Home Berita Gunung Merapi Keluarkan Guguran Rabu Malam, Status Waspada

Gunung Merapi Keluarkan Guguran Rabu Malam, Status Waspada

Gunung Merapi mengeluarkan guguran, Rabu (15/7/2020).

Gunung yang berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan provinsi Jawa Tengah itu sebelum mengeluarkan guguran terdengar suara gemuruh.

Dilansir dari Antara.com, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan Gunung Merapi mengeluarkan guguran sekitar pukul 18.29 WIB. Status saat ini level II atau waspada.

“Betul, terjadi guguran pukul 18.29 WIB,” kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida melalui keterangan resminya di Yogyakarta.

Karena terkendala cuaca, Hanik mengatakan lokasi pasti terjadinya guguran belum terlihat.

Meski demikian, dia menyebutkan suara guguran itu terdengar dari Pos Pengamatan Merapi Babadan dengan durasi yang tidak tercatat secara pasti.

“Untuk suara guguran tidak tercatat secara pasti,” kata Hanik.

Berdasarkan pengamatan BPPTKG pada pukul 18.00 WIB, tercatat sejumlah aktivitas kegempaan di Gunung Merapi yang terdiri atas satu kali gempa multiphase dan dua kali gempa guguran.

Hingga saat status Gunung Merapi pada Level II atau Waspada.

Untuk sementara BPPTKG tidak merekomendasikan kegiatan pendakian kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana.

Mengingat kondisi yang rawan, warga tidak diminta tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Sejarah Pendidikan Perempuan di Siak Sri Indrapura

Sejak dahulu pendidikan merupakan hal yang sangat diperlukan bagi seluruh perempuan agar menjadi sosok individu yang cerdas, kreatif, berpengetahuan luas, dan inovatif....

Perwalian Kekuasaan Putra Wiralodra

F. C. Hasselaer adalah salah seorang pejabat VOC yang selanjutnya berposisi sebagai Residen Cirebon. Dalam memorinya yang berangka tahun 1765, pejabat yang...

Banten : Tanah Para Ksatria

Mungkin kita sepakat bahwa saat ini Banten adalah tanahnya para jawara. Tidak terhitung sudah berapa jumlah pendekar yang dihasilkan daerah itu dari...

Komentar terkini