, sekarang situ cisanti mulai dikenal masyarakat sebagai salah satu destinasi wisata di kabupaten Bandung.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

20,753FansSuka
2,988PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles