Home Lifestyle Kuliner Gulai Cubadak dan Katupek Pical, Menu Sarapan dari Minang

Gulai Cubadak dan Katupek Pical, Menu Sarapan dari Minang

Selama ini Sumatera Barat terkenal dengan kuliner khasnya, rendang. Namun masih banyak kuliner khas Minang yang wajib dicoba jika berkunjung ke kota-kota di provinsi yang terkenal dengan rumah gadang ini.

Gulai cubadak, merupakan salah satu menu sarapang yang wajib dicoba jika sedang berada di Sumatera Barat. Gulai cubadak jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia aritnya gulai nangka.

Dalam pemilihan nangka haruslah nangka muda sebab selain mudah diolah, teksturnya lebih lembut dan tidak benyek jika direbus. Gulai cubadak biasanya disajikan dengan ketupat atau dalam bahasa Minang disebut katupek.

Selain dengan katupek, gulai cubadak juga nikmat jika disajikan bersama nasi putih hangat. Sebagai pelengkap biasanya gulai cubadak diberi taburan kerupuk kanji merah yang sudah dihancurkan.

Perpaduan santan dan cabai merah dikuah membuat sensasi rasa pedas di lidah namun tetap nikmat. Jika ingin lebih maknyus sajian katupek gulai cubadak bisa ditambahkan dengan telur balado.

Menu sarapan khas Minang lainnya adalah katupek pical. Katupek pical merupakan campuran ketupat dengan aneka sayuran dan mie kuning. Satu lagi yang membuat katupek pical semakin menggoyang lidah adalah saus kuah kacangnya.

Katupek Pical. (Youtube.com/Alfalegro Tukang Makan)

Sayuran yang terdapat dalam pical kurang lebih sama dengan yang ada pada lontong sayur, di antaranya, irisan sayur kol, daun singkong rebus, gulai paku atau pakis, mie kuning, potongan nangka muda, gulai kemumu dan rebung.

Katupek pical biasanya diberi toping kerupuk kanji merah. Sama seperti gulai cubadak. Katupek pical cocok disajikan untuk sarapan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Lorong Kuno di Bekasi Tempat Pembantaian Tentara Jepang? Ini Kata Sejarawan

Soal lorong kuno yang ditemukan di bawah stasiun Bekasi disebut sebagai bekas tempat pembantaian tentara Jepang, sejarawan asal Bekasi Ali Anwar memberi...

Relief Candi Borobudur Ungkap Puluhan Tanaman Jawa Kuno

Puluhan spesies tumbuhan era Jawa kuno terungkap melalui identifikasi relief kisah Lalitavistara di Candi Borobudur. Identifikasi itu dilakukan Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan...

Kerupuk Melarat, Camilan Renyah Digoreng Pakai Pasir

Santap siang selain pakai nasi panas dan sambal pedas, ada satu lagi yang tak boleh dilupakan, yaitu kerupuk. Kerupuk bagi banyak orang...

Smartphone Android Bakal Bisa Deteksi Gempa Bumi

Informasi yang simpang siur serta deteksi dini yang masih minim saat terjadi gempa bumi mendorong ahli untuk merancang deteksi gempa yang terhubung...

Komentar terkini