Home Jejak Artefak Lokasi Harta Karun Jogonalan Bekas Pemukiman Pejabat Kerajaan

Lokasi Harta Karun Jogonalan Bekas Pemukiman Pejabat Kerajaan

Warga Desa Wonobyo, Kecamatan Jogonalan, Klaten dikagetkan dengan penemuan harta karun berupa perhiasan emas dan perak di wilayahnya pada akhir tahun 1990 silam. Kuat dugaan lokasi penemuan harta karun tersebut dulunya adalah pemukiman kerajaan.

Dugaan tersebut disampaikan Pamong Budaya Madya BPCB Jateng, Deny Wahju Hidajat. Dia menyebut kemungkinan besar lokasi itu dulunya merupakan permukiman pejabat.

“Iya permukiman kuno. Dimungkinkan juga permukiman pejabat kerajaan,” jelasnya seperti dikutip dari Detik.com, Selasa (28/7/2020).

Dugaan semakin kuat lantaran di lokasi penemuan harta karun itu terdapat batu bata dan blok batu kapur. Deny memperkirakan temuan itu berkaitan dengan situs candi di Desa Dompyongan, Klaten.

“Sebab di Dompyongan tahun 1996 informasinya ada temuan, tetapi dijual,” imbuh dia.

Hal senada disampaikan Kades Wonoboyo, Supardiyono. Dia menyebut jarak antara kedua desa berdekatan.

“Bisa jadi ada kaitannya. Sebab Dompyongan itu tetangga desa,” jelas Supardiyono.

Sementara itu, Kades Dompyongan, Kecamatan Jogonalan, Klaten, Sarono, membenarkan penemuan harta karun di sekitar wilayahnya.

“Menurut sesepuh, cuma ada temuan gelang sekitar tahun 1996. Ditemukan di tepi sungai di barat desa, di perbatasan,” katanya.

Adapun jenis harta karun yang ditemukan di Desa Wonoboyo hampir 30 tahun lalu terdiri dari dua jenis, yakni untuk alat upacara dan perhiasan. Berat harta karun itu sendiri disebut-sebut mencapai 27 kg.

sumber: detik.com | solopos.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Transformasi Layanan Psikologi Balanceway.id Di Tengah Pandemi COVID-19

Hampir mendekati 1 tahun kita berada di tengah pandemi Covid-19, hal ini memaksa semua bidang untuk beradaptasi dengan lebih cepat. Banyak kesulitan...

Klenteng Tjo Soe Kong Tanjung Kait: Kokoh diterjang Tsunami Letusan Krakatau Tahun 1883

Sekitar Agustus 1883, Hujan abu panas turun di Ketimbang atau saat ini dikenal dengan nama desa Banding, Rajabasa, Lampung. Kurang lebih 1000...

Rumah Multatuli: Cagar Budaya Terabaikan dari Sang Pemilik Tinta Emas

Berbagai situs bersejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah hingga masa kolonialisme, masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Namun sayang, ada beberapa...

Komentar terkini