22.4 C
Indonesia
Sunday, October 24, 2021

TAPAK.id

spot_img

Penjelasan BMKG Soal Fenomena Awan Mirip Tsunami di Langit Aceh

Masyarakat Aceh, khususnya di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya dihebohkan dengan kemunculan fenomena awan yang membentuk seperti ombak di langit.

Peristiwa ini terjadi pada Senin (10/8/2020) dan membuat warga khawatir. Sekilas, awan tersebut menyerupai gelombang tsunami.

Dikutip dari Era.id, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh, Zakaria, menjelaskan awan itu memang berbentuk gulungan ombak dan merupakan bagian dari awan Cumulonibus.

“Awan yang berbentuk seperti ombak yang menggulung namanya awan Arcus atau disebut juga awan Tsunami. Awan ini merupakan bagian dari awan CB (cumulonimbus),” kata Zakaria.

Sementara itu dalam keterangan resminya, BMKG menyebut awan Arcus merupakan awan yang memiliki tinggi lebih dari awan yang rendah. Awan jenis ini juga membentuk formasi horizontal memanjang seolah seperti gelombang.

“Awan Arcus terbentuk karena adanya fenomena angin laut dalamm skala yang luas mendoron massa udara ke arah selatan,” tulis keterangan BMKG terkait proses pembentukan awan yang menghebohkan warga Aceh tersebut.

Awan Arcus dapat menimbulkan angin kencang, hujan lebat disertai kilat, petir, angin puting beliung atau hujan es.

Meski masyarakat diminta tidak perlu khawatir dan panik, BMKG tetap meminta masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati. Nelayan juga diminta untuk tidak melaut sementara waktu, hingga awan tersebut hilang.

Sebelumnya, fenomena awan Arcus menjadi sorotan warganet. Foto dan video awan tersebut membanjiri media sosial sepanjang hari kemarin.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

20,753FansSuka
2,994PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles