Home Lifestyle Traveler Gua Selarong, Objek Wisata yang Simpan Jejak Pangeran Diponegoro

Gua Selarong, Objek Wisata yang Simpan Jejak Pangeran Diponegoro

Mencari objek wisata yang komplit untuk liburan keluarga, mungkin bisa mencoba berkunjung ke Gua Selarong. Pasalnya, objek wisata di Bantul ini menyuguhkan sesuatu yang komplit. Mulai dari wisata alam, wisata religi, sampai wisata sejarah.

Dalam informasi yang termuat pada laman visitingjogja.com, gua ini terletak di Dusun Kembang Putihan, Gowasari, Pajangan, Bantul. Lokasinya mudah dicari karena ada gapura penanda. Dari gapura ikuti jalan ke kanan hingga sampai ke Gua Selarong. Akan ada papan petunjuk arah di jalan menuju gua.

Gua Selarong sarat dengan nilai sejarah karena menjadi bagian dari kisah perjuangan Pangeran Diponegoro semasa Pemerintahan Belanda di Indonesia. Gua ini dijadikan sebagai tempat untuk menyusun strategi dan markas perang gerilya.

Gua Selarong berada pada deretan pegunungan kapur setinggi kurang lebih 35 meter dengan pepohonan rindang dan hijau di kanan dan kirinya. Sebenarnya ada gua selain gua utama di kawasan ini.

Begitu sampai di lokasi kita akan melihat patung Pangeran Diponegoro tengah menaiki kuda.

Pengunjung masih harus berjalan kurang lebih 200 meter hingga bertemu anak tangga. Lalu melewati anak tangga tersebut sekitar 400 meter. Dibutuhkan konsentrasi dan kehati-hatian karena anak tangga yang  cukup curam.

Sesampainya di atas akan nampak pemandangan dua gua. Gua yang pertama bernama Gua Putri yang menjadi tempat peristirahatan istri Pangeran Diponegoro Raden Ayu Ratnaningsih. Gua ini terletak di sebelah timur.

Sedangkan Guabagian barat bernama Gua Kakung sebagai tempat peristirahatan Pangeran Diponegoro. Kedua gua terbilang sempit. Gua Putri dan Gua Kakung memiliki kedalaman kurang lebih 1,5 meter dengan lebar masing-masing  2 meter dan 3 meter.

Jika anda berkunjung ke sini saat musim hujan anda bisa melihat air terjun di dekat gua. Selain itu, terdapat dua buah sendang yaitu Manik Moyo dan Umbul Moyo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Transformasi Layanan Psikologi Balanceway.id Di Tengah Pandemi COVID-19

Hampir mendekati 1 tahun kita berada di tengah pandemi Covid-19, hal ini memaksa semua bidang untuk beradaptasi dengan lebih cepat. Banyak kesulitan...

Klenteng Tjo Soe Kong Tanjung Kait: Kokoh diterjang Tsunami Letusan Krakatau Tahun 1883

Sekitar Agustus 1883, Hujan abu panas turun di Ketimbang atau saat ini dikenal dengan nama desa Banding, Rajabasa, Lampung. Kurang lebih 1000...

Rumah Multatuli: Cagar Budaya Terabaikan dari Sang Pemilik Tinta Emas

Berbagai situs bersejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah hingga masa kolonialisme, masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Namun sayang, ada beberapa...

Komentar terkini