Home Berita Penjelasan BMKG Soal Fenomena Awan Mirip Tsunami di Langit Aceh

Penjelasan BMKG Soal Fenomena Awan Mirip Tsunami di Langit Aceh

Masyarakat Aceh, khususnya di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya dihebohkan dengan kemunculan fenomena awan yang membentuk seperti ombak di langit.

Peristiwa ini terjadi pada Senin (10/8/2020) dan membuat warga khawatir. Sekilas, awan tersebut menyerupai gelombang tsunami.

Dikutip dari Era.id, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh, Zakaria, menjelaskan awan itu memang berbentuk gulungan ombak dan merupakan bagian dari awan Cumulonibus.

“Awan yang berbentuk seperti ombak yang menggulung namanya awan Arcus atau disebut juga awan Tsunami. Awan ini merupakan bagian dari awan CB (cumulonimbus),” kata Zakaria.

Sementara itu dalam keterangan resminya, BMKG menyebut awan Arcus merupakan awan yang memiliki tinggi lebih dari awan yang rendah. Awan jenis ini juga membentuk formasi horizontal memanjang seolah seperti gelombang.

“Awan Arcus terbentuk karena adanya fenomena angin laut dalamm skala yang luas mendoron massa udara ke arah selatan,” tulis keterangan BMKG terkait proses pembentukan awan yang menghebohkan warga Aceh tersebut.

Awan Arcus dapat menimbulkan angin kencang, hujan lebat disertai kilat, petir, angin puting beliung atau hujan es.

Meski masyarakat diminta tidak perlu khawatir dan panik, BMKG tetap meminta masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati. Nelayan juga diminta untuk tidak melaut sementara waktu, hingga awan tersebut hilang.

Sebelumnya, fenomena awan Arcus menjadi sorotan warganet. Foto dan video awan tersebut membanjiri media sosial sepanjang hari kemarin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Carok, Tradisi Duel Sengit dari Madura

Indonesia dikenal sebagai negara multikultural. Negara ini terdiri dari beragam suku bangsa yang masing-masing memiliki kebudayaan yang khas...

Tradisi Unik pada Pernikahan Suku Tidung: Pengantin Dilarang Buang Air Besar

Berbicara tentang suku, budaya, dan tradisi, Indonesia merupakan sebuah wilayah yang sangat kaya akan hal-hal tersebut. Setiap wilayah di Indonesia memiliki budaya...

Misteri Desa Karang Kenek: Kutukan atau Kebetulan?

Jika kita berbicara soal misteri, negara kita pasti selalu masuk daftar negara dengan banyak hal unik serta misteri-misteri yang belum terpecahkan. Beberapa...

Misteri Batu Bleneng di Tol Cipali

Bukan hanya hutan, gunung, laut, jembatan, ternyata jalan tol di Indonesia juga ada yang menyimpan misteri yang hingga saat ini belum terpecahkan.

Komentar terkini