Home Jejak Sisa Bangunan Kuno Ditemukan di Bawah Tanah Stasiun Bekasi

Sisa Bangunan Kuno Ditemukan di Bawah Tanah Stasiun Bekasi

Pekerja menemukan susunan batu bata yang diduga bekas peninggalan masa pendudukan Jepang di proyek pembangunan Stasiun Utama Bekasi di Jalan Ir.H. Juanda, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Sisa bangunan tersebut berupa batu bata yang disusun sedemikian rupa. Dilihat dari strukturnya, susunan batu bata tersebut dahulunya diyakini merupakan sebuah lorong.

“Bisa saja itu adalah bangunan bawah tanah karena bentuknya (lorong). Dahulu zaman Jepang bisa saja itu bekas markas Jepang. Besar kemungkinan, tetapi (ahli) sejarah yang menentukan,” ujar Walikota Bekasi Rahmat Effendi, Selasa (11/8/2020) seperti dikutip dari Kompas.com.

Tak cuma sisa bangunan, pekerja proyek juga menemukan benda mirip jendela berukuran besar saat penggalian. Rahmat berharap ada penelitian lebih lanjut terhadap penemuan benda bersejarah di Stasiun Bekasi tersebut.

“Jika memang ada unsur sejarahnya bisa diberdayakan untuk hasil temuan tersebut seperti diabadikan,” katanya.

Berbeda dengan Rahmat Effendi,sejarawan asal Bekasi Ali Anwar menduga bangunan bersejarah di proyek Stasiun Bekasi adalah saluran air peninggalan zaman Hindia Belanda.

“Dugaan saya kemungkinan untuk gorong-gorong saluran air dari Stasiun ke Parit (selokan) yang di Jalan Juanda itu. Nah, dari situ terus mengalir ke Kali Bekasi,” kata Ali dilansir dari laman CNNIndonesia.com.

Dugaan tersebut dilatarbelakangi bentuk struktur bangunan yang disebut mirip kubah sebagai sebuah penanda adanya terowongan yang memanjang.

Dahulu, sebagian besar tanah di Bekasi disewa secara partikelir kepada tuan tanah berbangsa Eropa atau Cina.

Pada masa Hindia Belanda, wilayah Bekasi juga dibangun lintasan rel trayek Batavia-Bekasi oleh Bataviasche Oosterspoorweg Maatschappij, sebuah perusahaan kereta api asal Belanda yang berkedudukan di Batavia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Sunda, Pakuan, dan Pajajaran: Menggali Akar Historis Konseptual

Pada mulanya, saya sangat kesulitan untuk membedakan apa itu Sunda, Pakuan, dan Pajajaran. Meski tampak sebagai hal yang lazim, pada perkembangannya hal...

Apakah Kerajaan Tertua Nusantara Ada Di Jawa?

Dalam reportase Republika mengenai Khazanah Ke-Tionghoa-an Indonesia tahun 2017, saya menyatakan bahwa gerak massif migrasi etnis Tionghoa ke Nusantara terjadi sejak sekitar...

Peace Treaty Pajajaran-Cirebon: Perjanjian Perdamaian dengan Dasar Kekeluargaan

Pada tahun 1482, Prabu Jayadewata dinobatkan sebagai penguasa Sunda-Galuh dan berkedudukan di Keraton Sanghyang Sri Ratu Dewata, Kedatuan Sri Bima Punta Narayana...

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Komentar terkini