28.4 C
Indonesia
Wednesday, October 20, 2021

TAPAK.id

spot_img

Pantau Warga, Ketua RT di Depok Wajib Punya Medsos

Para ketua RT di Kota Depok dihimbau untuk memiliki akun media sosial. Tujuannya agar dapat memantau warganya selama pandemi Covid-19

Pemkot Depok mengeluarkan instruksi walikota nomor 03 tahun 2020 tentang program peduli terhadap tetangga atau dikenal dengan nyaba tetangga online.

Dengan adanya instruksi tersebut, para camat dan lurah di Kota Depok dapat memantau kondisi warga. Sehingga dapat diketahui apa warga membutuhkan bantuan atau tidak.

Dalam sistem nyaba tetangga online ini, para camat dan lurah berkoordinasi dengan para ketua RT dan para ketua Satgas Kampung Siaga Covid-19 dalam pelaksanaannya. Selain itu melaporkan setiap periodik pelaksanaan program tersebut kepada Wali Kota Depok.

Teknis program tersebut para ketua RT harus memiliki serta aktif memantau beragam platform media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan aplikasi pesan instan WhatsApp.

Ketua RT juga diminta untuk mendorong kepedulian warga yang memiliki akses internet untuk memantau warga lainnya yang tidak memiliki akses internet. Sehingga dapat diketahui secara online.

“Dalam media sosial tersebut setiap hari ketua RT atau pengurus menanyakan kondisi warga atau menyapa warga tetangganya secara pribadi,” demikian tulis instruksi tersebut seperti dikutip dari laman depok24jam.com.

Jika diketahui ada tetangga yang sakit, maka ketua RT wajib menanyakan kepada warga yang sakit tersebut terkait gejalanya. Sehingga jika membuthkan pertolongan medis dapat langsung ditindaklanjuti.

Jika menunjukan gejala Covid-19 seperti panas tinggi, batuk sesak maka langsung lapor ke Ketua Satgas Kampung Siaga setempat yang kemudian diteruskan ke puskesmas terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

20,753FansSuka
2,988PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles