Home Berita Indonesia Jadi Presiden Dewan Keamanan PBB

Indonesia Jadi Presiden Dewan Keamanan PBB

Di tengan masa pandemi ini, rakyat Indonesia boleh berbangga sebab Indonesia ditunjuk menjadi Presiden Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi. Presidensi di Dewan Keamaan PBB ini menjadi yang kedua setelah bulan sebelumnya hal yang sama diemban Indonesia pada Mei 2019.

“Ini adalah presidensi Indonesia yang kedua setelah Mei 2019 kita memegang presidensi DK PBB dengan tema investing in peace atau menabur benih perdamaian. Kali ini, temanya tidak jauh berbeda, yakni advancing suistanable peace atau memajukan perdamaian yang abadi,” ujar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam konferensi pers daring, Kamis (23/7/2020) dikutip dari kumparan.com.

Indonesia akan menjadi presiden Dewan Keamanan PBB pada Agustus 2020. Tema yang diusung dalam pertemuan dewan keamanan kali ini adalah memajukan perdamaian yang abadi.

Indonesia akan melakukan tiga pertemuan khusus. satu di antaranya, pembahasan tentang terorisme dan kejahatan terorganisasi pada 6 Agustus.

Indonesia telah terpilih sebanyak empat kali sebagai anggota tidak tetap di Dewan Keamanan PBB.

Indonesia pertama kali dipilih untuk periode 1974-1975. Indonesia kemudian dipilih kembali untuk kedua kalinya pada periode 1995-1996 lalu untuk ketiga kali pada periode 2007-2008 dan keempat kalinya pada periode 2019-2020. Indonesia pada periode terpilih bersama bersama Jerman, Afrik‚Äča Selatan, Belgia dan Republik Dominika.

Indonesia sendiri resmi menjadi negara anggota PBB ke-60 pada tanggal 28 September 1950, yang ditetapkan dengan Resolusi Majelis Umum PBB nomor A/RES/491 (V) tentang “penerimaan Republik Indonesia dalam keanggotaan di Perserikatan Bangsa Bangsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Sunda, Pakuan, dan Pajajaran: Menggali Akar Historis Konseptual

Pada mulanya, saya sangat kesulitan untuk membedakan apa itu Sunda, Pakuan, dan Pajajaran. Meski tampak sebagai hal yang lazim, pada perkembangannya hal...

Apakah Kerajaan Tertua Nusantara Ada Di Jawa?

Dalam reportase Republika mengenai Khazanah Ke-Tionghoa-an Indonesia tahun 2017, saya menyatakan bahwa gerak massif migrasi etnis Tionghoa ke Nusantara terjadi sejak sekitar...

Peace Treaty Pajajaran-Cirebon: Perjanjian Perdamaian dengan Dasar Kekeluargaan

Pada tahun 1482, Prabu Jayadewata dinobatkan sebagai penguasa Sunda-Galuh dan berkedudukan di Keraton Sanghyang Sri Ratu Dewata, Kedatuan Sri Bima Punta Narayana...

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Komentar terkini