Home Lifestyle Kuliner Katupek Langkok, Sajian Ketupat Kuah Bumbu Khas Solok

Katupek Langkok, Sajian Ketupat Kuah Bumbu Khas Solok

Sumatera Barat seperti dan kuliner sepertinya tidak dapat dipisahkan. Hampir di setiap kota atau kabupaten di Sumatera Barat memiliki kuliner tradisional yang khas dan sudah pasti lezat.

Setelah sebelumnya Tapak.id menghadirkan artikel tentang Gulai Cubadak, kini Tapak.id kembali mengulas mengenai kuliner khas Minang. Namanya katupek langkok.

Katupek langkok merupakan kuliner khas Minang yang dapat ditemukan di Solok. Nagari Guguk dan Talang dikenal sebagai penghasil katupek lengkok paling terkenal.

Katupek lengkok sendiri terdiri dari ketupat sebagai bahan utama. Ketupat di katupek langkok yang ditemukan di Solok teksturnya lembut. Hal ini dapat dimaklumi karena Solok merupakan penghasil beras terbaik di Sumatera Barat. Makanya, terkenal dengan istilah bareh Solok .

Dalam bahasa Minang, katupek langkok artinya ketupat lengkap. Ya karena selain ketupat sebagai bahan utama, pelengkap lain dari katupek langkok tergolong komplit. Ada mie kuning, tauge, dan kol.

Bahan-bahan tersebut lalu diguyur kuah gulai yang dicampur kuah kacang dan sate. Rasanya sedikit pedas cocok sebagai pilihan makan siang.

Semakin nikmat dengan toping kerupuk merah yang terbuat dari tepung kanji. Katupek langkok biasa ditemukan di pasar-pasar di wilayah Solok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Lorong Kuno di Bekasi Tempat Pembantaian Tentara Jepang? Ini Kata Sejarawan

Soal lorong kuno yang ditemukan di bawah stasiun Bekasi disebut sebagai bekas tempat pembantaian tentara Jepang, sejarawan asal Bekasi Ali Anwar memberi...

Relief Candi Borobudur Ungkap Puluhan Tanaman Jawa Kuno

Puluhan spesies tumbuhan era Jawa kuno terungkap melalui identifikasi relief kisah Lalitavistara di Candi Borobudur. Identifikasi itu dilakukan Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan...

Kerupuk Melarat, Camilan Renyah Digoreng Pakai Pasir

Santap siang selain pakai nasi panas dan sambal pedas, ada satu lagi yang tak boleh dilupakan, yaitu kerupuk. Kerupuk bagi banyak orang...

Smartphone Android Bakal Bisa Deteksi Gempa Bumi

Informasi yang simpang siur serta deteksi dini yang masih minim saat terjadi gempa bumi mendorong ahli untuk merancang deteksi gempa yang terhubung...

Komentar terkini