Home Lifestyle Traveler Ingin Belajar Soal Masyarakat Sunda di Masa Lampau? Yuk, ke Museum Sri...

Ingin Belajar Soal Masyarakat Sunda di Masa Lampau? Yuk, ke Museum Sri Baduga

Jawab Barat adalah salah satu wilayah di Indonesia yang kaya akan cerita sejarah. Kisah-kisah yang ada juga sangat beragam, mulai dari sejarah tempat hingga sejarah kebudayaan.

Bagi kamu yang senang mengunjungi destinasi wisata sejarah, museum pasti merupakan salah satu teman yang paling kamu senangi. Di Jawa Barat, tepatnya Kota Bandung ada museum yang wajib kamu kunjungi, lho!

Museum tersebut adalah Museum Sri Baduga. Bangunannya mirip seperti bangunan khas Jawa Barat, yakni mirip rumah panggung dengan suhunan tinggi. Di sini terdapat hingga 5367 koleksi museum.

Yuk, simak artikel di bawah untuk tahu informasi lebih detail tentang Museum Sri Baduga!

Sejarah Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga sudah berdiri sejak 1974. Awalnya bangunan ini difungsikan sebagai kantor kecamatan. Pada 1980, museum ini diresmikan oleh Daoed Yusuf, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada masa itu, dengan nama Museum Negeri Provinsi Jawa Barat.

Sepuluh tahun setelah peresmian museum, namanya diganti menjadi Museum Negeri Provinsi Jawa Barat Sri Baduga. Penamaan ini disesuaikan dengan apa yang tertulis Prasasti Batutulis.

Dalam prasati yang ditemukan, tertulis nama Sri Baduga. Ia merupakan seorang raja Sunda  yang memimpin Pakuan Pajajaran, ibukota Kerjaan Sunda Galuh, dari tahun 1482 hingga  1521. Wilayah kerajaan ini melibuti wilayah Jawa Barat sekarang.

Koleksi Museum Sri Baduga

Jika kamu ingin belajar tentang masyarakat Sunda dan budayanya, tempat yang paling tepat untuk kamu kunjungi adalah Museum Sri Baduga. Museum ini dibangun dengan tiga lantai. Setiap lantai memiliki cerita sendiri.

Di lantai 1, kamu bisa menemukan benda-benda yang berkaitan dengan alam dan budaya di Jawa Barat pada masa lampau. Benda-benda tersebut merupakan peninggalan dari masa prasejarah hingga masa masuknya agama Hindu dan Budha ke Indonesia.

Salah satu benda unik yang dapat kamu temui adalah sebuah kereta kuda yang mirip seperti Lembuswana, hewan mitologi tunggangan Bathara Guru. Selain itu, di lantai 1, kamu juga dapat menemukan fosil manusia di zaman prasejarah.

Di lantai 2, kamu akan memperoleh pengetahuan yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat Sunda di zaman dulu, terutama yang berkaitan dengan budaya. Koleksi benda-benda sejarah sangat banyak ditemukan di lantai ini, mulai dari alat-alat yang digunakan masyarakat untuk bertani, alat dapur, bahkan alat tukar. Peninggalan-peninggalan tersebut didapat dari masa-masa Islam pertama kali datang ke Indonesia hingga zaman kolonial.

Bukan hanya koleksi-koleksi peninggalan sejarah, di sini kamu juga dapat melihat ragam busana-busana masyarakat Sunda, seperti busana pengantin hingga busana juragan dan tuan tanah di masa kolonialisme.

Tentu saja, seperti museum-museum pada umumnya, di sini kamu dapat menemukan naskah-naskah kuno yang berkaitan dengan Jawa Barat dan masyarakat Sunda.

Di lantai teratas, lantai 3, kamu akan menemukan benda-benda yang berkaitan dengan mata pencaharian, industri, hingga perjuangan masyarakat Sunda mencapai kemerdekaan.  Bahkan di sini banyak koleksi alat permainan tradisional anak-anak Sunda yang dulu sering digunakan.

Jalan-jalan ke Museum Sri Baduga

Kamu tidak akan dirugikan jika ingin berkunjung ke Museum Sri Baduga. Letaknya berada di Jl BKR No.185, Kota Bandung, Jawa Barat. Museum ini berdekatan dengan destinasi sejarah lain seperti Monumen Bandung Lautan Api dan dan Taman Tegalega. Waktu operasional museum ini adalah Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 08.00-12.00 WIB.

Jika kamu berkunjung ke Museum Sri Baduga, kamu tidak perlu merogoh kocek yang banyak. Hanya perlu Rp3000 dan kamu sudah bisa masuk ke museum ditemani dengan seorang pemandu.

Pemandu tersebut akan menemanimu berjalan dari lantai 1, 2 hingga lantai 3, sembari menjelaskan satu per satu tentang koleksi-koleksi yang ada di tiap lantai.  Dari lantai 3, pemandu akan mengajakmu kembali ke lantai 1 dan menjelaskan tentang sejarah berdirinya Museum Sri Baduga.

Nah, bagi kamu yang senang dengan destinasi sejarah, tunggu apa lagi? Yuk, berkunjung ke Museum Sri Baduga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Carok, Tradisi Duel Sengit dari Madura

Indonesia dikenal sebagai negara multikultural. Negara ini terdiri dari beragam suku bangsa yang masing-masing memiliki kebudayaan yang khas...

Tradisi Unik pada Pernikahan Suku Tidung: Pengantin Dilarang Buang Air Besar

Berbicara tentang suku, budaya, dan tradisi, Indonesia merupakan sebuah wilayah yang sangat kaya akan hal-hal tersebut. Setiap wilayah di Indonesia memiliki budaya...

Misteri Desa Karang Kenek: Kutukan atau Kebetulan?

Jika kita berbicara soal misteri, negara kita pasti selalu masuk daftar negara dengan banyak hal unik serta misteri-misteri yang belum terpecahkan. Beberapa...

Misteri Batu Bleneng di Tol Cipali

Bukan hanya hutan, gunung, laut, jembatan, ternyata jalan tol di Indonesia juga ada yang menyimpan misteri yang hingga saat ini belum terpecahkan.

Komentar terkini