Home Lifestyle Film Film Pertama Indonesia Diangkat dari Cerita Rakyat Sunda

Film Pertama Indonesia Diangkat dari Cerita Rakyat Sunda

Lima tahun terakhir, banyak film-film Indonesia yang menarik perhatian pecinta film, baik dalam maupun luar negeri. Tapi tahukah anda film Indonesia pertama yang tayang di layar bioskop?

Loetoeng Kasaroeng menjadi film Indonesia pertama yang ditayangkan di layar bioskop. Tayangnya Loetoeng Kasaroeng kala itu menjadi angin segar, di tengah serbuan film-film produksi luar negeri, terutama Amerika.

Film Loetoeng Kasaroeng, diputar perdana di bioskop Elita, Bandung, pada 31 Desember 1926. Selama satu pekan film ini ditayangkan di bioskop hingga 6 Januari 1927, dan turut diputar di bioskop Elite (Majestic) dan Oriental. Durasi filmnya satu jam.

NV Java Film Company menjadi perusahaan yang dipercaya menggarap film Loetoeng Kasaroeng. Ini adalah perusahaan perfilman yang didirikan L. Heuveldorp dan G. Krugers. Heuveldorp merupakan warga Belanda yang kenyang pengalaman membuat film di Amerika, sedangkan Krugers adalah juru kamera blasteran Indonesia-Belanda yang menetap di Bandung.

Walau diproduksi oleh perusahaan asing, tapi pemeran di Loetoeng Kasaroeng didominasi aktor dan aktris tanah air. Salah satunya adalah putri dan keponakan Bupati Bandung saat itu, Wiranatakusumah V. Mereka tampil bersama aktor dan aktris keturunan campuran Indonesia-Belanda dan Indonesia-Tiongkok.

Pemutaran film Loetoeng Kasaroeng berjalan sukses. Bahkan setelahnya, film ini diproduksi lagi di tahun 1952 oleh Touw Film, dan di tahun 1983 buatan Inem Film.

Loetoeng Kasaroeng sendiri menceritakan tentang cerita rakyat yang terkenal di Sunda. Sebuah kisah mengenai Putri Purbasari yang menjalin hubungan dengan seekor lutung (kera).

Awalnya tak ada yang menyangka lutung itu adalah Guru Minda, pangeran tampan yang dikutuk jadi lutung oleh ibunya sendiri, Sunan Ambu.

sumber: Goodnewsfromindonesia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Transformasi Layanan Psikologi Balanceway.id Di Tengah Pandemi COVID-19

Hampir mendekati 1 tahun kita berada di tengah pandemi Covid-19, hal ini memaksa semua bidang untuk beradaptasi dengan lebih cepat. Banyak kesulitan...

Klenteng Tjo Soe Kong Tanjung Kait: Kokoh diterjang Tsunami Letusan Krakatau Tahun 1883

Sekitar Agustus 1883, Hujan abu panas turun di Ketimbang atau saat ini dikenal dengan nama desa Banding, Rajabasa, Lampung. Kurang lebih 1000...

Rumah Multatuli: Cagar Budaya Terabaikan dari Sang Pemilik Tinta Emas

Berbagai situs bersejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah hingga masa kolonialisme, masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Namun sayang, ada beberapa...

Komentar terkini