Home Berita Sastrawan Sunda Ajip Rosidi Tutup Usia

Sastrawan Sunda Ajip Rosidi Tutup Usia

Dunia sastra tanah air kehilangan salah satu sosok sastrawan sekaligus budayawan handal. Ajip Rosidi, seorang sastrawan asal sunda tutup usia pada Rabu (29/7/2020).

Kabar duka datang dari putri beliau, Cahya Kamila. Dalam unggahannya di akun Instagram, Cahaya menulis berita meninggalnya suami dari aktris senior Nani Widjaja tersebut.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. telah berpulang bapak Ajip Rosisi, tolong dimaafkan segala dosa-dosanya Amin,” tulis Cahya Kamila dalam akun Instagram @cahyakamila88.

Semasa hidupnya, Ajip menulis sejumlah cerpen. Beberapa judul cerpen yang karyanya antara lain Tahun-tahun Kematian, Sebuah Rumah buat Haritua, dan Pertemuan Kembali.

Tak hanya cerpen, pria yang pernah mendapat gelar Kun Santo Zui Ho Sho dari pemerintah Jepang ini juga menulis buku dan kumpulan sajak. Ajip bahkan pernah menjadi pengajar di Jepang.

Bersama kawan-kawannya, Ajip juga mendirikan penerbit Kiwari di Bandung (1962), penerbit Cupumanik (Tjupumanik) di Jatiwangi (1964), Duta Rakyat (1965) di Bandung, Pustaka Jaya (kemudian Dunia Pustaka Jaya) di Jakarta (1971), Girimukti Pasaka di Jakarta (1980), dan Kiblat Buku Utama di Bandung (2000).

Kecintaannya terhadap sastra Sunda ia tunjukkkan dengan mendirikan sekaligus mengelola Yayasan Kebudayaan Rancagé dan Pusat Studi Sunda. Pada tahun 2008, beberapa sastrawan mengapresiasi karyanya yang dituangkan dalam buku berjudul Jejak Langkah Urang Sunda 70 Tahun Ajip Rosidi.

Ajip Rosidi mengembuskan napas terakhirnya pada usia 82 tahun di Rumah Sakit Tidar Magelang pada pukul 22.30 WIB, Rabu 29 Juli 2020.

Selamat jalan, Pak Ajip. Karyamu selalu terkenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Transformasi Layanan Psikologi Balanceway.id Di Tengah Pandemi COVID-19

Hampir mendekati 1 tahun kita berada di tengah pandemi Covid-19, hal ini memaksa semua bidang untuk beradaptasi dengan lebih cepat. Banyak kesulitan...

Klenteng Tjo Soe Kong Tanjung Kait: Kokoh diterjang Tsunami Letusan Krakatau Tahun 1883

Sekitar Agustus 1883, Hujan abu panas turun di Ketimbang atau saat ini dikenal dengan nama desa Banding, Rajabasa, Lampung. Kurang lebih 1000...

Rumah Multatuli: Cagar Budaya Terabaikan dari Sang Pemilik Tinta Emas

Berbagai situs bersejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah hingga masa kolonialisme, masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Namun sayang, ada beberapa...

Komentar terkini