23.4 C
Indonesia
Monday, October 18, 2021

27 Queen Street, Atlanta

spot_img

Katupek Langkok, Sajian Ketupat Kuah Bumbu Khas Solok

Sumatera Barat seperti dan kuliner sepertinya tidak dapat dipisahkan. Hampir di setiap kota atau kabupaten di Sumatera Barat memiliki kuliner tradisional yang khas dan sudah pasti lezat.

Setelah sebelumnya Tapak.id menghadirkan artikel tentang Gulai Cubadak, kini Tapak.id kembali mengulas mengenai kuliner khas Minang. Namanya katupek langkok.

Katupek langkok merupakan kuliner khas Minang yang dapat ditemukan di Solok. Nagari Guguk dan Talang dikenal sebagai penghasil katupek lengkok paling terkenal.

Katupek lengkok sendiri terdiri dari ketupat sebagai bahan utama. Ketupat di katupek langkok yang ditemukan di Solok teksturnya lembut. Hal ini dapat dimaklumi karena Solok merupakan penghasil beras terbaik di Sumatera Barat. Makanya, terkenal dengan istilah bareh Solok .

Dalam bahasa Minang, katupek langkok artinya ketupat lengkap. Ya karena selain ketupat sebagai bahan utama, pelengkap lain dari katupek langkok tergolong komplit. Ada mie kuning, tauge, dan kol.

Bahan-bahan tersebut lalu diguyur kuah gulai yang dicampur kuah kacang dan sate. Rasanya sedikit pedas cocok sebagai pilihan makan siang.

Semakin nikmat dengan toping kerupuk merah yang terbuat dari tepung kanji. Katupek langkok biasa ditemukan di pasar-pasar di wilayah Solok.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

20,753FansSuka
2,987PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles