Home Lifestyle Traveler Ingin Mengunjungi Kampung Baduy? Kenali Aturan Adatnya

Ingin Mengunjungi Kampung Baduy? Kenali Aturan Adatnya

Salah satu suku di Indonesia yang dikenal sangat kental dengan adat istiadatnya ini berada di Provinsi Banten. Suku ini, sangat menjunjung tinggi adat istiadatnya sebagai bentuk penghargaan terhadap alam. Yup! Namanya Suku Baduy, Suku Baduy terdiri dari Baduy Luar dan Baduy Dalam.

Masyarakat Baduy Dalam memiliki perilaku yang lebih teguh saat menjalankan adatnya, sedangkan masyarkat Baduy Luar sudah mulai terpengaruh budaya luar sehingga mengalami perubahan dalam menajalankan adat istiadatnya. Kampung Baduy sejak tahun 1990 telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah Lebak.

Ketaatan masyarakat Baduy terhadap peraturan adat mampu menciptakan daerah yang asri dan alami, daerah yang belum terjamah oleh pembangunan dan tekonologi sehingga kita benar – benar merasakan kesegaran alam yang luar biasa jika berkunjung kesana.

Tertarik untuk mengunjungi kampung Baduy? diharapkan pengunjung dapat menaati adat yang berlaku. Mengapa? percaya atau tidak pelanggaran aturan di Kampung Baduy dapat membuatmu mengalami hal buruk. Yuk kita simak apa saja aturannya.

Diwajibkan Menjaga Kebersihan

Hal pertama yang harus dilakukan oleh para pengunjung saat tiba di Kampung Baduy yaitu diwajibkan untuk menjaga kebersihan. Pastinya, kita dilarang untuk membuang sampah sembarangan, bahkan kita juga tidak boleh membawa makanan dari luar ke dalam lingkungan Baduy.

Bersikap Sopan dan Santun

Berikutnya, aturan  yang harus ditaati saat berada di kampung Baduy yaitu bersikap sopan dan santun dalam segala hal termasuk perkataan. Oleh karena itu, saat kita berada di lingkungan Baduy janganlah mengeluarkan ucapan atau kata-kata yang tidak sopan.

Tidak Melakukan Tindakan Asusila

Saat berada di daerah suku Baduy sebaiknya kita juga tidak melakukan tindakan asusila yang melanggar peraturan sekitar. Melakukan perbuatan yang melanggar norma akan mendapatkan hukuman adat.

Tidak Membawa Makanan Dengan Unsur Kertas Dan Plastik

Sebagai pendatang kita tidak diperbolehkan untuk membawa makanan yang terbuat dari bungkus plastik dan kertas. Mengapa? tentunya hal tersebut akan mengotori alamnya karena plastik sangat sulit terurai oleh alam.

Tidak Boleh Mencabut Tanaman

Aturan berikutnya kita dilarang mencabut tanaman, Jika mencabut atau merusak tanaman di sekitar lingkungan Baduy maka akan terkena hukum adat.

Tidak Boleh Membawa Benda Elektronik

Sebagai  kampung yang menjunjung tinggi adat istiadatnya, masyarakatnya dilarang untuk mengikuti perkembangan zaman melalui teknologi yang ada. Salah satu larangannya yaitu tidak boleh menggunakan benda elektronik. Tak hanya masyarakat setempat, pelancong yang berkunjung ke wilayah Suku Baduy pun dilarang membawa benda elektronik

Masyarakat Baduy memang memiliki adat istiadat yang sangat lekat, sebagai pelancong wajib untuk menaatinya. Hal tersebut sebagai bentuk menghargai alam dan masyarakat Baduy yang sampai saat ini mampu menjaga alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Banten : Tanah Para Ksatria

Mungkin kita sepakat bahwa saat ini Banten adalah tanahnya para jawara. Tidak terhitung sudah berapa jumlah pendekar yang dihasilkan daerah itu dari...

Penyamun Kidul, Si Pengacau Kompeni

Pasca merengkuh Tanah Priangan dari Mataram melalui serangkaian perjanjian di tahun 1677, Kompeni tidak langsung mengurus wilayah barunya itu. Di samping maskapai...

Pembagian Wilayah Cirebon Dari Masa Ke Masa

Sejak dirintis oleh Pangeran Walangsung a.k.a Pangeran Cakrabuana di era Pajajaran akhir, Cirebon telah mengalami perkembangan yang luar biasa. Pedukuhan kecil yang...

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Komentar terkini