22.4 C
Indonesia
Thursday, May 26, 2022
spot_img

Jenis Kopi Asli Indonesia Yang Mendunia

Dikenal sebagai produsen kopi terbesar keempat di dunia atau tepatnya setelah negara Brazil, Vietnam, dan Kolombia, Indonesia berhasil membuat beragam jenis kopi yang dimilikinya banyak digemari oleh para penikmat kopi dari berbagai belahan dunia. Bahkan, melansir dari salah satu sumber, Indonesia sendiri juga merupakan supplier kopi untuk beberapa negara yang diantaranya adalah Amerika Serikat, Jerman, Malaysia, hingga Italia.

Mungkin dari kalian banyak yang bertanya-tanya, kira-kira apa yang membuat kopi asli Indonesia bisa begitu digemari hingga mendunia? Jawabannya cukup sederhana, yaitu tentu bukan hanya karena cita rasa yang dimilikinya, tetapi keistimewaan yang ditawarkan dari sekian banyak jenis kopi asli Indonesia, juga membuatnya sulit untuk ditemukan di berbagai negara lainnya.

Berikut ini adalah deretan jenis kopi asli Indonesia yang mendunia. Kalau menurut sobat tapak, kira-kira mana jenis kopi yang merupakan favorit kalian?

6 Jenis Kopi Asli Indonesia Yang Mendunia

●  Kopi Arabika Aceh Gayo

Seperti namanya, kopi ini adalah jenis kopi Arabika yang memang di panen langsung di wilayah Gayo, provinsi Aceh atau yang lebih tepatnya di Kabupaten Aceh Tengah.

Karena dikenal dengan aromanya yang memikat dan cita rasanya yang nggak terlalu pahit, membuat kopi arabika Aceh Gayo ini banyak digemari oleh para pecinta kopi. Tahukah kalian, sekitar 40% dari produksi kopi Arabika Indonesia ternyata berasal dari jenis kopi satu ini lho, keren kan?

● Kopi Arabika Mandailing

Jenis kopi Indonesia yang satu ini adalah hasil dari Suku Mandailing yang berada di wilayah Pulau Sumatra. Kopi ini juga bisa dikatakan cukup spesial dan terkenal hingga mendunia dengan nama Sumatra Mandheling coffee.

Kopi Arabika Mandailing dikenal sebagai jenis kopi yang memiliki karakteristik khas, sensasi yang smooth, cita rasa yang kompleks, dan juga nyaman di perut. Jadi, aman deh buat kamu yang pecinta kopi tapi memiliki pencernaan agak sedikit sensitif.

Selain itu, kopi ini juga begitu unik. Karena, saat diminum kopi Arabika Mandailing akan memberikan sensasi aroma herbal yang eksotis serta menghasilkan rasa yang bervariasi, seperti misalnya rasa coklat maupun rempah-rempah.

● Kopi Robusta Lampung

Kalau tadi kita sudah membahas tentang jenis kopi arabika, untuk kali ini kita akan membahas mengenai kopi robusta ya sobat tapak.

Jenis kopi ini berasal dari wilayah yang ada di Provinsi Lampung. Kalian yang berasal dari Lampung pasti sudah pada hafal banget nih sama varian kopi yang satu ini.

Sama seperti kopi robusta lainnya, jenis kopi robusta Lampung juga memiliki karakteristik yang kuat dan sangat mudah untuk dirawat. Meski, di provinsi Lampung memiliki kisaran suhu antara 24–30° Celsius serta dataran yang strategis, jenis kopi ini justru dapat tumbuh dengan subur dan bisa memproduksi biji kopi dalam jumlah yang banyak.

Nggak hanya itu saja, provinsi Lampung bahkan berhasil menempati posisi kedua sebagai produsen kopi di seluruh Indonesia, dan tepat pada 2018 provinsi Lampung juga sukses menghasilkan sekitar 106 juta ton kopi Robusta. Keren banget kan!

● Kopi Liberika Riau

Kalian yang hobi minum kopi nggak boleh mengaku sebagai pecinta kopi kalau belum tahu jenis kopi khas Indonesia yang satu ini.

Yups, apalagi kalau bukan jenis kopi Liberika.

Kopi yang diproduksi tepat di wilayah Rangsang, Kepulauan Meranti, Provinsi Riau ini juga termasuk ke dalam salah satu jenis kopi yang cukup langka di dunia lho.

Selain itu, kopi Liberika Riau juga terbilang unik. Karena, meski memiliki aroma seperti coklat, namun ketika diminum kopi ini justru akan memberikan sensasi rasa yang berbeda dari kopi pada umumnya, yaitu cita rasa yang mirip dengan buah nangka. Menarik banget kan?

● Kopi Arabika Kintamani Bali

Setelah tadi kita membahas beberapa jenis kopi yang berasal dari pulau Sumatera, kali ini kita akan beralih ke wilayah tengah Indonesia atau lebih tepatnya pulau Bali. Disini juga terdapat jenis kopi Arabika yang nggak kalah terkenal seperti jenis kopi lainnya. Apalagi kalau bukan kopi Arabika Kintamani Bali. Dikenal sebagai jenis kopi yang eksotis, kopi Arabika Kintamani Bali memiliki karakteristik rasa yang unik dan khas, yaitu adanya perpaduan antara rasa pahit dengan sensasi citrus yang nikmat. Ditambah lagi, setelah diminum kopi ini juga akan memberikan sensasi rasa manis yang memanjakan lidah lho.

Sobat tapak kira-kira penasaran nggak dengan cita rasa dari Kopi Arabika Kintamani Bali?

● Kopi Toraja

Kopi Toraja merupakan salah satu varian kopi terpopuler yang memiliki kualitas terbaik di Indonesia. Kopi yang berasal dari tanah Toraja, Sulawesi Selatan ini memiliki rasa dan karakter yang begitu khas serta unik. Memiliki nama latin Celeber Kalosi, kopi Toraja juga termasuk salah satu jenis kopi asli Indonesia yang mendunia.

Cita rasa nikmat yang khas dari kopi Toraja, diperoleh karena kopi ini ditanam di area pegunungan dengan ketinggian mencapai 1400-2100 mdpl, atau lebih tepatnya di Pegunungan Sasean. Di tanam di kawasan tanah vulkanik yang sekaligus berdampingan dengan aneka tanaman rempah, bukan suatu yang mengherankan jika kopi Toraja memiliki aroma serta rasa yang wangi dan juga khas.

Jenis kopi ini juga memiliki rasa yang nggak terlalu pahit. Bahkan, tingkat keasaman dari kopi Toraja juga cukup rendah, sehingga berhasil menjadi idola untuk mereka yang menyukai kopi, tapi memiliki sedikit masalah lambung.

Itulah 6 jenis kopi asli Indonesia yang berhasil mendunia hingga menembus pasar internasional. Kalau dari ke 6 jenis kopi tadi, kira-kira mana nih kopi asli Indonesia yang menjadi favoritnya sobat tapak?

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

20,753FansSuka
3,333PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles