Home Berita Pendaki Padati Pos Jalur Cemoro Sewu Jelang Hari Kemerdekaan

Pendaki Padati Pos Jalur Cemoro Sewu Jelang Hari Kemerdekaan

Beredar video pendaki memadati pos pendakian Gunung Lawu, Kabupaten Magetan, Jawa Tengah. Dalam video yang diunggah, Minggu (16/8/2020) itu terlihat ratusan pendaki saling berdesakkan.

Video pendaki berdesakkan saat mengantri di Cemoro Sewu di itu diunggah sejumlah warganet, salah satunya di akun instagram @magetanbanget. Dalam keterangan video tertulis:

“Kondisi terkini Pos Pendakian Lawu via Cemoro Sewu. Yang mau muncak Ke Lawu mending ditunda dulu karena daftar antriannya sudah panjang.”

Melihat video tersebut, sejumlah warganet bereaksi. Mereka menyayangkan membludaknya antrian pendaki yang akan menuju puncak Gunung Lawu. Mereka juga mengkhawatirkan kesehatan pendaki terutama di tengah pandemi seperti saat ini.

“Gak usah mikir covid dulu, pendaki segitu banyak emang yakin dapet spot camp semua? Camp area lawu gak segede merbabu. Yang ada mereka mati kedinginan krna gak kebagian spot bangun tenda,” ujar pemilik akun Twitter @RinaldiBaga.

Mandor Wisata Cemoro Sewu, Perhutani BKPH Lawu Ds, Paijo kepada Kompas.com, membenarkan foto dan video yang beredar memang merupakan keramaian yang terjadi hari ini, Minggu (16/8/2020), di jalur pendakian Cemoro Sewu.

“Ya hari ini tadi pagi,” ujar Paijo.

Pihaknya menjelaskan, pendaki dalam gambar tersebut merupakan para pendaki yang datang kemarin, namun karena kuota penuh akhirnya diberangkatkan pagi ini. Seperti diketahui Kuota pendakian Gunung Lawu dari jalur Cemoro Sewu per harinya memang dibatasi, hanya 800 orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Sunda, Pakuan, dan Pajajaran: Menggali Akar Historis Konseptual

Pada mulanya, saya sangat kesulitan untuk membedakan apa itu Sunda, Pakuan, dan Pajajaran. Meski tampak sebagai hal yang lazim, pada perkembangannya hal...

Apakah Kerajaan Tertua Nusantara Ada Di Jawa?

Dalam reportase Republika mengenai Khazanah Ke-Tionghoa-an Indonesia tahun 2017, saya menyatakan bahwa gerak massif migrasi etnis Tionghoa ke Nusantara terjadi sejak sekitar...

Peace Treaty Pajajaran-Cirebon: Perjanjian Perdamaian dengan Dasar Kekeluargaan

Pada tahun 1482, Prabu Jayadewata dinobatkan sebagai penguasa Sunda-Galuh dan berkedudukan di Keraton Sanghyang Sri Ratu Dewata, Kedatuan Sri Bima Punta Narayana...

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Komentar terkini