Home Berita Relawan Masal Jaga Kelestarian Pohon-Pohon di Jalanan Utama Kota Bogor

Relawan Masal Jaga Kelestarian Pohon-Pohon di Jalanan Utama Kota Bogor

Selain kota hujan, Bogor juga dikenal sebagai kota di dalam taman. Pasalnya, pusat Kota Bogor terdapat kebun raya yang menjadi salah satu pusat observasi tanaman terbesar di dunia.

Tak hanya itu, di sejumlah jalanan utama Kota Bogor dinaungi pepohonan rindang yang membuat suasana sejuk. Berdasarkan catatan Pemerintah Kota Bogor tahun 2017, sedikitnya terdapat 500 pohon besar yang berada di pusat kota.

Menjaga kelestarian dan keindahan pohon-pohon yang ada di jalanan utama Kota Bogor, relawan Masyarakat Sadar Lingkungan (Masal) menggelar aksi pembersihan spanduk liar, reklame, dan paku yang menempel di pohon-pohon seputar jalanan utama kota Bogor, Senin (17/8/2020).

Relawan Masyarakat Peduli Lingkungan (Masal) berfoto bersama usai melakukan aksi. (Foto: Alif)

Aksi yang juga bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia ini mendapat dukungan dari Paguyuban Mojang Jajaka (Moka) Kota Bogor. Para mojang dan jajaka tersebut antusias mengikuti seluruh kegiatan dari awal hingga akhir, meski harus berpanas-panasan.

Peran serta Moka Bogor mendapat apresiasi dari relawan Masal. Koordinator aksi relawan Masal, Putra Sungkawa mengaku salut dengan kepedulian generasi muda, khususnya Moka Kota Bogor terhadap nasib pohon-pohon yang ada di wilayah kota hujan.

Pasalnya, pohon-pohon besar yang berada di pusat kota bukan hanya menambah keasrian dan kesejukan bagi pengendara yang melintas, juga merupakan paru-paru bagi Kota Bogor. Dengan bersihnya pepohonan dari spanduk dan lain sebagainya menjadikan Kota Bogor semakin asri.

Putra dan relawan masal lainnya tak lupa mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya warga Kota Bogor untuk sama-sama meningkatkan kepedulian terhadap pepohonan yang ada wilayah kota hujan itu.

“Kami mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk menanamkan kepedulian lingkungan sebisa mungkin dimulai sejak dini, karena dalam hal ini secara tidak langsung dapat membantu pemerintah Kota Bogor khususnya untuk tetap menjaga kebersihan agar terciptanya keindahan Kota Bogor ini,” ujarnya.

Dengan semakin banyaknya warga yang mulai peduli terhadap kelangsungan hidup pohon-pohon yang ada di Kota Bogor, relawan masal berharap Pemkot Bogor semakin semangat dalam menjaga kelestarian pohon-pohon yang ada di wilayahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Carok, Tradisi Duel Sengit dari Madura

Indonesia dikenal sebagai negara multikultural. Negara ini terdiri dari beragam suku bangsa yang masing-masing memiliki kebudayaan yang khas...

Tradisi Unik pada Pernikahan Suku Tidung: Pengantin Dilarang Buang Air Besar

Berbicara tentang suku, budaya, dan tradisi, Indonesia merupakan sebuah wilayah yang sangat kaya akan hal-hal tersebut. Setiap wilayah di Indonesia memiliki budaya...

Misteri Desa Karang Kenek: Kutukan atau Kebetulan?

Jika kita berbicara soal misteri, negara kita pasti selalu masuk daftar negara dengan banyak hal unik serta misteri-misteri yang belum terpecahkan. Beberapa...

Misteri Batu Bleneng di Tol Cipali

Bukan hanya hutan, gunung, laut, jembatan, ternyata jalan tol di Indonesia juga ada yang menyimpan misteri yang hingga saat ini belum terpecahkan.

Komentar terkini