Home Berita Selasa Pagi, Gempa Magnitudo 4,1 Guncang Sukabumi

Selasa Pagi, Gempa Magnitudo 4,1 Guncang Sukabumi

Gempa tektonik mengguncang Kota Sukabumi, Selasa (28/7/2020) sekitar pukul 09.00 WIB. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mencatat kekuatan gempa dengan magnitudo 4,1.

Menurut data dari BMKG, gempa kali ini berpusat di laut, 108 kilometer tenggara Sukabumi. Gempa berkedalaman 19 kilometer di bawah laut. Gempa dirasakan warga, terutama di daerah Tegalbuleud.

Skala intensitas gempanya mencapai III MMI yang artinya gempa dirasakan orang di dalam rumah dengan getaran seakan ada truk yang berlalu.

Sejauh ini BMKG belum mendapat laporan mengenai kerusakan bangunan ataupun korban luka dan jiwa akibat gempa bumi tersebut.

Hingga pukul 12.00 WIB BMKG memastikan tidak ada gempa susulan dan gempa kali ini juga tidak berpotensi tsunami, namun BMKG meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pada 21 Juli lalu, gempa juga mengguncang Sukabumi. Gempa dengan magnitudo 2,8 dirasakan oleh warga Nyalindung, Kabupaten Sukabumi.

Dikutip dari tempo.co, pekan lalu, BMKG mengatakan bahwa wilayah Sukabumi dan Banten di bagian barat Jawa mengalami peningkatan aktivitas gempa dalam beberapa tahun terakhir.

Tingkat kerawanan itu didukung catatan BMKG bahwa Provinsi Jawa Barat paling aktif kejadian gempa bumi di Pulau Jawa dalam dua tahun terakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Kue Geplak, Kuliner Betawi yang Kalah Tenar dari Kerak Telor

Apa yang terlintas saat mendengar kuliner Betawi? Yang ada di kepala kita pasti makanan tradisional seperti kerak telor dan bir pletok. Tapi...

17 Agustus, Masyarakat Indonesia Diminta Sikap Sempurna dan Berdiri Tegak

Tanggal 17 Agustus diperingati sebagai hari kemerdekaan Republik Indonesia. Tahun ini bangsa Indonesia akan merayakan 75 tahun merdekanya Indonesia.

Jejak Peradaban Megalitikum Tertua Indonesia di Lembah Bada

Berdasarkan catatan Pusat Arkeologi Nasional, terdapat 42 situs megalitik di Sulawesi Tengah. Yang paling terkenal dan menyita perhatian publik adalah situs zaman...

Misteri Petilasan Prabu Siliwangi di Gunung Puntang

Bagi warga Jawa Barat khususnya wilayah Bandung Raya, tentu tidak asing dengan nama Gunung Puntang. Gunung Puntang dikenal sebagai objek wisata sekaligus...

Komentar terkini