28.4 C
Indonesia
Wednesday, October 20, 2021

TAPAK.id

spot_img

Keren! Ada Kebun Lambang Perdamaian di Bogor

Aksi masyarakat Kelurahan Tegal Lega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor patut di apresiasi.

Pasalnya, masyarakat yang di dominasi anak muda itu memanfaatkan lahan seluas 250 meter persegi untu perkebunan tananam sayur berbentuk lambang perdamaian (peace).

Koordinator Program, Gema Satria mengatakan, inovasi yang di buat oleh masyarakat ini sebagai upaya mempersiapkan ketahanan pangan dan siaga di tengah pandemi Covid-19. Dalam program tersebut ia namakan BORAC atau Bogor Rise Against Corona.

Dia menjelaskan, perkebunan yang dibentuk lambang Peace itu memiliki histori dan filosofi, di mana didalamnya ada sebuah lingkaran huruf ND. Huruf tersebut sebagai simbol Campaign for Nuclear Disarmament (CND) atau Kampanye untuk Pelucutan Senjata Nuklir (CND). Logo ini, dirancang dari kode angkatan laut.

“Kode untuk ND yang berarti Nuclear Disarmament. Tapi ND disini kita maknai ‘Nanem Deui’ atau menanam kembali. Sedangkan lingkaran yang mengelilingi N dan D bermakna TOTAL. Di samping lambang Peace kita buat juga tulisan HOPE (harapan) yang didalamnya kita isi juga dengan tanaman,” katanya, Sabtu (18/7/2020).

Perkebunan yang dibuatnya itu, lanjut dia, dibuat pada bulan Maret 2020 lalu saat maraknya penyebaran pandemi Covid-19. Balai bibit ini, dikelola oleh sekitar 30 anak muda lintas komunitas yang ada di Bogor.

“Agar tidak dianggap hanya eksis di momen Corona ini, maka pada bulan Mei dari nama BORAC19 kita ganti menjadi Bogor Respond Antisipation Crisis bukan lagi Bogor Rise Against Corona. Karena kita ingin usaha ini berkelanjutan terus meskipun bencana wabah Corona sudah selesai,” ujarnya.

Di kebun ini terdapat cabe rawit, kangkung, caisin, pakcoy, terong ijo, terong ungu, bayam merah, bayam hijau, sawi, seledri, buncis, kacang panjang, dan tomat ceri.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

20,753FansSuka
2,988PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles