Home Cerita Misteri Desa Karang Kenek: Kutukan atau Kebetulan?

Misteri Desa Karang Kenek: Kutukan atau Kebetulan?

Jika kita berbicara soal misteri, negara kita pasti selalu masuk daftar negara dengan banyak hal unik serta misteri-misteri yang belum terpecahkan. Beberapa misteri yang pernah dibahas oleh tim Tapak.id adalah misteri blok karet Tjipetir sampai ke Eropa, misteri Pulau Cangkir, misteri petilasan Prabu Siliwangi, dan sebagainya. 

Kali ini tim Tapak.id akan membahas tentang misteri Dusun Karang Kenek, sebuah desa di daerah Situbondo, Jawa Timur, yang hanya bisa dihuni oleh 26 kepala rumah tangga. 

Daripada penasaran, yuk langsung kita bahas misteri apa sih yang tersimpan di dusun ini?

Profil Dusun Karang Kenek

Dusun Karang Kenek merupakan sebuah dusun yang terletak di Desa Olean, Kecamatan Situbondo, Jawa Timur. Dusun ini hanya dihuni oleh 26 kepala rumah tangga karena begitulah aturannya sejak zaman dulu. Aturan ini sudah ada turun-temurun.

Pada 2019, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kementerian PDTT) memutuskan untuk melakukan pendampingan usaha wisata untuk Desa Olean. Hal ini dikarenakan keunikan yang dimiliki oleh Dusun Karang Kenek. Keunikan tersebut dianggap sebagai sebuah kearifan lokal yang mampu menarik wisatawan.

Misteri Dusun Karang Kenek hanya bisa dihuni 26 kepala keluarga

Tidak seperti dusun lain pada umumnya yang jumlah penghuninya selalu bertambah setiap tahun, warga di Dusun Karang Kenek hanya berpenghuni maksimal 26 kepala keluarga.

Sejak dulu, jika ada pendatang baru yang datang dan tinggal di dusun ini, pasti ada saja hal-hal aneh yang terjadi. 

Bukan hanya pendatang baru, bahkan keturunan-keturunan masyarakat Dusun Karang Kenek yang sudah berkeluarga juga seolah tidak bisa tinggal di sana. Biasanya selalu ada sesuatu yang terjadi sehingga membuat mereka pindah dan meninggalkan 26 kepala keluarga tetap tinggal di dusun itu. 

Percaya atau tidak, berdasarkan hasil sensus penduduk yang dilakukan setiap 10 tahun sekali, jumlah kepala keluarga di Dusun Karang Kenek selalu menunjukkan angka yang sama sejak dulu. 

Fenomena ini mirip seperti fenomena yang terjadi di Kampung Pitu, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta, di mana daerahnya hanya bisa dihuni oleh 7 kepala keluarga. 

Kepercayaan bahwa Dusun Karang Kenek telah dikutuk

Orang-orang yang mendengar keunikan dari dusun ini pasti masih bertanya-tanya mengapa hal itu terjadi. Menurut cerita dari tetua di dusun ini, di balik keunikan yang dimiliki oleh Dusun Karang Kenek, terdapat kutukan yang sangat sulit dihilangkan.

Konon, para pendahulu yang tinggal di dusun tersebut marah karena keturunan-keturunan mereka tidak mau tinggal di sana. Oleh karena itu, Dusun Karang Kenek dikutuk, hanya dapat ditinggali sejumlah KK yang tersisa di dusun tersebut.

Penduduk dusun saat ini beberapa kali telah melakukan ritual untuk meminta maaf kepada para pendahulu. Mereka meminta kutukan tersebut dicabut. Namun sayang, usaha mereka tidak membuahkan hasil hingga saat ini.

Walaupun demikian, penduduk di Dusun Karang Kenek hidup dengan tentram dan sejahtera. Meskipun mereka hidup sederhana, mereka selalu bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Jika kamu tertarik dengan misteri di Dusun Karang Kenek, yuktraveling ke sana!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Klenteng Tjo Soe Kong Tanjung Kait: Kokoh diterjang Tsunami Letusan Krakatau Tahun 1883

Sekitar Agustus 1883, Hujan abu panas turun di Ketimbang atau saat ini dikenal dengan nama desa Banding, Rajabasa, Lampung. Kurang lebih 1000...

Rumah Multatuli: Cagar Budaya Terabaikan dari Sang Pemilik Tinta Emas

Berbagai situs bersejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah hingga masa kolonialisme, masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Namun sayang, ada beberapa...

Debus: Dari Atraksi Ekstrem dari Banten

Jika kamu ingin mempelajari dan mengeksplorasi berbagai kebudayaan yang ada di Banten, rasanya kurang lengkap jika belum menyaksikan...

Carok, Tradisi Duel Sengit dari Madura

Indonesia dikenal sebagai negara multikultural. Negara ini terdiri dari beragam suku bangsa yang masing-masing memiliki kebudayaan yang khas...

Komentar terkini