Home Cerita Misteri Petilasan Prabu Siliwangi di Gunung Puntang

Misteri Petilasan Prabu Siliwangi di Gunung Puntang

Bagi warga Jawa Barat khususnya wilayah Bandung Raya, tentu tidak asing dengan nama Gunung Puntang. Gunung Puntang dikenal sebagai objek wisata sekaligus lokasi perkemahan di utara Bandung.

Gunung Puntang berada di komplek Gunung Malabar dengan ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sisa sejarah yang bisa di temukan di kawasan Gunung Puntang salah satunya kawasan yang disebut sebagai petilasan Prabu Siliwangi.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, Gunung Puntang adalah tempat dimana Prabu Siliwangi menyepi dalam pelariannya. Saat itu, putra Prabu Siliwangi, Kian Santang yang sudah memeluk agama Islam mengajak sang ayah.

Prabu Siliwangi dan pengikutnya yang tidak ingin berpindah keyakinan lalu melarikan diri. Salah satu tempat pelariannya dipercaya berada di Gunung Puntang.

Sebuah lokasi di Gunung Puntang dipercaya sebagai wilayah kerajaan yang didirikan oleh Prabu Silwangi. Kerajaan tersebut diberi nama Nagara Puntang oleh Prabu Siliwangi.

Ada pula versi yang menyebut kawasan Gunung Malabar yang didalamnya terdapat Gunung Puntang sebagai tempat lahir Prabu Siliwangi.

Konon kabar yang beredar, di lokasi tersebut terdapat sebuah gua yang menghubungkan Gunung Puntang dengan Curug Siliwangi di Campakamulya. Siapa yang dapat menulusuri gua ini sampai ke curug Siliwangi maka akan mendapatkan jimat bekas kerajaan Negara Puntang.

Keberadaan kerajaan Nagara Puntang bentukan Prabu Siliwangi di Gunung Puntang terlihat di bagian timur gunung tersebut. Di sana terdapat kawasan yang bernama Batu Pedang. Batu Pedang dipercayai masyarakat sekitar sebagai benda pusaka Prabu Siliwangi.

Sisa peninggalan yang diduga peninggalan kerajaan Nagara Puntang antara antara lain batu Korsi, batu kaca-kaca, dan batu Kompaan. Namun penemuan artefak yang diduga berasal dari kerajaan Nagara Puntang itu masih perlu dibuktikan dengan penelitian lebih lanjut.

Keterkaitan Gunung Puntang dan Prabu Siliwangi membuat banyak masyarakat datang ke tempat ini, terutama ke Curug Siliwangi untuk bertapa dan ada yang percaya dapat bertemu dengan jelmaan Prabu Siliwangi dalam bentuk harimau.

Dibalik kemisteriusannya yang melegenda turun-temurun, Gunung Puntang menyimpan keindahan alam khas Pasundan yang memanjakan mata. Udara yang sejuk serta pemandangan alam yang begitu beraneka ragam, menjadikan kawasan ini cocok untuk berlibur. Melepas penat dari tekanan di ibukota.

sumber: Pendakigunung.top

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Transformasi Layanan Psikologi Balanceway.id Di Tengah Pandemi COVID-19

Hampir mendekati 1 tahun kita berada di tengah pandemi Covid-19, hal ini memaksa semua bidang untuk beradaptasi dengan lebih cepat. Banyak kesulitan...

Klenteng Tjo Soe Kong Tanjung Kait: Kokoh diterjang Tsunami Letusan Krakatau Tahun 1883

Sekitar Agustus 1883, Hujan abu panas turun di Ketimbang atau saat ini dikenal dengan nama desa Banding, Rajabasa, Lampung. Kurang lebih 1000...

Rumah Multatuli: Cagar Budaya Terabaikan dari Sang Pemilik Tinta Emas

Berbagai situs bersejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah hingga masa kolonialisme, masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Namun sayang, ada beberapa...

Komentar terkini