Home Lifestyle Jenuh di Rumah Aja? Yuk Baca Novel Digital

Jenuh di Rumah Aja? Yuk Baca Novel Digital

Berbulan-bulan di rumah aja pasti capek, jenuh, bosen, dan mati gaya. Eits! Tapi kamu jangan menyerah. Tetap di rumah aja supaya pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Untuk mengusir kejenuhan ada baiknya isi waktu luang dengan membaca buku.

Tapi kan sekarang lagi PSBB, toko buku banyak yang belum buka?

Tenang kalau kamu bingung karena toku buku yang biasa kamu datangi masih tutup dan ngerasa jenuh di rumah aja, yuk baca novel digital!

Di zaman serba cangghi seperti sekarang baca buku apalagi novel bisa kapan aja dan di mana aja. Termasuk sambil rebahan di rumah. Cukup buka Play Store, kamu bisa menemukan banyak aplikasi baca novel dari dengan ratusan judul dan harga yang bersahabat di kantong. Mantap kan?

Dari sekian banyak aplikasi, Ada dua aplikasi dari peneribit novel digital yang menurut tim Tapak.id recommended banget. Pertama ada, Cabaca. Aplikasi baca buku digital ini punya ratusan novel keren dengan berbagai genre. Mulai dari Horor sampai komedi ada.

Kepada Tapak.id, Project Manager Cabaca, Fatimah Azzahra mengungkapkan jika cabaca adalah platform digital untuk membaca novel dari berbagai genre yang bisa dibaca gratis di tiga bab pertamanya. Sebagai bahan pembayaran untuk membaca bab yang berbayar, Cabaca menggunakan ‘mata uang’ yang bernama Kerang.

“Kalau mau baca kelanjutannya bisa pakai Kerang. Cara untuk dapetin Kerang bisa dengan transaksi lewat pulsa atau ngumpulin dari baca dan komentar di novel-novel yang ada,” ujar wanita lulusan salah satu universitas di Yogyakarta ini.

Untuk menarik minat generasi milenial, Cabaca kerap mengadakan kontes menulis dengan hadiah yang menggiurkan. Hingga saat ini, Fatimah menyebut Cabaca sudah memili lebih dari 200 penulis dari segala usia dengan beragam genre tulisan.

Fatimah juga menyebut pembaca tidak usah khawatir menunggu lama sebab setiap pekan bab setiap buku akan selalu di-update. Selain melalui aplikasi, ratusan novel di Cabaca juga dapat dinikmati melalui laman cabaca.id.

Aplikasi baca novel lainnya yang bisa bikin di rumah aja jadi gak jenuh adalah Storial.co. Berdasarkan deskripsi di situs resminya, Storial.co adalah platform untuk membaca novel online dan mengunggah cerita di mana saja dan kapan saja.

Sama seperti aplikasi baca novel digital lainnya, Di Storial.co juga buku-bukunya dapat dibaca dengan gratis maupun berbayar. Jika Cabaca menggunakan Kerang, Storial.co menggunakan ‘mata uang’ yang namanya storial coin.

“Ada yang gratis, ada yang berbayar. Berbayar hanya cerita premium, gratis beberapa bab. Biasanya sih sampai bab 15. Bab selanjutnya sampai tamat berbayar 10-30 storial coin,” sebut editor Storial.co, Yuke Ratna kepada Tapak.id.

Saat ini kata Yuke, Storial.co punya ratusan novel yang dapat dibaca dengan berbagai genre. Mulai dari science fiction (sci-fi) hingga romance.

Banyak manfaat dari membaca buku. Selain menambah wawasan dan tentunya mengusir jenuh saat di rumah aja, membaca buku bisa bikin sehat juga panjang umur

Dikutip dari laman Merdeka.com, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Social Science & Medicine menyebut membaca buku selama 30 menit sehari dapat meningkatkan harapan hidup seseorang lho!

Survei yang dilakukan pada responden berusia 17-50 ini juga mengungkapkan jika mereka yang membaca buku selama 3 hingga 3,5 jam per minggu dapat menurunkan kemungkinan kematian hingga 17%. Semakin banyak membaca buku dalam waktu yang lebih lama bahkan menurunkan potensi kematian hingga 23%!

Kalau mau gak mati gaya dan panjang umur, yuk mulai baca!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Lagi, Gempa Bumi Guncang Bayah Banten

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi mengguncang Bayah, Banten, Kamis (6/8/2020). Gempa bermagnitudo 3,3 terjadi pukul 14.40 WIB

Kue Geplak, Kuliner Betawi yang Kalah Tenar dari Kerak Telor

Apa yang terlintas saat mendengar kuliner Betawi? Yang ada di kepala kita pasti makanan tradisional seperti kerak telor dan bir pletok. Tapi...

17 Agustus, Masyarakat Indonesia Diminta Sikap Sempurna dan Berdiri Tegak

Tanggal 17 Agustus diperingati sebagai hari kemerdekaan Republik Indonesia. Tahun ini bangsa Indonesia akan merayakan 75 tahun merdekanya Indonesia.

Jejak Peradaban Megalitikum Tertua Indonesia di Lembah Bada

Berdasarkan catatan Pusat Arkeologi Nasional, terdapat 42 situs megalitik di Sulawesi Tengah. Yang paling terkenal dan menyita perhatian publik adalah situs zaman...

Komentar terkini