Home Berita Embun Es Kembali Muncul di Dataran Tinggi Dieng

Embun Es Kembali Muncul di Dataran Tinggi Dieng

Dieng kembali menjadi trending topic di Twitter, Minggu (26/7/2020). Penyebabnya kemunculan fenomena embun es di objek wisata yang terletak di Kabupaten Banjarnegara tersebut.

Fenomena alam embun es di dataran tinggi Dieng sendiri muncul selama dua hari berturut-turut. Pada Sabtu (25/7/2020) embun es lebih tebal dibanding hari sebelummya dan suhu minus 3 derajat celsius.

Salah satu tempat yang dipenuhi embun es adalah kawasan komplek Candi Arjuna. Dalam foto yang diunggah oleh akun Twitter @alexjourneyID memperlihatkan rereumputan di kawasan candi tertutup butiran es tebal.

Fenomena alam embun es di dataran tinggi Dieng telah terjadi beberapa kali. Itu merupakan anomali cuaca ekstrem yang disebabkan oleh banyak faktor dan biasa terjadi di daerah dataran tinggi.

Dikutip dari Mongabay.com, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie mengatakan bahwa fenomena embun beku terpicu masuknya musim kemarau.

Menurutnya pada musim kemarau, dataran tinggi Dieng dengan ketinggian di atas 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) yakni mulai Mei hingga Agustus, terbentuknya upa air menjadi berkurang.

Lebih lanjut Setyoajie menyebut ada intrusi atau masuknya aliran massa udara di wilayah Belahan Bumi Selatan (BBS) ke wilayah Indonesia termasuk Jateng yang didominasi angin timuran yaitu massa udara dingin dan kering yang berasal dari Benua Australia.

Ia juga mengungkapkan adanya outgoing solar radiation yang tinggi menyebabkan suhu turun drastis. Karena itulah, Dieng menjadi salah satu wilayah yang suhunya turun drastis dan mencapai di bawah titik beku dan jika suhu di bawah 0 derajat Celcius, maka muncul embun yang menjadi es.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Banten : Tanah Para Ksatria

Mungkin kita sepakat bahwa saat ini Banten adalah tanahnya para jawara. Tidak terhitung sudah berapa jumlah pendekar yang dihasilkan daerah itu dari...

Penyamun Kidul, Si Pengacau Kompeni

Pasca merengkuh Tanah Priangan dari Mataram melalui serangkaian perjanjian di tahun 1677, Kompeni tidak langsung mengurus wilayah barunya itu. Di samping maskapai...

Pembagian Wilayah Cirebon Dari Masa Ke Masa

Sejak dirintis oleh Pangeran Walangsung a.k.a Pangeran Cakrabuana di era Pajajaran akhir, Cirebon telah mengalami perkembangan yang luar biasa. Pedukuhan kecil yang...

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Komentar terkini