Home Lifestyle Traveler Nikmati Alam Pegunungan Tak Jauh dari Jakarta, Coba ke Gunung Pancar

Nikmati Alam Pegunungan Tak Jauh dari Jakarta, Coba ke Gunung Pancar

Ingin menikmati berakhir pekan sambil menikmati suasana pegunungan yang asri tapi yang tidak keluar dari Jabodetabek? Berwisata ke Taman Wisata Alam Gunung Pancar mungkin bisa jadi salah satu pilihan.

Gunung Pancar berlokasi di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Gunung Pancar terletak pada ketinggian 300–800 m dpl dengan topografi landai sampai bergelombang terjal.

Kesejukan Gunung Pancar berasal dari banyaknya pepohonan di kawasan yang berada di perbatasan Jakarta-Bogor tersebut. Mayoritas flora yang ada di kawasan ini adalah pohon pinus. Maka tak heran, warga setempat dan pengunjung menjuluki kawasan Taman Wisata Gunung Pancar sebagai hutan pinus.

Tipe vegetasi hutan alam terletak di lereng sampai puncak Gunung Pancar seluas 15 Ha dengan jenis vegetasi antara lain rasamala huru, pasang , beringin puspa , saninten jamuju , hingga rotan.

Terdapat pula bunga dan tanaman hias lainnya di sekitar hutan alam Gunung Pancar seperti bunga anggrek , paku sarang burung , dan paku tanduk rusa.

Selain hutan pinus, kawasan Gunung Pancar juga memiliki objek dan daya tarik wisata yang cukup menarik seperti yaitu pemandian air panas.

Bagi yang pecinta sejarah dan budaya, kawasan Gunung Pancar tak boleh luput dari daftar wisata sejarah dan budaya. Sebab di kawasan ini terdapat makam keramat mbah putih yang di anggap sebagai leluhur oleh warga setempat. Letaknya berada di puncak Gunung Pancar.

Pengunjung juga dapat menikmati pergelaran kesenian tradisional daerah khas Sunda.

Kawasan Taman Wisata Gunung Pancar menghadirkan wisata alam sambil berolahraga. Selain hiking pengunjung juga dapat bersepeda atau berkuda. Kawasan wisata ini juga cocok untuk pertemuan, baik itu acara kantor maupun acara keluarga. Karena pengelola memfasilitasi dengan gedung yang dapat dipakai untuk rapat dan konfrensi.

Perjalanan dari Jakarta menuju lokasi Kawasan Taman Wisata Gunung Pancar ditempuh dengan waktu 1,5-2 jam dengan kondisi lalu lintas normal. Keluar dari pintu tol Sentul Selatan pengunjung tinggal mengikuti petunjuk menuju Jungleland karena lokasinya berdekatan.

Namun dalam masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, Kawasan Taman Wisata Gunung Pancar masih belum dibuka untuk umum hingga batas waktu yang belum ditentukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Sunda, Pakuan, dan Pajajaran: Menggali Akar Historis Konseptual

Pada mulanya, saya sangat kesulitan untuk membedakan apa itu Sunda, Pakuan, dan Pajajaran. Meski tampak sebagai hal yang lazim, pada perkembangannya hal...

Apakah Kerajaan Tertua Nusantara Ada Di Jawa?

Dalam reportase Republika mengenai Khazanah Ke-Tionghoa-an Indonesia tahun 2017, saya menyatakan bahwa gerak massif migrasi etnis Tionghoa ke Nusantara terjadi sejak sekitar...

Peace Treaty Pajajaran-Cirebon: Perjanjian Perdamaian dengan Dasar Kekeluargaan

Pada tahun 1482, Prabu Jayadewata dinobatkan sebagai penguasa Sunda-Galuh dan berkedudukan di Keraton Sanghyang Sri Ratu Dewata, Kedatuan Sri Bima Punta Narayana...

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Komentar terkini