29.4 C
Indonesia
Thursday, October 21, 2021

TAPAK.id

spot_img

Gulai Cubadak dan Katupek Pical, Menu Sarapan dari Minang

Selama ini Sumatera Barat terkenal dengan kuliner khasnya, rendang. Namun masih banyak kuliner khas Minang yang wajib dicoba jika berkunjung ke kota-kota di provinsi yang terkenal dengan rumah gadang ini.

Gulai cubadak, merupakan salah satu menu sarapang yang wajib dicoba jika sedang berada di Sumatera Barat. Gulai cubadak jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia aritnya gulai nangka.

Dalam pemilihan nangka haruslah nangka muda sebab selain mudah diolah, teksturnya lebih lembut dan tidak benyek jika direbus. Gulai cubadak biasanya disajikan dengan ketupat atau dalam bahasa Minang disebut katupek.

Selain dengan katupek, gulai cubadak juga nikmat jika disajikan bersama nasi putih hangat. Sebagai pelengkap biasanya gulai cubadak diberi taburan kerupuk kanji merah yang sudah dihancurkan.

Perpaduan santan dan cabai merah dikuah membuat sensasi rasa pedas di lidah namun tetap nikmat. Jika ingin lebih maknyus sajian katupek gulai cubadak bisa ditambahkan dengan telur balado.

Menu sarapan khas Minang lainnya adalah katupek pical. Katupek pical merupakan campuran ketupat dengan aneka sayuran dan mie kuning. Satu lagi yang membuat katupek pical semakin menggoyang lidah adalah saus kuah kacangnya.

Katupek Pical. (Youtube.com/Alfalegro Tukang Makan)

Sayuran yang terdapat dalam pical kurang lebih sama dengan yang ada pada lontong sayur, di antaranya, irisan sayur kol, daun singkong rebus, gulai paku atau pakis, mie kuning, potongan nangka muda, gulai kemumu dan rebung.

Katupek pical biasanya diberi toping kerupuk kanji merah. Sama seperti gulai cubadak. Katupek pical cocok disajikan untuk sarapan.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

20,753FansSuka
2,990PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles