Home Jejak Artefak Lokasi Harta Karun Jogonalan Bekas Pemukiman Pejabat Kerajaan

Lokasi Harta Karun Jogonalan Bekas Pemukiman Pejabat Kerajaan

Warga Desa Wonobyo, Kecamatan Jogonalan, Klaten dikagetkan dengan penemuan harta karun berupa perhiasan emas dan perak di wilayahnya pada akhir tahun 1990 silam. Kuat dugaan lokasi penemuan harta karun tersebut dulunya adalah pemukiman kerajaan.

Dugaan tersebut disampaikan Pamong Budaya Madya BPCB Jateng, Deny Wahju Hidajat. Dia menyebut kemungkinan besar lokasi itu dulunya merupakan permukiman pejabat.

“Iya permukiman kuno. Dimungkinkan juga permukiman pejabat kerajaan,” jelasnya seperti dikutip dari Detik.com, Selasa (28/7/2020).

Dugaan semakin kuat lantaran di lokasi penemuan harta karun itu terdapat batu bata dan blok batu kapur. Deny memperkirakan temuan itu berkaitan dengan situs candi di Desa Dompyongan, Klaten.

“Sebab di Dompyongan tahun 1996 informasinya ada temuan, tetapi dijual,” imbuh dia.

Hal senada disampaikan Kades Wonoboyo, Supardiyono. Dia menyebut jarak antara kedua desa berdekatan.

“Bisa jadi ada kaitannya. Sebab Dompyongan itu tetangga desa,” jelas Supardiyono.

Sementara itu, Kades Dompyongan, Kecamatan Jogonalan, Klaten, Sarono, membenarkan penemuan harta karun di sekitar wilayahnya.

“Menurut sesepuh, cuma ada temuan gelang sekitar tahun 1996. Ditemukan di tepi sungai di barat desa, di perbatasan,” katanya.

Adapun jenis harta karun yang ditemukan di Desa Wonoboyo hampir 30 tahun lalu terdiri dari dua jenis, yakni untuk alat upacara dan perhiasan. Berat harta karun itu sendiri disebut-sebut mencapai 27 kg.

sumber: detik.com | solopos.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Kerupuk Melarat, Camilan Renyah Digoreng Pakai Pasir

Santap siang selain pakai nasi panas dan sambal pedas, ada satu lagi yang tak boleh dilupakan, yaitu kerupuk. Kerupuk bagi banyak orang...

Smartphone Android Bakal Bisa Deteksi Gempa Bumi

Informasi yang simpang siur serta deteksi dini yang masih minim saat terjadi gempa bumi mendorong ahli untuk merancang deteksi gempa yang terhubung...

Kabar DKI Jakarta Zona Hitam Covid-19 Dipastikan Hoaks

Beredar foto peta sebaran kasus Covid-19 di DKI Jakarta lewat jejaring sosial Twitter, Rabu (12/8/2020). Dalam foto itu tertulis keterangan yang menyebut...

Bung Hatta Yakin Koperasi Penggerak Ekonomi Rakyat

Selain dikenal sebagai proklamator kemerdekaan Republik Indonesia, Mohammad Hatta atau akrab dipanggil Bung Hatta juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

Komentar terkini