Home Berita Gunung Merapi Keluarkan Guguran Rabu Malam, Status Waspada

Gunung Merapi Keluarkan Guguran Rabu Malam, Status Waspada

Gunung Merapi mengeluarkan guguran, Rabu (15/7/2020).

Gunung yang berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan provinsi Jawa Tengah itu sebelum mengeluarkan guguran terdengar suara gemuruh.

Dilansir dari Antara.com, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan Gunung Merapi mengeluarkan guguran sekitar pukul 18.29 WIB. Status saat ini level II atau waspada.

“Betul, terjadi guguran pukul 18.29 WIB,” kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida melalui keterangan resminya di Yogyakarta.

Karena terkendala cuaca, Hanik mengatakan lokasi pasti terjadinya guguran belum terlihat.

Meski demikian, dia menyebutkan suara guguran itu terdengar dari Pos Pengamatan Merapi Babadan dengan durasi yang tidak tercatat secara pasti.

“Untuk suara guguran tidak tercatat secara pasti,” kata Hanik.

Berdasarkan pengamatan BPPTKG pada pukul 18.00 WIB, tercatat sejumlah aktivitas kegempaan di Gunung Merapi yang terdiri atas satu kali gempa multiphase dan dua kali gempa guguran.

Hingga saat status Gunung Merapi pada Level II atau Waspada.

Untuk sementara BPPTKG tidak merekomendasikan kegiatan pendakian kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana.

Mengingat kondisi yang rawan, warga tidak diminta tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Tak Lazim, Arca Ganesha Gimbal Disebut Temuan Langka

Maret 2019, ditemukan sebuah patung Ganesha di Desa Bangsri, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Ada yang unik dari...

Getaran Gempa Cianjur Terasa Hingga Bogor dan Jakarta

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadi gempa bumi yang mengguncang Cianjur, Minggu (9/8/2020). Gempa terjadi pukul 18.52 WIB dengan magnitudo...

Benteng Martello Sisa Pertahan VOC di Pulau Seribu

Kepulauan Seribu yang berada di utara Jakarta memang pilihan tepat untuk berlibur di hari Minggu ini. Jaraknya dekat dengan ibukota membuat kamu...

Masyarkat Kampung Naga Pegang Teguh Budaya Pamali

Tanggal 9 Agustus diperingati sebagai Hari Masyarakat Adat Sedunia. Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia atau International Day of The World's Indigenous People...

Komentar terkini