Home Lifestyle Evolusi Netflix dari Rental DVD Hingga Streaming

Evolusi Netflix dari Rental DVD Hingga Streaming

Selamat untuk para penikmat Netflix and chill! Penantian panjang para pengguna Indihome dan Telkomsel berbuah manis. Pasalnya kini platform digital streaming tersebut sudah bisa ditonton melalui Indihome dan Telkomsel sejak Selasa, (7/7/2020).

“Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan TelkomGroup untuk dapat mengakses beragam konten hiburan,” ujar Arif dalam keterangan resminya, Selasa (7/7/2020), seperti dikutip dari Kompas.com

Netflix merupakan fasilitator layanan hiburan yang populer di dunia saat ini dengan 183 juta keanggotaan berbayar di lebih dari 190 negara. Layanan yang dapat dinikmati seperti serial TV, dokumenter, dan film panjang dalam berbagai genre dan bahasa.

Ibarat sebuah makanan, para pengguna Netflix dapat menonton sampai kenyang. Kapan pun dan di mana pun melalui gawai yang terhubung ke internet. Para pengguna dapat memutar, menjeda, dan melanjutkan tayangan favorit tanpa harus terganggu dengan kemunculan iklan.

Tapi apakah kamu tahu kalau Netflix memiliki lika-liku perjalanannya sendiri. Evolusi Netflix dari rental DVD hingga streaming seperti saat ini nyatanya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Berawal dari perusahaan penyewaan DVD yang muncul sejak tahun 1997 yang didirikan oleh Reed Hasting dan Marc Randolph di Scotts Valley, California. Setelah meluncurkan situs web penyewaan dan penjualan DVD pertama di Netflix.com, Netflix memulai debut layanan berlangganan dengan menawarkan penyewaan DVD tak terbatas dengan harga bulanan yang murah.

Kemudian Netflix kembali memperkenalkan sistem rekomendasi film yang dipersonalisasikan ditahun 2000. Teknik ini menggunakan nilai yang diberikan kepada anggota untuk memprediksi pilihan secara akurat bagi semua anggota Netflix.

Ditahun 2007 Netflix menghadirkan layanan streaming, yang sangat memudahkan para pengguna untuk menonton acara TV dan film secara langsung diperangkat pribadi, yang berawal dengan komputer terlebih dahulu, hingga ditahun 2010, Netflix bisa dinikmati melalui iPad, iPhone, iPod Touch Apple, Nintendo Wii, dan perangkat lain yang terhubung ke Internet.

Enam tahun bukanlah waktu yang singkat untuk Netflix  bisa memperkenalkan platformnya keseluruh dunia. Setelah mengarungi banyak cara, akhirnya ditahun 2016 Netflix sudah tersedia di seluruh dunia.

Tepatnya di 130 negara dan mempersembahkan layanan hiburan global mereka ke total 190 negara di berbagai belahan dunia. Netflix menayangkan perdana serial Stranger Things, yang kemudian menjadi fenomena di seluruh penjuru dunia, menerima banyak pujian, dan berhasil meraih penghargaan Piala Oscar pertamanya dari The White Helmets untuk Film Dokumenter Pendek Terbaik pada tahun 2017.

Hingga saat ini Netflix berhasil menjadi platform layanan digital streaming film dan serial terdepan diseluruh dunia. Bahkan bisa dibilang Netflix adalah raja digital streaming untuk saat ini.

Walaupun cara pembayaran berlangganan Netflix bisa dibilang tidak ramah karena hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit tapi hal itu tidak mengurungkan minat banyak orang untuk tetap menikmati layanan Netflix.

Sampai saat ini sangat banyak anggota yang sering menghabiskan waktu luang hanya untuk menonton di Netflix hingga berjam-jam sampai muncul istilah ‘marathon’ film. Berbagi serta bertukar film rekomendasi menjadi sangat penting untuk para pengguna Netflix. Kalau serial Netflix favorit kamu apa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Transformasi Layanan Psikologi Balanceway.id Di Tengah Pandemi COVID-19

Hampir mendekati 1 tahun kita berada di tengah pandemi Covid-19, hal ini memaksa semua bidang untuk beradaptasi dengan lebih cepat. Banyak kesulitan...

Klenteng Tjo Soe Kong Tanjung Kait: Kokoh diterjang Tsunami Letusan Krakatau Tahun 1883

Sekitar Agustus 1883, Hujan abu panas turun di Ketimbang atau saat ini dikenal dengan nama desa Banding, Rajabasa, Lampung. Kurang lebih 1000...

Rumah Multatuli: Cagar Budaya Terabaikan dari Sang Pemilik Tinta Emas

Berbagai situs bersejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah hingga masa kolonialisme, masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Namun sayang, ada beberapa...

Komentar terkini