Home Berita Hari Ini, PSBB Transisi DKI Jakarta Berakhir

Hari Ini, PSBB Transisi DKI Jakarta Berakhir

Menjadi salah satu usaha mencegah penyebaran virus corona, Pemprov DKI Jakarta memperpanjang PSBB transisi sejak awal Juni lalu dan PSBB di wilayah DKI Jakarta dinyatakan berakhir hari ini atau Kamis, (16/7/2020).

PSBB transisi di Jakarta seharusnya berakhir pada 2 Juli lalu. Namun, Anies memutuskan untuk memperpanjang masa PSBB transisi selama 14 hari dan hari ini, PSBB transisi di DKI Jakarta berakhir.

Saat itu Anies mengatakan bahwa positivity rate di Jakarta berkisar di angka 5 persen. Positivity rate merupakan rasio angka positif kasus corona dibandingkan dengan hasil pemeriksaan spesimen.

Merujuk Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), angka standar positivity rate corona adalah 5 persen.


Sejumlah kegiatan yang awalnya dibatasi mulai diizinkan beroperasi sejak 5 Juni 2020 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dikutip dari CNNIndonesia.com, kegiatan pertama yang dilonggarkan Gubernur DKI Anies Baswedan yakni kegiatan keagamaan di rumah ibadah. Saat itu Anies mulai mengizinkan kegiatan salat jumat berjamaah, dengan syarat kapasitas jemaah hanya 50 persen dari kapasitas bangunan.

Di masa-masa akhir PSBB transisi, Pemprov Jakarta menerbitkan syarat baru dalam mengurus Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). Dalam keterangan di laman corona.jakarta.go.id, masyarakat yang masuk ke wilayah Jakarta harus memiliki hasil tes Corona Likelihood Metric (CLM) dengan status aman bepergian.

Dalam keterangan yang dilihat Tapak.id di laman corona.jakarta.go.id, CLM merupakan kalkulator pertama di Indonesia untuk melakukan skrining mandiri yang menggunakan model machine learning dalam mengukur kemungkinan seseorang terpapar atau positif Covid-19.

Secara teknis, CLM merupakan ML-based clinical decision support system (CDSS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Lorong Kuno di Bekasi Tempat Pembantaian Tentara Jepang? Ini Kata Sejarawan

Soal lorong kuno yang ditemukan di bawah stasiun Bekasi disebut sebagai bekas tempat pembantaian tentara Jepang, sejarawan asal Bekasi Ali Anwar memberi...

Relief Candi Borobudur Ungkap Puluhan Tanaman Jawa Kuno

Puluhan spesies tumbuhan era Jawa kuno terungkap melalui identifikasi relief kisah Lalitavistara di Candi Borobudur. Identifikasi itu dilakukan Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan...

Kerupuk Melarat, Camilan Renyah Digoreng Pakai Pasir

Santap siang selain pakai nasi panas dan sambal pedas, ada satu lagi yang tak boleh dilupakan, yaitu kerupuk. Kerupuk bagi banyak orang...

Smartphone Android Bakal Bisa Deteksi Gempa Bumi

Informasi yang simpang siur serta deteksi dini yang masih minim saat terjadi gempa bumi mendorong ahli untuk merancang deteksi gempa yang terhubung...

Komentar terkini