Home Cerita Misteri Petilasan Prabu Siliwangi di Gunung Puntang

Misteri Petilasan Prabu Siliwangi di Gunung Puntang

Bagi warga Jawa Barat khususnya wilayah Bandung Raya, tentu tidak asing dengan nama Gunung Puntang. Gunung Puntang dikenal sebagai objek wisata sekaligus lokasi perkemahan di utara Bandung.

Gunung Puntang berada di komplek Gunung Malabar dengan ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sisa sejarah yang bisa di temukan di kawasan Gunung Puntang salah satunya kawasan yang disebut sebagai petilasan Prabu Siliwangi.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, Gunung Puntang adalah tempat dimana Prabu Siliwangi menyepi dalam pelariannya. Saat itu, putra Prabu Siliwangi, Kian Santang yang sudah memeluk agama Islam mengajak sang ayah.

Prabu Siliwangi dan pengikutnya yang tidak ingin berpindah keyakinan lalu melarikan diri. Salah satu tempat pelariannya dipercaya berada di Gunung Puntang.

Sebuah lokasi di Gunung Puntang dipercaya sebagai wilayah kerajaan yang didirikan oleh Prabu Silwangi. Kerajaan tersebut diberi nama Nagara Puntang oleh Prabu Siliwangi.

Ada pula versi yang menyebut kawasan Gunung Malabar yang didalamnya terdapat Gunung Puntang sebagai tempat lahir Prabu Siliwangi.

Konon kabar yang beredar, di lokasi tersebut terdapat sebuah gua yang menghubungkan Gunung Puntang dengan Curug Siliwangi di Campakamulya. Siapa yang dapat menulusuri gua ini sampai ke curug Siliwangi maka akan mendapatkan jimat bekas kerajaan Negara Puntang.

Keberadaan kerajaan Nagara Puntang bentukan Prabu Siliwangi di Gunung Puntang terlihat di bagian timur gunung tersebut. Di sana terdapat kawasan yang bernama Batu Pedang. Batu Pedang dipercayai masyarakat sekitar sebagai benda pusaka Prabu Siliwangi.

Sisa peninggalan yang diduga peninggalan kerajaan Nagara Puntang antara antara lain batu Korsi, batu kaca-kaca, dan batu Kompaan. Namun penemuan artefak yang diduga berasal dari kerajaan Nagara Puntang itu masih perlu dibuktikan dengan penelitian lebih lanjut.

Keterkaitan Gunung Puntang dan Prabu Siliwangi membuat banyak masyarakat datang ke tempat ini, terutama ke Curug Siliwangi untuk bertapa dan ada yang percaya dapat bertemu dengan jelmaan Prabu Siliwangi dalam bentuk harimau.

Dibalik kemisteriusannya yang melegenda turun-temurun, Gunung Puntang menyimpan keindahan alam khas Pasundan yang memanjakan mata. Udara yang sejuk serta pemandangan alam yang begitu beraneka ragam, menjadikan kawasan ini cocok untuk berlibur. Melepas penat dari tekanan di ibukota.

sumber: Pendakigunung.top

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Sunda, Pakuan, dan Pajajaran: Menggali Akar Historis Konseptual

Pada mulanya, saya sangat kesulitan untuk membedakan apa itu Sunda, Pakuan, dan Pajajaran. Meski tampak sebagai hal yang lazim, pada perkembangannya hal...

Apakah Kerajaan Tertua Nusantara Ada Di Jawa?

Dalam reportase Republika mengenai Khazanah Ke-Tionghoa-an Indonesia tahun 2017, saya menyatakan bahwa gerak massif migrasi etnis Tionghoa ke Nusantara terjadi sejak sekitar...

Peace Treaty Pajajaran-Cirebon: Perjanjian Perdamaian dengan Dasar Kekeluargaan

Pada tahun 1482, Prabu Jayadewata dinobatkan sebagai penguasa Sunda-Galuh dan berkedudukan di Keraton Sanghyang Sri Ratu Dewata, Kedatuan Sri Bima Punta Narayana...

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Komentar terkini