Home Cerita Keris dari Tanah Jawa Ini Disebut Punya Kekuatan Magis

Keris dari Tanah Jawa Ini Disebut Punya Kekuatan Magis

Keris kini menjadi topik yang ramai dibicarakan di jejaring sosial Twitter. Keris sendiri merupakan senjata khas nusantara yang telah digunakan sejak berabad-abad lalu. Keris berbentuk belati dan memiliki bilah berbelok-belok.

Menurut UNESCO, bentuk keris, sebagaimana yang dikenal sekarang , telah muncul pada abad ke-10. Kemungkinan besar keris di masa lampau menyebar dari Pulau Jawa ke seluruh Asia Tenggara.

Keris terbaik di masa lampau dibuat di Pulau Jawa. Maka, tak heran ada sejumlah keris yang begitu melegenda di tanah Jawa, bahkan disebut-sebut memiliki kekuatan magis yang besar. Berikut sejumlah keris legendaris dari Jawa yang dikabarkan memiliki kekuatan tak kasat mata seperti dikutip dari malangtimes.com.

1.Keris keris Mpu Gandring
Keris Mpu Gandring begitu melegenda di tanah Jawa karena memiliki kesaktian mandraguna. Kemahsyuran keris buatan Mpu Gandring terdengar hingga ke telinga Ken Arok, pendiri kerajaan Tumapel atau dikenal juga Kerajaan Singasari.

Ken Arok membutuhkan keris untuk merebut Ken Dedes dari tangan Tunggul Ametung. Atas saran temannya, Ken Arok pergi ke tempat Mpu Gandring dan meminta dibuatkan keris. Mpu Gandring menyanggupi. Keris akan selesai dalam waktu satu tahun. Tak sabar, Ken Arok kemudian mengambil keris yang belum sempurna di bulan kelima. Kesal kerisnya belum jadi, Ken Arok lalu membunuh Mpu Gandring.

Sebelum kematiannya, Mpu Gandring mengutuk keris pesanan Ken Arok tersebut. Dalam kutukannya, Mpu Gandring menyebut keris itu akan mencelakan Ken Arok dan keturunannya.

2. Keris Kyai Sangkelat

Adipati Blambangan memerintahkan orang kepercayaannya untuk mencuri Keris Kyai Sangkelat yang terkenal kesaktiannya.

Diperintahkannya Mpu Supa Mendagri untuk membuat keris tiruan yang serupa dengan keris Kyai Sangkelat yang telah dicurinya. Seperti mendapatkan berkah dari Tuhan, Mpu Supa pun akhirnya membuat tiruan yang sama persis dengan keris itu dan menukarnya.

Setelah mendapatkan keris yang dimaksud, Mpu Supa pun meninggalkan Blambangan untuk menghadap kepada Raja Majapahit beberapa bulan setelahnya. Pusaka legendaris ini memiliki kekuatan yang sangat dahsyat dan bahkan mampu membendung segala macam penyakit yang dulu menyerang Kerajaan Majapahit

3.Keris Pusaka Setan Kober
Keris Pusaka Setan Kober merupakan pusaka yang dibuat oleh Mpu Supa Mandagri, salah satu putra Mpu yang terkenal dari Tuban.

Keris legendaris ini dipegang oleh Adipati Jipang Panolan yang sebelumnya merupakan keris milik Ja’far Shodiq atau Sunan Kudus. Saking kuatnya energi spiritual yang dimiliki, konon ketika bilah keris tersebut dicabut dari warangkanya akan menimbulkan efek getaran energi yang begitu hebat bagi orang-orang di sekitarnya.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa gaib keris tersebut dapat menimbulkan badai dan angin ribut yang sangat menakutkan.

Meski masih menjadi legenda soal kesaktian keris-keris di atas, namun satu hal yang pasti, keris merupakan benda pusaka yang tak bisa dilepaskan dari kejayaan kerajaan-kerajaan nusantara kuno. Tak hanya sebatas sebagai senjata, keris menjadi lambang sosial dan kedigdayaan pemiliknya.

Menggunakan keris untuk hal-hal yang jahat tentunya akan mendatangkan musibah bagi pemiliknya. Keris harus dijaga dan dirawat sebaik mungkin, bukan hanya agar tak mendatangkan musibah juga sebagai warisan budaya kepada anak cucu kelak.

sumber: malangtimes.com | indonesia.go.id | Wikipedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Transformasi Layanan Psikologi Balanceway.id Di Tengah Pandemi COVID-19

Hampir mendekati 1 tahun kita berada di tengah pandemi Covid-19, hal ini memaksa semua bidang untuk beradaptasi dengan lebih cepat. Banyak kesulitan...

Klenteng Tjo Soe Kong Tanjung Kait: Kokoh diterjang Tsunami Letusan Krakatau Tahun 1883

Sekitar Agustus 1883, Hujan abu panas turun di Ketimbang atau saat ini dikenal dengan nama desa Banding, Rajabasa, Lampung. Kurang lebih 1000...

Rumah Multatuli: Cagar Budaya Terabaikan dari Sang Pemilik Tinta Emas

Berbagai situs bersejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah hingga masa kolonialisme, masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Namun sayang, ada beberapa...

Komentar terkini