Home Berita Indonesia Jadi Presiden Dewan Keamanan PBB

Indonesia Jadi Presiden Dewan Keamanan PBB

Di tengan masa pandemi ini, rakyat Indonesia boleh berbangga sebab Indonesia ditunjuk menjadi Presiden Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi. Presidensi di Dewan Keamaan PBB ini menjadi yang kedua setelah bulan sebelumnya hal yang sama diemban Indonesia pada Mei 2019.

“Ini adalah presidensi Indonesia yang kedua setelah Mei 2019 kita memegang presidensi DK PBB dengan tema investing in peace atau menabur benih perdamaian. Kali ini, temanya tidak jauh berbeda, yakni advancing suistanable peace atau memajukan perdamaian yang abadi,” ujar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam konferensi pers daring, Kamis (23/7/2020) dikutip dari kumparan.com.

Indonesia akan menjadi presiden Dewan Keamanan PBB pada Agustus 2020. Tema yang diusung dalam pertemuan dewan keamanan kali ini adalah memajukan perdamaian yang abadi.

Indonesia akan melakukan tiga pertemuan khusus. satu di antaranya, pembahasan tentang terorisme dan kejahatan terorganisasi pada 6 Agustus.

Indonesia telah terpilih sebanyak empat kali sebagai anggota tidak tetap di Dewan Keamanan PBB.

Indonesia pertama kali dipilih untuk periode 1974-1975. Indonesia kemudian dipilih kembali untuk kedua kalinya pada periode 1995-1996 lalu untuk ketiga kali pada periode 2007-2008 dan keempat kalinya pada periode 2019-2020. Indonesia pada periode terpilih bersama bersama Jerman, Afrik‚Äča Selatan, Belgia dan Republik Dominika.

Indonesia sendiri resmi menjadi negara anggota PBB ke-60 pada tanggal 28 September 1950, yang ditetapkan dengan Resolusi Majelis Umum PBB nomor A/RES/491 (V) tentang “penerimaan Republik Indonesia dalam keanggotaan di Perserikatan Bangsa Bangsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Transformasi Layanan Psikologi Balanceway.id Di Tengah Pandemi COVID-19

Hampir mendekati 1 tahun kita berada di tengah pandemi Covid-19, hal ini memaksa semua bidang untuk beradaptasi dengan lebih cepat. Banyak kesulitan...

Klenteng Tjo Soe Kong Tanjung Kait: Kokoh diterjang Tsunami Letusan Krakatau Tahun 1883

Sekitar Agustus 1883, Hujan abu panas turun di Ketimbang atau saat ini dikenal dengan nama desa Banding, Rajabasa, Lampung. Kurang lebih 1000...

Rumah Multatuli: Cagar Budaya Terabaikan dari Sang Pemilik Tinta Emas

Berbagai situs bersejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah hingga masa kolonialisme, masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Namun sayang, ada beberapa...

Komentar terkini