Home Lifestyle Traveler Memandang Kota Serang dari Gunung Pinang

Memandang Kota Serang dari Gunung Pinang

Selain kawasan Kampung Adat Baduy dan Pantai Tanjung Lesung, ada destinasi wisata lainnya yang layak untuk dikunjungi saat berlibur ke Banten.

Gunung Pinang namanya. Nama resmi objek wisata ini sendiri adalah Wisata Alam Gunung Pinang yang lokasi tepatnya berada di Kota Serang, Banten.

Aslinya, Gunung Pinang merupakan sebuah bukit yang tingginya 300 mdpl dengan luas 222 hektare.

Bagi warga Serang dan umumnya warga Banten, mereka tak perlu jauh-jauh untuk menikmati pemandangan nuansa hijau layaknya di Puncak Bogor. Pasalnya, di Gunung Pinang juga terdapat spot untuk merasakan sejuknya udara pegunungan.

Pengunjung juga dapat melihat dengan jelas hamparan laut serta pemandangan Kota Serang, dan Pulau Panjang dari kejauhan. Pemandangan tersebut menjadi incaran pengunjung untuk ber-selfie ria.

Dibalik keindahannya, ternyata ada sebuah cerita dibalik asal-usul penamaan Gunung Pinang. Dikisahkan ada seorang pemuda bernama Dampu Awang. Ia tekun, rajin, dan sangat menyayangi ibunya.

Ia lalu menjadi orang kaya dan memperistri seorang wanita cantik. Sayang harta benda dan istri yang cantik membuat Dampu Awan Lupa diri hingga tak mengakui ibu kandugnya.

Dampu Awang mendapat balasan. Kapalnya terseret angin puyuh hingga terlempar jauh dan akhirnya menjadi gunung yang sekarang menjadi Gunung Pinang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Sejarah Pendidikan Perempuan di Siak Sri Indrapura

Sejak dahulu pendidikan merupakan hal yang sangat diperlukan bagi seluruh perempuan agar menjadi sosok individu yang cerdas, kreatif, berpengetahuan luas, dan inovatif....

Perwalian Kekuasaan Putra Wiralodra

F. C. Hasselaer adalah salah seorang pejabat VOC yang selanjutnya berposisi sebagai Residen Cirebon. Dalam memorinya yang berangka tahun 1765, pejabat yang...

Banten : Tanah Para Ksatria

Mungkin kita sepakat bahwa saat ini Banten adalah tanahnya para jawara. Tidak terhitung sudah berapa jumlah pendekar yang dihasilkan daerah itu dari...

Komentar terkini