22.4 C
Indonesia
Sunday, July 3, 2022
spot_img

Sering Dikenal Sebagai Penambah Aroma, Ternyata Ini Manfaat Seledri Yang Sering Kamu Temui Dalam Semangkuk Sup

Buat kamu pecinta sayuran kayanya nggak akan asing dengan jenis sayur hijau satu ini. Sayuran yang biasa kita temui di dalam semangkuk sup atau bakso ini selalu dikenal dengan aromanya yang segar sehingga banyak digunakan masyarakat, baik dalam pembuatan makanan maupun hanya sebagai penghias disetiap masakan.

Yup, apalagi kalau bukan seledri.

Bernama latin Apium graveolens, seledri merupakan tanaman yang masuk dalam famili Apiaceae (Adas-adasan) dan diperkirakan berasal dari kawasan Mediterania serta daerah Afrika Utara.

Seledri saat ini juga telah banyak dibudidayakan secara global. Di beberapa negara Eropa dan Amerika, seledri biasa dikonsumsi sebagai cemilan karena dianggap cukup mengenyangkan namun tidak menggemukkan.

Hal ini tentu saja karena kandungan nutrisi serta senyawa alami yang terdapat pada seledri banyak memberikan manfaat baik untuk kesehatan. Mulai dari mineral seperti kalsium, natrium, tembaga, magnesium, besi, seng, dan kalium. Ada juga kandungan asam lemak dan vitamin seperti vitamin A, C, E, D, B6, B12 dan vitamin K hingga kandungan thiamin, riboflavin, asam folat, dan serat.

Kalau kandungan nutrisi dan senyawa alaminya saja sudah sebanyak ini, bisa bayangin nggak seberapa banyak manfaat yang ada pada seledri?

Untuk manfaatnya sendiri, seledri tentu mempunyai segudang manfaat baik bagi kesehatan.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat seledri satu ini memang sudah nggak asing lagi bagi sebagian orang. Mengutip dari ebook Tanaman Ajaib! Basmi Penyakit Dengan TOGA (Tanaman Obat Keluarga) karya Astrid Savitri (2016), kandungan pthalides atau senyawa kimia organik yang terdapat di dalam seledri dapat menurunkan tingkat hormon stres dalam darah. Hal ini tentu dapat membantu untuk mengurangi tekanan dalam pembuluh darah sehingga oksigen dapat mengalir dengan baik. Selain itu, mengonsumsi seledri juga dapat bantu kamu untuk mengurangi kemungkinan terjadinya serangan jantung, stroke atau aterosklerosis.

2. Meringankan Arthritis

Para penderita Arthritis, rematik, dan asam urat sangat bagus untuk mengonsumsi seledri. Karena, sifat anti-inflamasi yang dimiliki seledri dapat membantu untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri di sekitaran sendi. Batang dari seledri juga berperan sebagai zat diuretik sehingga membantu dalam menghilangkan kristal asam urat yang menumpuk di sekitar sendi. Selain itu, seledri juga dapat meningkatkan pertumbuhan kembali jaringan pada sendi yang meradang.

3. Mencegah Kanker

Adanya kandungan phthalides, flavonoid, dan polyacetylenes yang merupakan komponen detoksifikasi karsinogen, membuat seledri dapat membantu kamu untuk mencegah dan melawan kanker. Ditambah lagi adanya kandungan lain seperti coumarin pada seledri yang dapat meningkatkan aktivitas sel-sel darah putih tertentu yang secara efektif juga dapat mencegah kanker.

4. Mengurangi Kolesterol

Mengonsumsi seledri setiap hari ternyata  dapat mengurangi penyumbatan arteri kolesterol (LDL/kolesterol jahat). Kandungan pthalides dalam seledri dapat merangsang sekresi cairan empedu yang bekerja mengurangi kadar kolesterol. Serat yang ada dalam seledri juga bekerja untuk mengikis kolesterol dari aliran darah dan membuangnya ke luar dari tubuh.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Nggak hanya buah-buahan saja, ternyata seledri juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C yang tinggi sehingga sangat berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantun kamu terhindar dari flu, pilek, dan penyakit lainnya. Buat kamu yang nggak suka mengonsumsi buah, mungkin bisa mengantinya dengan seledri untuk memperoleh asupan vitamin C yang cukup sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Menurunkan Berat Badan

Meski memiliki kalori yang rendah, seledri tetap dapat mengenyangkan saat dikonsumsi karena adanya kandungan serat yang tinggi dalam sayuran ini. Oleh karena itu, untuk kamu yang sedang melakukan diet, bisa mengonsumsi seledri untuk membantu mengurangi kecenderungan makan secara berlebihan serta membantu dalam menurunkan berat badan tanpa menimbulkan rasa lapar.

Nah, itu dia sejumlah manfaat kesehatan dari seledri yang wajib banget kamu ketahui.

Selain keenam manfaat tadi, seledri tentu masih punya sejumlah manfaat lain yang baik untuk kesehatan, seperti mengoptimalkan fungsi ginjal, mengurangi gejala asma, menjaga kesehatan jantung, mengatasi diabetes, hingga meringankan migran.

Untuk yang bingung gimana caranya memperoleh manfaat-manfaat kesehatan tadi, kamu bisa mengonsumsi seledri dengan berbagai cara, mulai dari di jus, dimakan secara langsung, atau bahkan ditambahkan ke dalam olahan makanan sehat lainnya.

Pastikan juga untuk nggak mengonsumsinya secara berlebih ya, agar nggak menimbulkan efek samping bagi kesehatan kamu.

Semoga bermanfaat,

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

20,753FansSuka
3,379PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles