Home Lifestyle Kabar Gembira! Bioskop Buka Lagi Tanggal 29 Juli

Kabar Gembira! Bioskop Buka Lagi Tanggal 29 Juli

Kerinduan masyarakat untuk nonton di bioskop bareng keluarga dan orang tersayang sebentar lagi akan terobati. Jaringan bioskop di seluruh Indonesia bakal beroperasi kembali mulai 29 Juli 2020, meski angka kasus positif Covid-19 di tanah air masih tinggi.

Bakal beroperasinya kembali bioskop di Indonesia disampaikan Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin.

Djonny menyebut beroperasinya kembali bioskop telah didiskusikan dan merupakan kesepakatan bersama.

“Para pelaku industri bioskop telah berdiskusi dan bersepakat untuk kembali melakukan kegiatan operasional terhitung mulai Rabu 29 Juli 2020, serentak di seluruh Indonesia,” ujar Djonny melalui keterangan resmi yang diterima pada Rabu (8/7/2020) seperti dikutip JPNN.com.

Pembukaan kembali bioskop di masa pandemi berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Selain itu landasan lainnnya adalah Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 02/KB/2020 tentang Panduan Teknis Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Bidang Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif dalam Masa Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat COVID-19.

Terkait keamanan dan kenyamanan di bioskop, pemerintah menyiapkan protokol kesehatan bagi pengunjung dan karyawan bioskop. Pengelola bioskop diberi waktu dua hingga tiga minggu untuk menyusun protokol kesehatan selama di bioskop. Persiapan tersebut antara lain berupa materi komunikasi dan sosialisasi penerapan protokol kenormalan baru di lingkungan bioskop, proses edukasi dan pelatihan internal terkait penerapan protokol kenormalan baru di lingkungan bioskop kepada seluruh karyawan yang akan bertugas.

Dikutip dari Kompas.com, pengelola bioskop Cinema XXI misalnya yang mengukur suhu tubuh pengunjung sebelum masuk area bioskop. Pengunjung juga diminta untuk memakai masker selama di area bioskop.

Untuk mencegah penyebaran virus corona, Cinema XXI juga menyiapkan hand sanitizer di sejumlah titik. Pengunjung dan petugas diminta untuk rajin mencuci tangan. Saat akan menonton film, pengunjung diwajibkan mengikuti aturan pyshical distancing dengan duduk di kursi yang telah diberi jarak 1 meter.

Terkait pembelian tiket, pihak bioskop juga meminta calon penonton untuk memanfaatkan pembayaran digital atau e-wallet. Hal ini guna meminimalisir sentuhan fisik pengunjung dengan petugas.

Sama seperti Cinema XXI, jaringan bioskop CGV juga menerapkan pembayaran digital serta protokol kesehatan seperti pemeriksaan suhu tubuh dan batas antar antar kursi penonton. Jumlah penonton tiap satu studio juga akan dibatasi .

“Sudah pasti jumlah penonton nantinya tidak akan 100 persen kapasitas auditorium kami,” ujar Public Relation CGV, Hariman Chalid beberapa waktu lalu seperti dikutip dari Kompas.com.

Meski tengah bersiap beroperasi kembali, pengunjung tetap harus meningkatkan kewaspadaan dan mengikuti protokol kesehatan sebaik mungkin sebab berdasarkan rilis yang dikeluarkan Texas Medical Association, bioskop berada dalam kategori high risk atau beresiko tinggi terpapar Covid-19 di tempat umum. Sementara itu, hingga 8 Juli 2020, jumlahpositif Covid-19 di Indonesia mencapai 68.079.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Transformasi Layanan Psikologi Balanceway.id Di Tengah Pandemi COVID-19

Hampir mendekati 1 tahun kita berada di tengah pandemi Covid-19, hal ini memaksa semua bidang untuk beradaptasi dengan lebih cepat. Banyak kesulitan...

Klenteng Tjo Soe Kong Tanjung Kait: Kokoh diterjang Tsunami Letusan Krakatau Tahun 1883

Sekitar Agustus 1883, Hujan abu panas turun di Ketimbang atau saat ini dikenal dengan nama desa Banding, Rajabasa, Lampung. Kurang lebih 1000...

Rumah Multatuli: Cagar Budaya Terabaikan dari Sang Pemilik Tinta Emas

Berbagai situs bersejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah hingga masa kolonialisme, masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Namun sayang, ada beberapa...

Komentar terkini