Home Berita Selasa Pagi, Gempa Magnitudo 4,1 Guncang Sukabumi

Selasa Pagi, Gempa Magnitudo 4,1 Guncang Sukabumi

Gempa tektonik mengguncang Kota Sukabumi, Selasa (28/7/2020) sekitar pukul 09.00 WIB. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mencatat kekuatan gempa dengan magnitudo 4,1.

Menurut data dari BMKG, gempa kali ini berpusat di laut, 108 kilometer tenggara Sukabumi. Gempa berkedalaman 19 kilometer di bawah laut. Gempa dirasakan warga, terutama di daerah Tegalbuleud.

Skala intensitas gempanya mencapai III MMI yang artinya gempa dirasakan orang di dalam rumah dengan getaran seakan ada truk yang berlalu.

Sejauh ini BMKG belum mendapat laporan mengenai kerusakan bangunan ataupun korban luka dan jiwa akibat gempa bumi tersebut.

Hingga pukul 12.00 WIB BMKG memastikan tidak ada gempa susulan dan gempa kali ini juga tidak berpotensi tsunami, namun BMKG meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pada 21 Juli lalu, gempa juga mengguncang Sukabumi. Gempa dengan magnitudo 2,8 dirasakan oleh warga Nyalindung, Kabupaten Sukabumi.

Dikutip dari tempo.co, pekan lalu, BMKG mengatakan bahwa wilayah Sukabumi dan Banten di bagian barat Jawa mengalami peningkatan aktivitas gempa dalam beberapa tahun terakhir.

Tingkat kerawanan itu didukung catatan BMKG bahwa Provinsi Jawa Barat paling aktif kejadian gempa bumi di Pulau Jawa dalam dua tahun terakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Transformasi Layanan Psikologi Balanceway.id Di Tengah Pandemi COVID-19

Hampir mendekati 1 tahun kita berada di tengah pandemi Covid-19, hal ini memaksa semua bidang untuk beradaptasi dengan lebih cepat. Banyak kesulitan...

Klenteng Tjo Soe Kong Tanjung Kait: Kokoh diterjang Tsunami Letusan Krakatau Tahun 1883

Sekitar Agustus 1883, Hujan abu panas turun di Ketimbang atau saat ini dikenal dengan nama desa Banding, Rajabasa, Lampung. Kurang lebih 1000...

Rumah Multatuli: Cagar Budaya Terabaikan dari Sang Pemilik Tinta Emas

Berbagai situs bersejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah hingga masa kolonialisme, masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Namun sayang, ada beberapa...

Komentar terkini