Home Lifestyle Traveler Memandang Kota Serang dari Gunung Pinang

Memandang Kota Serang dari Gunung Pinang

Selain kawasan Kampung Adat Baduy dan Pantai Tanjung Lesung, ada destinasi wisata lainnya yang layak untuk dikunjungi saat berlibur ke Banten.

Gunung Pinang namanya. Nama resmi objek wisata ini sendiri adalah Wisata Alam Gunung Pinang yang lokasi tepatnya berada di Kota Serang, Banten.

Aslinya, Gunung Pinang merupakan sebuah bukit yang tingginya 300 mdpl dengan luas 222 hektare.

Bagi warga Serang dan umumnya warga Banten, mereka tak perlu jauh-jauh untuk menikmati pemandangan nuansa hijau layaknya di Puncak Bogor. Pasalnya, di Gunung Pinang juga terdapat spot untuk merasakan sejuknya udara pegunungan.

Pengunjung juga dapat melihat dengan jelas hamparan laut serta pemandangan Kota Serang, dan Pulau Panjang dari kejauhan. Pemandangan tersebut menjadi incaran pengunjung untuk ber-selfie ria.

Dibalik keindahannya, ternyata ada sebuah cerita dibalik asal-usul penamaan Gunung Pinang. Dikisahkan ada seorang pemuda bernama Dampu Awang. Ia tekun, rajin, dan sangat menyayangi ibunya.

Ia lalu menjadi orang kaya dan memperistri seorang wanita cantik. Sayang harta benda dan istri yang cantik membuat Dampu Awan Lupa diri hingga tak mengakui ibu kandugnya.

Dampu Awang mendapat balasan. Kapalnya terseret angin puyuh hingga terlempar jauh dan akhirnya menjadi gunung yang sekarang menjadi Gunung Pinang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Sunda, Pakuan, dan Pajajaran: Menggali Akar Historis Konseptual

Pada mulanya, saya sangat kesulitan untuk membedakan apa itu Sunda, Pakuan, dan Pajajaran. Meski tampak sebagai hal yang lazim, pada perkembangannya hal...

Apakah Kerajaan Tertua Nusantara Ada Di Jawa?

Dalam reportase Republika mengenai Khazanah Ke-Tionghoa-an Indonesia tahun 2017, saya menyatakan bahwa gerak massif migrasi etnis Tionghoa ke Nusantara terjadi sejak sekitar...

Peace Treaty Pajajaran-Cirebon: Perjanjian Perdamaian dengan Dasar Kekeluargaan

Pada tahun 1482, Prabu Jayadewata dinobatkan sebagai penguasa Sunda-Galuh dan berkedudukan di Keraton Sanghyang Sri Ratu Dewata, Kedatuan Sri Bima Punta Narayana...

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Komentar terkini