Home Berita Relawan Masal Jaga Kelestarian Pohon-Pohon di Jalanan Utama Kota Bogor

Relawan Masal Jaga Kelestarian Pohon-Pohon di Jalanan Utama Kota Bogor

Selain kota hujan, Bogor juga dikenal sebagai kota di dalam taman. Pasalnya, pusat Kota Bogor terdapat kebun raya yang menjadi salah satu pusat observasi tanaman terbesar di dunia.

Tak hanya itu, di sejumlah jalanan utama Kota Bogor dinaungi pepohonan rindang yang membuat suasana sejuk. Berdasarkan catatan Pemerintah Kota Bogor tahun 2017, sedikitnya terdapat 500 pohon besar yang berada di pusat kota.

Menjaga kelestarian dan keindahan pohon-pohon yang ada di jalanan utama Kota Bogor, relawan Masyarakat Sadar Lingkungan (Masal) menggelar aksi pembersihan spanduk liar, reklame, dan paku yang menempel di pohon-pohon seputar jalanan utama kota Bogor, Senin (17/8/2020).

Relawan Masyarakat Peduli Lingkungan (Masal) berfoto bersama usai melakukan aksi. (Foto: Alif)

Aksi yang juga bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia ini mendapat dukungan dari Paguyuban Mojang Jajaka (Moka) Kota Bogor. Para mojang dan jajaka tersebut antusias mengikuti seluruh kegiatan dari awal hingga akhir, meski harus berpanas-panasan.

Peran serta Moka Bogor mendapat apresiasi dari relawan Masal. Koordinator aksi relawan Masal, Putra Sungkawa mengaku salut dengan kepedulian generasi muda, khususnya Moka Kota Bogor terhadap nasib pohon-pohon yang ada di wilayah kota hujan.

Pasalnya, pohon-pohon besar yang berada di pusat kota bukan hanya menambah keasrian dan kesejukan bagi pengendara yang melintas, juga merupakan paru-paru bagi Kota Bogor. Dengan bersihnya pepohonan dari spanduk dan lain sebagainya menjadikan Kota Bogor semakin asri.

Putra dan relawan masal lainnya tak lupa mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya warga Kota Bogor untuk sama-sama meningkatkan kepedulian terhadap pepohonan yang ada wilayah kota hujan itu.

“Kami mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk menanamkan kepedulian lingkungan sebisa mungkin dimulai sejak dini, karena dalam hal ini secara tidak langsung dapat membantu pemerintah Kota Bogor khususnya untuk tetap menjaga kebersihan agar terciptanya keindahan Kota Bogor ini,” ujarnya.

Dengan semakin banyaknya warga yang mulai peduli terhadap kelangsungan hidup pohon-pohon yang ada di Kota Bogor, relawan masal berharap Pemkot Bogor semakin semangat dalam menjaga kelestarian pohon-pohon yang ada di wilayahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Transformasi Layanan Psikologi Balanceway.id Di Tengah Pandemi COVID-19

Hampir mendekati 1 tahun kita berada di tengah pandemi Covid-19, hal ini memaksa semua bidang untuk beradaptasi dengan lebih cepat. Banyak kesulitan...

Klenteng Tjo Soe Kong Tanjung Kait: Kokoh diterjang Tsunami Letusan Krakatau Tahun 1883

Sekitar Agustus 1883, Hujan abu panas turun di Ketimbang atau saat ini dikenal dengan nama desa Banding, Rajabasa, Lampung. Kurang lebih 1000...

Rumah Multatuli: Cagar Budaya Terabaikan dari Sang Pemilik Tinta Emas

Berbagai situs bersejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah hingga masa kolonialisme, masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Namun sayang, ada beberapa...

Komentar terkini