Home Cerita Kota Misterius Nan Modern Itu Bernama Saranjana

Kota Misterius Nan Modern Itu Bernama Saranjana

Atlantis yang hilang diduga berada di Indonesia. Negeri yang disebut memeliki peradaban maju dan modern pada zamannya sering dikaitkan dengan Nusantara meski hingga sekarang masih menjadi misteri.

Misteri yang berkaitan dengan negeri atau kota juga ada di Kalimantan. Masyarakat Kalimantan Selatan khususnya, percaya ada sebuah kota gaib yang di dalamnya terdapat peradaban yang luar biasa maju dan modern. Kota tersebut bernama Saranjana.

Di desa Oka-oka, Kecamatan pulau Laut Kelautan, Kalimantan Selatan ada sebuah pulau berbukit yang dipercaya lokasi kota Saranjana. Pulau ini memiliki panorama yang indah dan mengaggumkan, nyatanya pulau ini malah terkenal dengan cerita mistisnya.

Menurut masyarakat sekitar, pulau ini konon dihuni oleh ribuan makhluk gaib. Para makhluk gaib tersebut kemudian membangun sebuah kota tak kasat mata yang bernama Saranjana. Mereka yang memiliki kekuatan supranatural atau orang yang memang dipilih kabarnya dapat melihat lebih dekat kota Saranjana.

Banyak wisatawan dari luar daerah mengaku melihat aktivitas manusia dari kejauhan. Tak Cuma itu, mereka juga dengan jelas melihat berbagai gedung bertingkat layaknya  di kota besar. Namun, setelah didekati, yang dilihat tadi dari kejauhan berubah menjadi hanya sebuah bukit berbatasan dengan laut.

Masyarakat setempat juga percaya jika penduduk kota Saranjan memiliki tampan yang  rupawan. Bahkan, kabarnya sesekali mereka berbaur dengan penduduk luar.

Pada tahun 1845, konon kota ghaib itu sempat ada dalam peta yang dibuat oleh naturalis asal Jerman, Salomon Muller.

Dalam petanya, Muller menuliskan dalam peta  Verhandelingen van het Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen dalam Reizen en onderzoekingen in den Indischen Archipe sebuah wilayah sebelah selatan pulau laut dengan nama Tandjong Sarandjana.

Meski telah ramai di media sosial maupun media mainstream, keberadaan kota dan penduduk Saranjana hingga kini masih misterius.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Banten : Tanah Para Ksatria

Mungkin kita sepakat bahwa saat ini Banten adalah tanahnya para jawara. Tidak terhitung sudah berapa jumlah pendekar yang dihasilkan daerah itu dari...

Penyamun Kidul, Si Pengacau Kompeni

Pasca merengkuh Tanah Priangan dari Mataram melalui serangkaian perjanjian di tahun 1677, Kompeni tidak langsung mengurus wilayah barunya itu. Di samping maskapai...

Pembagian Wilayah Cirebon Dari Masa Ke Masa

Sejak dirintis oleh Pangeran Walangsung a.k.a Pangeran Cakrabuana di era Pajajaran akhir, Cirebon telah mengalami perkembangan yang luar biasa. Pedukuhan kecil yang...

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Komentar terkini