Home Jejak Reruntuhan Candi Ditemukan di Bekas Lahan Peternakan Ayam

Reruntuhan Candi Ditemukan di Bekas Lahan Peternakan Ayam

Warga Dusun Tempel, kelurahan Jatisari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang dikejutkan dengan penemuan sebuah situs kuno yang terpendam di di lahan milik warga. Diduga berasal dari sisa reruntuhan candi .

Warga menduga reruntuhan candi yang ditemukan di sekitar lahan bekas peternakan ayam itu sudah ada sejak abad ke-8 hingga 10 atau berasal dari sebuah kerajaan Hindu-Budha.

Ketua RW setempat, Rudi Inawan seperti dimuat di laman beritamerdekaonline.com mengatakan awal mula penemuan reruntuhan candi berdasarkan laporan warga. Setelah dilaporkan warga kemudian berinisiatif merawat peninggalan bersejarah itu.

Pada saat awal ditemukan, reruntuhan candi itu dipenuhi rerumputan dan lumut tebal.  Tak semakin rusak, warga bersama-sama membersihkan dan menjaga reruntuhan candi tersebut. Tujuannya agar reruntuhan candi yang ditemukan bisa menjadi ikon Dusun Tempel.

Riyadi, warga yang dipercaya untuk merawat reruntuhan candi mengatakan dirinya diberi amanat oleh sang ibu untuk merawat situs yang tak jauh dari rumahnya itu. Ibu Riyadi berujar jika benda itu peninggalan nenek moyang.

Sementara itu Arkeolog asal Semarang Tri Subekso kepada Kompas.com mengungkapkan reruntuhan candi itu sebagai tempat pemujaan Dewa Siwa. Lebih lanjut, dirinya menyebut kerajaan Mataram Kuno sebagai asal dari reruntuhan candi yang ditemukan di Dusun Tempel.

“Tepatnya masuk pada era Klasik Tua di Jawa bagian tengah yang ada pada abad ke-8 hingga 10 Masehi. bisa jadi itu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno,” jelas Tri.

Menariknya, tak jauh dari lokasi tersebut terdapat sebaran situs lainnya  seperti situs Duduhan yang berupa struktur satu bangunan candi induk dan tiga perwara yang tersusun dari bata.

 Reruntuhan candi di Dusun Tempel sendiri berupa sebuah yoni utuh berukuran 80 centimeter persegi, sebuah patung Nandi dalam keadaan tak utuh, 4 umpak, dan sejumlah batu yang disebut sebagai pondasi candi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Transformasi Layanan Psikologi Balanceway.id Di Tengah Pandemi COVID-19

Hampir mendekati 1 tahun kita berada di tengah pandemi Covid-19, hal ini memaksa semua bidang untuk beradaptasi dengan lebih cepat. Banyak kesulitan...

Klenteng Tjo Soe Kong Tanjung Kait: Kokoh diterjang Tsunami Letusan Krakatau Tahun 1883

Sekitar Agustus 1883, Hujan abu panas turun di Ketimbang atau saat ini dikenal dengan nama desa Banding, Rajabasa, Lampung. Kurang lebih 1000...

Rumah Multatuli: Cagar Budaya Terabaikan dari Sang Pemilik Tinta Emas

Berbagai situs bersejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah hingga masa kolonialisme, masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Namun sayang, ada beberapa...

Komentar terkini