Home Jejak Serangan ke Loji Belanda Tonggak Hari Lahir Kota Padang

Serangan ke Loji Belanda Tonggak Hari Lahir Kota Padang

Sejak abad ke-15, keberadaan kota Padang dikenal sebagai bandar perdagangan. Saat itu Kerajaan Aceh ingin menguasai pantai barat Sumatera.

Dengan berhasil menguasai wilayah tersebut, Kerajaan Aceh berharap dapat membuka jalur perdagangan melalui Selat Sunda.Niat Kerajaan Aceh membuka jalur perdagangan melalui Selat Sunda tak terlepas dari blokade yang dilakukan Portugis di Selat Malaka.

Jatuhnya Kesultanan Malaka di tangan Portugis membuat Selat Malaka sulit dijangkau Kerajaan Aceh untuk melakukan perdagangan.

Namun, ternyata pantai barat Sumatera juga menjadi incaran Belanda. Kolonial Belanda menganggap pantai barat Sumatera jalur yang menguntungkan dari segi ekonomi. Pemerintah kolonial Belanda memutuskan untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah di pantai barat Sumatra.

Untuk memuluskan jalannya, Belanda kemudian mendirikan benteng di sekitar pantai barat Sumatera. Warga setempat merasa jengah dengan monopoli perdagangan yang dilakukan oleh orang-orang Belanda di tanah kelahiran mereka.

Dikutip dari buku Padang Riwayatmu Dulu (1988) karya Rusli Amran, perlawanan tersebut dipimpin oleh seorang “Rajo (raja) dari Minangkabau”. Masyarakat melancarkan serbuan ke benteng Belanda.

Benteng ini sempat diduduki oleh rakyat Minangkabau sehingga mengakibatkan perusahaan dagang Belanda VOC mengalami kerugian cukup besar. Ditaksir kerugian mencapai 28 ribu gulden.

Meski pada akhirnya benteng tersebut kembali ke pelukan Belanda, peristiwa tersebut dianggap sebagai sejarah berdirinya Kota Padang.

Pemerintah kota dan DPRD kemudian berkonsultasi dengan para sejarawan dan tokoh masyarakat. Disepakati sebagai hari lahir Kota Padang adalah 7 Agustus. Tanggal dimana rakyat Minangkabau merebut benteng milik Belanda di pantai barat Sumatera.

sumbe: Tirto.id, Goodnewsfromindonesia.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Sunda, Pakuan, dan Pajajaran: Menggali Akar Historis Konseptual

Pada mulanya, saya sangat kesulitan untuk membedakan apa itu Sunda, Pakuan, dan Pajajaran. Meski tampak sebagai hal yang lazim, pada perkembangannya hal...

Apakah Kerajaan Tertua Nusantara Ada Di Jawa?

Dalam reportase Republika mengenai Khazanah Ke-Tionghoa-an Indonesia tahun 2017, saya menyatakan bahwa gerak massif migrasi etnis Tionghoa ke Nusantara terjadi sejak sekitar...

Peace Treaty Pajajaran-Cirebon: Perjanjian Perdamaian dengan Dasar Kekeluargaan

Pada tahun 1482, Prabu Jayadewata dinobatkan sebagai penguasa Sunda-Galuh dan berkedudukan di Keraton Sanghyang Sri Ratu Dewata, Kedatuan Sri Bima Punta Narayana...

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Komentar terkini