Home Berita Mengenal PRA Luqman Zulkaedin, Penerus Takhta Kasepuhan Cirebon

Mengenal PRA Luqman Zulkaedin, Penerus Takhta Kasepuhan Cirebon

Putra Mahkota Kesultanan Kasepuhan Cirebon Pangeran Raja Adipati Luqman Zulkaedin menggantikan ayahnya Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat sebagai Sultan Kasepuhan Cirebon.

Seperti diketahui Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat wafat Rabu (22/7/2020).

Sebelumnya terkait siapa pengganti Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat, adik kandung Sultan Sepuh,Ratu Raja Alexandra Wuryaningrat sudah memberikan keterangannya.

Ratu Raja Alexandra Wuryaningrat yang juga menjabat sebagai Direktur Badan Pengelola Keraton Kasepuhan Cirebon mengatakan dalam adat dan tradisi keraton putera mahkota akan otomatis jatuh kepada putra pertama.

Namun jika putra pertama tidak bisa, maka posisinya akan digantikan oleh putra yang kedua dan seterusnya dalam garis laki-laki.

PRA Luqman Zulkaedin sebenarnya sudah jauh-jauh hari disiapkan untuk menggantikan Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat. Pada 2018 lalu, PRA Luqman telah dinobatkan sebagai Putra Mahkota Kesultanan Kasepuhan Cirebon.

Hal itu tertuang dalam Anugerah Gusti Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat Keraton Kasepuhan nomor 026/AN/SSXIV/XII/2018, 30 Desember 2018.

PRA Luqman Zulkaedin lahir di Bandung, 20 Juni 1989. Ia meraih gelar sarjana hukum setelah menamatkan pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Pasundan. PRA Luqman kemudian meraih gelar magister kenotariatan di Universitas Padjajaran.

Saat ini PRA Luqman berkarir sebagai pejabat pembuat akta tanah. Dirinya memiliki satu orang istri yang bernama Ratih Marlina dan seorang putra bernama Elang Raja Azka Natadiningrat.

Dalam pidato usai prosesi pemakaman sang ayah, PRA Luqman mengajak masyarakat dan pemerintah terus tetap melestarikan budaya, adat dan tradisi di Keraton Kasepuhan Cirebon. Prosesi kenaikan takhta PRA Luqman sendiri akan digelar 40 hari setelah Sultan Sepuh wafat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Sejarah Pendidikan Perempuan di Siak Sri Indrapura

Sejak dahulu pendidikan merupakan hal yang sangat diperlukan bagi seluruh perempuan agar menjadi sosok individu yang cerdas, kreatif, berpengetahuan luas, dan inovatif....

Perwalian Kekuasaan Putra Wiralodra

F. C. Hasselaer adalah salah seorang pejabat VOC yang selanjutnya berposisi sebagai Residen Cirebon. Dalam memorinya yang berangka tahun 1765, pejabat yang...

Banten : Tanah Para Ksatria

Mungkin kita sepakat bahwa saat ini Banten adalah tanahnya para jawara. Tidak terhitung sudah berapa jumlah pendekar yang dihasilkan daerah itu dari...

Komentar terkini