Home Berita Hari Ini, PSBB Transisi DKI Jakarta Berakhir

Hari Ini, PSBB Transisi DKI Jakarta Berakhir

Menjadi salah satu usaha mencegah penyebaran virus corona, Pemprov DKI Jakarta memperpanjang PSBB transisi sejak awal Juni lalu dan PSBB di wilayah DKI Jakarta dinyatakan berakhir hari ini atau Kamis, (16/7/2020).

PSBB transisi di Jakarta seharusnya berakhir pada 2 Juli lalu. Namun, Anies memutuskan untuk memperpanjang masa PSBB transisi selama 14 hari dan hari ini, PSBB transisi di DKI Jakarta berakhir.

Saat itu Anies mengatakan bahwa positivity rate di Jakarta berkisar di angka 5 persen. Positivity rate merupakan rasio angka positif kasus corona dibandingkan dengan hasil pemeriksaan spesimen.

Merujuk Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), angka standar positivity rate corona adalah 5 persen.


Sejumlah kegiatan yang awalnya dibatasi mulai diizinkan beroperasi sejak 5 Juni 2020 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dikutip dari CNNIndonesia.com, kegiatan pertama yang dilonggarkan Gubernur DKI Anies Baswedan yakni kegiatan keagamaan di rumah ibadah. Saat itu Anies mulai mengizinkan kegiatan salat jumat berjamaah, dengan syarat kapasitas jemaah hanya 50 persen dari kapasitas bangunan.

Di masa-masa akhir PSBB transisi, Pemprov Jakarta menerbitkan syarat baru dalam mengurus Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). Dalam keterangan di laman corona.jakarta.go.id, masyarakat yang masuk ke wilayah Jakarta harus memiliki hasil tes Corona Likelihood Metric (CLM) dengan status aman bepergian.

Dalam keterangan yang dilihat Tapak.id di laman corona.jakarta.go.id, CLM merupakan kalkulator pertama di Indonesia untuk melakukan skrining mandiri yang menggunakan model machine learning dalam mengukur kemungkinan seseorang terpapar atau positif Covid-19.

Secara teknis, CLM merupakan ML-based clinical decision support system (CDSS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Transformasi Layanan Psikologi Balanceway.id Di Tengah Pandemi COVID-19

Hampir mendekati 1 tahun kita berada di tengah pandemi Covid-19, hal ini memaksa semua bidang untuk beradaptasi dengan lebih cepat. Banyak kesulitan...

Klenteng Tjo Soe Kong Tanjung Kait: Kokoh diterjang Tsunami Letusan Krakatau Tahun 1883

Sekitar Agustus 1883, Hujan abu panas turun di Ketimbang atau saat ini dikenal dengan nama desa Banding, Rajabasa, Lampung. Kurang lebih 1000...

Rumah Multatuli: Cagar Budaya Terabaikan dari Sang Pemilik Tinta Emas

Berbagai situs bersejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah hingga masa kolonialisme, masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Namun sayang, ada beberapa...

Komentar terkini