Home Jejak Gunung Padang: Dugaan tentang Piramida Tertua di Dunia

Gunung Padang: Dugaan tentang Piramida Tertua di Dunia

Selain kaya akan budaya, Indonesia juga dikenal sebagai negara yang kaya akan situs-situs sejarah, mulai dari candi, tugu, gedung-gedung, dan situs-situs lain yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Salah satu situs sejarah yang hingga saat ini masih menyisakan misteri adalah Gunung Padang. Gunung ini berada di Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, dan telah lama menarik perhatian para arkeolog dunia.

Bahkan situs ini pernah dibahas dalam pertemua American Geophysican Union (AGU) pada tahun 2018 oleh seorang pakar arekeologi Indonesia. Hal ini dikarenakan bentuknya yang seperti piramida serta adanya temuan-temuan arkeologis di Gunung Padang.

Penasaran mengenai situs bersejarah ini? Yuk, simak artikel di bawah!

Temuan arkeologis di Gunung Padang

Berdasarkan hasil penelitian para arkeolog, Gunung Padang dipercaya merupakan warisan dari zaman megalitikum.

Pada 2012, staf khusus presiden sempat melakukan penelitian di Gunung Padang selama 2 tahun berturut-turut, Hasilnya, mereka menemukan berbagai benda yang disebut sebagai penanda peradaban megalitik di tempat itu, seperti cawan raksasa, bilik, menara, bahkan peninggalan alamiah seperti mata air dan sungai.

Selain itu, sebelumnya di tempat ini juga ditemukan berbagai warisan sejarah lain berupa batu-batu besar yang berbentuk balok-balok panjang dan ditata rapi di salah satu bagian gunung.

Warga setempat menduga dulunya Gunung Padang dijadikan sebagai tempat untuk bersemedi bagi orang-orang di masa lampau. Hingga saat ini, pucak Gunung Padang masih dianggap sebagai tempat suci, di mana beberapa orang masih kerap berkunjung untuk melakukan meditasi.

Piramida tua di balik Gunung Padang

Selain adanya temuan-temuan arkeologis di situs seluas 900 meter persegi ini, misteri berikutnya yang belum terpecahkan hingga saat ini adalah dugaan bahwa terdapat piramida di dalamnya. Menariknya, piramida itu kerap disebut sebagai piramida tertua di dunia, bahkan lebih tua dari piramida yang ada di Mesir.

Struktur piramida di gunung ini pertama kali ditemukan pada abad ke-19. Temuan tersebut menyatakan bahwa Gunung Padang menyimpan susunan pilar batu kuno.

Setelah penemuan tersebut, sebuah tim dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mulai melakukan penelitian lebih dalam pada 2018. Hal ini dilakukan untuk memastikan kebenaran tentang keberadaan piramida di Gunung Padang. Mereka melakukan beberapa metode penelitian, termasuk pengeboran inti hingga penggalian.

Hasilnya, mereka menemukan beberapa lapisan struktur gunung yang mirip seperti piramida. Setiap lapisan memiliki usia yang berbeda-beda.

Pada kedalaman 7,5 meter, ditemukan bahwa lapisan gunung itu berusia 23000 tahun SM. Kemudian di kedalaman 8 meter, lapisan yang ditemukan berusia 11000 tahun.

Menurut Lutfi Yondri, seorang peneliti dari Balai Arkeologi Bandung, menyatakan bahwa logikanya, jika lapisan tersebut adalah lapisan piramida, seharusnya usia lapisannya lebih tua di bagian lapisan terdalam. Semakin dalam lapisan itu berada, maka semakin tua usianya.

Selain itu, terdapat pula penemuan koin tua di daerah Gunung Padang. Koin tersebut diduga berasal dari tahun 5200 SM. Namun setelah diamati, terdapat huruf Jawa dan Arab pada koin yang ditemukan. Hal ini menandakan usia koin tidak setua yang diduga sebelumnya.

Bagaimana menurutmu? Apakah di Gunung Padang itu memang terbentuk dari struktur piramida?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Klenteng Tjo Soe Kong Tanjung Kait: Kokoh diterjang Tsunami Letusan Krakatau Tahun 1883

Sekitar Agustus 1883, Hujan abu panas turun di Ketimbang atau saat ini dikenal dengan nama desa Banding, Rajabasa, Lampung. Kurang lebih 1000...

Rumah Multatuli: Cagar Budaya Terabaikan dari Sang Pemilik Tinta Emas

Berbagai situs bersejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah hingga masa kolonialisme, masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Namun sayang, ada beberapa...

Debus: Dari Atraksi Ekstrem dari Banten

Jika kamu ingin mempelajari dan mengeksplorasi berbagai kebudayaan yang ada di Banten, rasanya kurang lengkap jika belum menyaksikan...

Carok, Tradisi Duel Sengit dari Madura

Indonesia dikenal sebagai negara multikultural. Negara ini terdiri dari beragam suku bangsa yang masing-masing memiliki kebudayaan yang khas...

Komentar terkini