Home Lifestyle Kuliner Katupek Langkok, Sajian Ketupat Kuah Bumbu Khas Solok

Katupek Langkok, Sajian Ketupat Kuah Bumbu Khas Solok

Sumatera Barat seperti dan kuliner sepertinya tidak dapat dipisahkan. Hampir di setiap kota atau kabupaten di Sumatera Barat memiliki kuliner tradisional yang khas dan sudah pasti lezat.

Setelah sebelumnya Tapak.id menghadirkan artikel tentang Gulai Cubadak, kini Tapak.id kembali mengulas mengenai kuliner khas Minang. Namanya katupek langkok.

Katupek langkok merupakan kuliner khas Minang yang dapat ditemukan di Solok. Nagari Guguk dan Talang dikenal sebagai penghasil katupek lengkok paling terkenal.

Katupek lengkok sendiri terdiri dari ketupat sebagai bahan utama. Ketupat di katupek langkok yang ditemukan di Solok teksturnya lembut. Hal ini dapat dimaklumi karena Solok merupakan penghasil beras terbaik di Sumatera Barat. Makanya, terkenal dengan istilah bareh Solok .

Dalam bahasa Minang, katupek langkok artinya ketupat lengkap. Ya karena selain ketupat sebagai bahan utama, pelengkap lain dari katupek langkok tergolong komplit. Ada mie kuning, tauge, dan kol.

Bahan-bahan tersebut lalu diguyur kuah gulai yang dicampur kuah kacang dan sate. Rasanya sedikit pedas cocok sebagai pilihan makan siang.

Semakin nikmat dengan toping kerupuk merah yang terbuat dari tepung kanji. Katupek langkok biasa ditemukan di pasar-pasar di wilayah Solok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Sejarah Pendidikan Perempuan di Siak Sri Indrapura

Sejak dahulu pendidikan merupakan hal yang sangat diperlukan bagi seluruh perempuan agar menjadi sosok individu yang cerdas, kreatif, berpengetahuan luas, dan inovatif....

Perwalian Kekuasaan Putra Wiralodra

F. C. Hasselaer adalah salah seorang pejabat VOC yang selanjutnya berposisi sebagai Residen Cirebon. Dalam memorinya yang berangka tahun 1765, pejabat yang...

Banten : Tanah Para Ksatria

Mungkin kita sepakat bahwa saat ini Banten adalah tanahnya para jawara. Tidak terhitung sudah berapa jumlah pendekar yang dihasilkan daerah itu dari...

Komentar terkini