Home Jejak Artefak Lokasi Harta Karun Jogonalan Bekas Pemukiman Pejabat Kerajaan

Lokasi Harta Karun Jogonalan Bekas Pemukiman Pejabat Kerajaan

Warga Desa Wonobyo, Kecamatan Jogonalan, Klaten dikagetkan dengan penemuan harta karun berupa perhiasan emas dan perak di wilayahnya pada akhir tahun 1990 silam. Kuat dugaan lokasi penemuan harta karun tersebut dulunya adalah pemukiman kerajaan.

Dugaan tersebut disampaikan Pamong Budaya Madya BPCB Jateng, Deny Wahju Hidajat. Dia menyebut kemungkinan besar lokasi itu dulunya merupakan permukiman pejabat.

“Iya permukiman kuno. Dimungkinkan juga permukiman pejabat kerajaan,” jelasnya seperti dikutip dari Detik.com, Selasa (28/7/2020).

Dugaan semakin kuat lantaran di lokasi penemuan harta karun itu terdapat batu bata dan blok batu kapur. Deny memperkirakan temuan itu berkaitan dengan situs candi di Desa Dompyongan, Klaten.

“Sebab di Dompyongan tahun 1996 informasinya ada temuan, tetapi dijual,” imbuh dia.

Hal senada disampaikan Kades Wonoboyo, Supardiyono. Dia menyebut jarak antara kedua desa berdekatan.

“Bisa jadi ada kaitannya. Sebab Dompyongan itu tetangga desa,” jelas Supardiyono.

Sementara itu, Kades Dompyongan, Kecamatan Jogonalan, Klaten, Sarono, membenarkan penemuan harta karun di sekitar wilayahnya.

“Menurut sesepuh, cuma ada temuan gelang sekitar tahun 1996. Ditemukan di tepi sungai di barat desa, di perbatasan,” katanya.

Adapun jenis harta karun yang ditemukan di Desa Wonoboyo hampir 30 tahun lalu terdiri dari dua jenis, yakni untuk alat upacara dan perhiasan. Berat harta karun itu sendiri disebut-sebut mencapai 27 kg.

sumber: detik.com | solopos.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Sunda, Pakuan, dan Pajajaran: Menggali Akar Historis Konseptual

Pada mulanya, saya sangat kesulitan untuk membedakan apa itu Sunda, Pakuan, dan Pajajaran. Meski tampak sebagai hal yang lazim, pada perkembangannya hal...

Apakah Kerajaan Tertua Nusantara Ada Di Jawa?

Dalam reportase Republika mengenai Khazanah Ke-Tionghoa-an Indonesia tahun 2017, saya menyatakan bahwa gerak massif migrasi etnis Tionghoa ke Nusantara terjadi sejak sekitar...

Peace Treaty Pajajaran-Cirebon: Perjanjian Perdamaian dengan Dasar Kekeluargaan

Pada tahun 1482, Prabu Jayadewata dinobatkan sebagai penguasa Sunda-Galuh dan berkedudukan di Keraton Sanghyang Sri Ratu Dewata, Kedatuan Sri Bima Punta Narayana...

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Komentar terkini