Home Lifestyle Traveler Gua Selarong, Objek Wisata yang Simpan Jejak Pangeran Diponegoro

Gua Selarong, Objek Wisata yang Simpan Jejak Pangeran Diponegoro

Mencari objek wisata yang komplit untuk liburan keluarga, mungkin bisa mencoba berkunjung ke Gua Selarong. Pasalnya, objek wisata di Bantul ini menyuguhkan sesuatu yang komplit. Mulai dari wisata alam, wisata religi, sampai wisata sejarah.

Dalam informasi yang termuat pada laman visitingjogja.com, gua ini terletak di Dusun Kembang Putihan, Gowasari, Pajangan, Bantul. Lokasinya mudah dicari karena ada gapura penanda. Dari gapura ikuti jalan ke kanan hingga sampai ke Gua Selarong. Akan ada papan petunjuk arah di jalan menuju gua.

Gua Selarong sarat dengan nilai sejarah karena menjadi bagian dari kisah perjuangan Pangeran Diponegoro semasa Pemerintahan Belanda di Indonesia. Gua ini dijadikan sebagai tempat untuk menyusun strategi dan markas perang gerilya.

Gua Selarong berada pada deretan pegunungan kapur setinggi kurang lebih 35 meter dengan pepohonan rindang dan hijau di kanan dan kirinya. Sebenarnya ada gua selain gua utama di kawasan ini.

Begitu sampai di lokasi kita akan melihat patung Pangeran Diponegoro tengah menaiki kuda.

Pengunjung masih harus berjalan kurang lebih 200 meter hingga bertemu anak tangga. Lalu melewati anak tangga tersebut sekitar 400 meter. Dibutuhkan konsentrasi dan kehati-hatian karena anak tangga yang  cukup curam.

Sesampainya di atas akan nampak pemandangan dua gua. Gua yang pertama bernama Gua Putri yang menjadi tempat peristirahatan istri Pangeran Diponegoro Raden Ayu Ratnaningsih. Gua ini terletak di sebelah timur.

Sedangkan Guabagian barat bernama Gua Kakung sebagai tempat peristirahatan Pangeran Diponegoro. Kedua gua terbilang sempit. Gua Putri dan Gua Kakung memiliki kedalaman kurang lebih 1,5 meter dengan lebar masing-masing  2 meter dan 3 meter.

Jika anda berkunjung ke sini saat musim hujan anda bisa melihat air terjun di dekat gua. Selain itu, terdapat dua buah sendang yaitu Manik Moyo dan Umbul Moyo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Sunda, Pakuan, dan Pajajaran: Menggali Akar Historis Konseptual

Pada mulanya, saya sangat kesulitan untuk membedakan apa itu Sunda, Pakuan, dan Pajajaran. Meski tampak sebagai hal yang lazim, pada perkembangannya hal...

Apakah Kerajaan Tertua Nusantara Ada Di Jawa?

Dalam reportase Republika mengenai Khazanah Ke-Tionghoa-an Indonesia tahun 2017, saya menyatakan bahwa gerak massif migrasi etnis Tionghoa ke Nusantara terjadi sejak sekitar...

Peace Treaty Pajajaran-Cirebon: Perjanjian Perdamaian dengan Dasar Kekeluargaan

Pada tahun 1482, Prabu Jayadewata dinobatkan sebagai penguasa Sunda-Galuh dan berkedudukan di Keraton Sanghyang Sri Ratu Dewata, Kedatuan Sri Bima Punta Narayana...

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Komentar terkini